7 Habit Mengelola Keuangan Ala Brenda!

Hai Sobat LINE Bank!

Pasti udah tau dong sama Brenda Andrina. Brenda Andrina merupakan konten kreator yang fokus mengulas isu ekonomi. Brenda juga lulusan dari Kwik Kian Gie School of Business loh Sobat LINE Bank. 

Saat ini Brenda sering mengulas tentang investasi, green ekonomi, hingga motivasi diri. Baru-baru ini Brenda ngadain kolaborasi dengan LINE Bank membahas tentang Habit dalam money management loh. 

Tanpa basa-basi lebih panjang, yuk simak 7 steps to better money management ala Brenda Andrina.

Mindset yang tepat

Menurut Brenda untuk memiliki kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan harus memiliki pondasi yang kuat. Pondasi yang kuat, semuanya berasal dari mindset. Banyak orang masih punya mindset yang salah. Dimana banyak orang percaya kalau mereka bisa manage uang, asalkan uangnya ada. Padahal faktanya gak gitu loh Sobat LINE Bank.

Kita bisa lihat dari contoh yang lagi viral baru-baru ini. Penduduk kampung Tuban mendadak jadi milyarder dan rame-rame borong mobil setelah mendapat rejeki nomplok. Ternyata setahun kedepan dikabarkan kalau mereka sekarang kesulitan mendapatkan pekerjaan bahkan susah membiayai kebutuhan sehari-hari. 

Brenda mengatakan dari sini kita bisa belajar kalau kondisi kita bisa berubah jika mindset kita dulu yang berubah. Karena dengan mindset yang tepat, kita akan lebih rajin menabung, wise spending, dan mau upgrade diri. Hingga akhirnya kebiasaan ini akan menjadi pondasi kita dalam mencapai financial stability.

Baca juga: Kenali manfaat dan pentingnya dana darurat

Track pemasukan dan pengeluaran

Untuk memulai, tentunya kita perlu tahu, berapa pemasukan dan pengeluaran kita. Agar memudahkan kalian bisa menggunakan excel atau lewat pencatatan aplikasi. Kalau Brenda, ia biasanya mengkategorikan dalam beberapa sub kategori. 

Misalnya untuk yang masih single, ada groceries, fixed expense, health & wellness, investment, giving, etc. Tujuannya yaitu agar kamu tahu, mana yang overspend dan mana yang kurang. Dengan itu kamu bisa mencari alternatif lain bagi biaya yang overspend, dan yang kurang dimaksimalkan agar bermanfaat. Dimana ternyata setelah perhitungan, kamu mengalami overspend budget di makan karena sering delivery. Maka alternatifnya kamu bisa bawa bekal dari rumah atau masak sendiri. 

Baca juga: Coba cek keuangan kamu, red flag ga?

Budgeting

Untuk kategori budgeting ini Brenda memakai fitur dari LINE Bank lho. Brenda memakai LINE Bank karena, ia bisa buat multi rekening tabungan sampai 8 hanya dalam 1 akun saja. Dimana tiap rekeningnya Brenda akan namain sesuai pos-pos kebutuhannya. Jadi setiap ada income masuk, Brenda kaan langsung bagi sesuai dengan pos-pos yang ada. 

Ini akan memudahkan kamu buat bantu money management kamu. Secara gak langsung kamu nggak lagi overspend, karena sudah ada budgetnya masing-masing. Ini juga bikin kamu pikir panjang buat beli sesuatu.

Baca juga: Pentingnya bergaya sesuai dengan budget

Cari tahu intention beli barang

Menurut Brenda, biar kita nggak jatuh dalam impulsive buying, penting banget untuk cari tahu intention dalam membeli barang. Misalnya, kenapa pengen banget beli barang ini? Memangnya dari barang atau jasa ini, value apa yang kita dapatkan? 

Contohnya, kamu ingin liburan ke Bali sama temen-temen dengan budget 5 juta. Dimana value yang kamu cari itu kebersamaan sama temen dan pengen eksplor hal baru disana. Dari Sini kamu bisa coba cari aktivitas lain yang bisa ngasih value serupa tapi dengan budget lebih rendah? Jawabannya, kamu bisa aja kumpul sama temen, cobain games baru di rumah, dan masak bareng. Budgetnya bisa aja under 200 ribu.

Dengan kita list down value dari uang yang akan dikeluarkan, kita jadi tahu sesuatu. Apa uan yang kita keluarkan sudah untuk value yang tepat atau belum. 

Baca juga: Investasi lewat sneaker?!

Manfaatkan promo dan discount

Belanja itu boleh, asalkan sesuai kebutuhan dan budget. Kalau Brenda, ia suka banget belanja di tanggal double karena marketplace bakalan ada promo dan diskon yang gede dan menarik. Nggak lupa Brenda juga selalu pakai kartu debit LINE Bank.

Soalnya LINE Bank juga kerjasama dengan beberapa e-commerce dengan memberikan diskon up to 50%* ya! Jadi selain untung belanja di tanggal double, kamu bisa dapat tambahan diskon deh dari LINE Bank.

Baca juga: Bukan cuman mimpi jadi miliarder

Konsisten

Cara Brenda bisa konsisten nabung itu gampang banget! Cukup set alarm atau reminder ya. Misalnya nih untuk bayar tagihan internet, cicilan mobil, premi asuransi, etc. Tujuannya biar kita tahu uang kita kemana habisnya. Kita juga tahu prioritas pertama kita apa dan tentunya terhindar dari denda keterlambatan pembayaran ya. 

Baca juga: Gaji pertama udah buat foya-foya?

Hitung mimpi lain

Terakhir itu mimpi lain yang kamu punya! Ini penting banget ya Sobat LINE Bank. Jangan fokus mencari uang tanpa tujuan yang jelas. Misalnya, kamu udah punya pondasi yang tepat dalam mengelola keuangan, maka mulailah pikirkan mimpi kamu yang lain. 

Kamu bisa buat goals ini menggunakan pendekatan SMART

1. S atau Specific

Dimana mimpi kamu harus jelas. Jangan hanya berkata kamu ingin kaya, tapi perjelas dengan ingin punya mobil 150 juta.

2. M atau Measurable

Progress yang bisa kita track tiap bulannya.

3. A atau Attainable

Mimpi juga harus realistis dan emang bisa diwujudkan. Jangan sampe misalnya kamu random tiba-tiba ingin punya sapu terbang.

4. R atau Relevant 

Goals kita sesuai dengan value yang kita miliki. Misalnya, kamu beli mobil memang karena kebutuhan keluarga dan kantor misalnya. Beda halnya kalau kamu beli mobil karena gengsi.

5. T atau Time Bound

Untuk mencapai goals kamu, set time atau timeline untuk mewujudkannya. Misalnya kamu pengen beli mobil dan paling lambat 4 sampai 5 tahun lagi kamu udah harus kebeli mobilnya,

Ini semua juga biar kamu lebih gampang dalam mencapainya. Karena kamu udah punya gambaran tentang apa yang kamu mau dan langkah apa yang bisa kamu ambil. 

Gimana Sobat LINE Bank? Di antara 7 habit money management ala Brenda ini, habit mana yang sudah kamu terapkan? Kamu juga bisa loh menerapkan SMART dengan bantuan aplikasi LINE Bank. 

Baca Juga: Financial Tips: Atur Keuangan Dengan Tips Jitu Ini!

Di LINE Bank, selain bisa punya 8 rekening sekaligus kamu juga bisa buka rekening deposito dengan minimal penyimpanan 1 juta. Jadi yuk tunggu apalagi? Download dan registrasi LINE Bank sekarang.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285