Perempuan Juga Bisa Pintar Dalam Keuangan!

Hai Sobat LINE Bank!

Kamu tau nggak faktanya perempuan lebih pintar dalam mengatur keuangan dibandingkan para pria loh.

Survey on Financial Inclusial and Access (SOFIA) hasil inisiasi antara Indonesia, Australia dan Swiss mengungkapkan bahwa perempuan dianggap lebih andal dalam mengelola keuangan.

Seperti yang sudah kita ketahui biasanya para perempuan dapat melakukan beberapa hal secara bersamaan sekaligus. Baik dalam mengurus rumah tangga, mengurus suami, mengurus diri sendiri, hingga keuangan pribadi maupun keluarganya. 

Menurut data yang ada pada tahun 2019, perempuan lebih mengetahui berapa banyak uang yang dimilikinya termasuk yang ada di tabungannya. Perempuan juga biasanya sudah memberikan atau menetapkan anggaran pada setiap pengeluarannya dan mematuhinya agar tidak melebihi anggaran yang ditetapkan. 

Mengelola keuangan harus dibarengi dengan berinvestasi dan menabung untuk menyiapkan masa depan. Mengerti dengan baik dalam mengelola keuangan maka akan memberikan keamanan finansial terhadap kamu nantinya di masa depan. 

Sikap perempuan yang lebih teliti dan rapi dibandingkan laki-laki, mereka memiliki peran yang penting dalam masalah keuangan khususnya dalam berkeluarga. Perempuan yang sudah memiliki penghasilan maupun belum memiliki penghasilan sebaiknya juga belajar tentang mengelola keuangannya sejak dini. 

Karena sekarang sudah banyak juga perempuan yang masuk ke dunia kerja maupun membangun usahanya sendiri. Karena itu bisa dibilang sekarang tidak hanya lelaki yang memiliki peranan penting dalam menghasilkan uang. Perempuan juga bisa membantu untuk menghasilkan uang dan menambah kekayaan rumah tangga maupun kekayaan diri sendiri. 

LINE Bank bakalan kasih kamu tips and trik bagi kamu para perempuan yang lagi belajar mengelola keuangan. Kamu juga harus tahu alasan penting kenapa harus bisa melakukan pengelolaan keuangan.

Baca juga: Tipe investor ala Drama Korea Hometown Cha Cha Cha

Pentingnya mengelola keuangan

Bagi yang belum memiliki penghasilan maupun sudah, belajar mengelola keuangan akan membuat lebih terkendali dalam menghadapi masalah keuangan nantinya. Hal ini akan membuat kamu ahli dalam mengurus dan mengatur keuangan jika kamu berkeluarga nanti. Karena semasa muda kamu terbiasa dalam mengelola keuangan pribadi. Mengelola keuangan juga bukan tentang mengurus pemasukan dan pengeluaran mu saja. Tetapi berinvestasi, menabung, dan memberikan anggaran pada setiap pengeluaran yang ada. 

Baca juga: Gaul gak harus bokek!

Tips dan trik dalam mengelola keuangan

Catat keuangan kamu terlebih dahulu

Catatan keuangan ini akan berisikan penghasilan dan seluruh pengeluaran kamu setiap hari maupun perbulannya. Dari catatan keuangan ini kamu juga bisa menganalisa apakah pengeluaran kamu melebihi penghasilan kamu atau tidak. 

Baca juga: Kenali financial independence sekarang

Tentukan tujuan finansial

Maksud dari tujuan finansialmu yaitu misalnya dalam jangka waktu 1 sampai 2 tahun lagi kamu ingin travelling. 5 sampai 10 tahun lagi kamu ingin mengambil KPR rumah, menyiapkan dana darurat, bahkan sampai dana pendidikan anak misalnya.  

Baca juga: Ini cara Wendy Walters mengatur keuangan

Investasi dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung

Fakta perempuan lebih pintar dalam menabung dibandingkan lelaki memang benar. Namun perempuan cenderung menabungkan uangnya di rumah bukan di bank maupun instrumen investasi yang ada. Hal ini mungkin karena para perempuan kurang mengerti tentang instrumen investasi dan risikonya. Kamu bisa mulai dari risiko rendah terlebih dahulu.

Sekarang sudah banyak  produk investasi yang memiliki risiko rendah. Misalnya deposito, reksadana, obligasi, logam mulia, peer to peer lending (P2P), dan sebagainya. Kamu bisa menaruh uangmu di rangkaian produk investasi ini dan mendapatkan bunga maupun return yang akan menguntungkan kita nantinya loh. 

Contohnya reksadana, kamu bisa menggunakan reksadana pasar uang untuk menyiapkan dana darurat. Beda dengan investasi saham, dengan reksadana uangmu akan dikelola oleh manajer investasi. Jadi kamu tidak perlu repot untuk memperhatikan grafik tiap harinya dan lainnya. Dengan reksadana uangmu dikelola oleh seseorang yang memang sudah berpengalaman. Reksadana pasar uang rata-rata memberikan return 8-10% per tahunnya. 

Kamu bisa sesuaikan produk investasi yang akan kamu gunakan dengan profil risiko kamu terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyesuaikan tujuan finansialmu dengan produk investasinya, hal ini dikarenakan agar kamu mendapatkan keuntungan yang maksimal dan sesuai. 

Namun jika kamu memiliki profil risiko yang agresif kamu bisa memilih produk investasi yang returnnya lebih tinggi. Namun, harus diingat, prinsip high risk high return dan low risk low return ya Sobat LINE Bank.

Selain hal-hal yang diatas kamu para perempuan juga bisa loh bekerja sebagai influencer atau membuka bisnis melalui sosial media kamu seperti Instagram, Tiktok, Twitter, dan platform lainnya. 

Nah, sekarang jelas kan Sobat LINE Bank, kalau ternyata ngga cuman lelaki aja yang bisa mengelola keuangan dan menambah kekayaan loh. Perempuan juga bisa melakukan semua hal yang dilakukan lelaki. Jadi yuk mulai belajar mengelola keuangan bersama LINE Bank. Kamu bisa buka deposito dengan bunga 4.5%* p.a sampe multiple savings untuk mempermudah membedakan tiap pengeluaran kamu!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277