Kenali Financial Independence, Pensiun Lebih Cepat!

Pernah dengar financial independence atau financial freedom Sobat LINE Bank? Bagi kalian yang belum tau apa itu financial independence atau financial freedom wajib banget untuk cek artikel ini ya!

Financial independence merupakan keadaan dimana kamu berada pada kondisi memiliki uang yang cukup pada umur 20-an hingga 30-an. Mudahnya pada saat umur 20 – 30 kalian sudah mandiri secara keuangan. Karena ini kalian bisa berhenti atau pensiun dini dan merasakan hasil kerja keras kalilan di masa muda kalian. Sedangkan untuk financial freedom merupakan dimana kamu sudah bebas secara keuangan. Kamu juga tidak perlu lagi bergantung kepada siapapun. Walaupun kedua istilah ini bisa dibilang hampir mirip namun kedua hal ini ternyata memiliki pengartian berbeda tergantung siapa yang mengartikannya. Gampangnya financial independence merupakan kondisi dimana kita sudah mandiri atas keuangan kita, sedangkan financial freedom kondisi dimana saat kita menginginkan sesuatu kita tidak lagi pusing untuk mendapatkan uang untuk membelinya. 

Namun kali ini, LINE Bank akan lebih membahas tentang Financial Independece. Sesuai dengan namanya, di jaman sekarang pasti kita ingin lebih mandiri atau menjadi seseorang yang independent baik dalam segi keuangan, hidup, dan lainnya. Khususnya dalam masa pandemi ini, dimana masalah maupun topik tentang keuangan sedang terjadi dimana-mana. Pembahasan keuangan yang tidak kunjung selesai, masalah keuangan yang terus-menerus datang dari berbagai arah, maupun kondisi dimana kita tidak siap menghadapi seluruh kondisi yang terjadi secara tiba-tiba seperti ini. Sebagai generasi millennial, Gen Z, maupun generasi selanjutnya sudah sepatutnya memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang Financial Independence, dimana jika kondisi seperti ini terjadi kita akan lebih siap menghadapinya. 

Untuk mencapai financial independence bukan sesuatu hal yang bisa kita capai dengan mudah jika kita menginginkannya. Namun bukan bearti kalian tidak bisa mencapai hal itu yang kalian perlu lakukan adalah ketekunan dan konsisten untuk mencapai hal ini, LINE Bank akan memberikan beberapa tips bagi kamu yang ingin mencapai financial independence. 

1. Atur keuangan kamu

Mengatur keuangan dengan baik dan bijak adalah hal terpenting bagi kamu yang ingin mencapai financial independence dalam rentang umur 20-an sampaai 30-an. Setiap pendapatan dan pengluaran harus kalian catat kalian juga bisa membagi berapa porsi untuk setiap pengeluaran kebutuhan kalian misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, makan, lifestyle, dan menabung. Mulailah dengan mengalokasikan atau membuat pos pengeluaran kamu terlebih dahulu. Dengan memiliki pos pengeluaran sesuai dengan kebutuhan dan kamu dapat mengaturnya dengan baik setiap bulannya maka hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang sangat baik bagi kamu kedepannya. Kamu juga bisa menggunakan rekening berbeda untuk pengeluaran kamu.  Dengan LINE Bank kamu bisa memiliki 8 rekening dalam satu akun, mengatur pengeluaran kalian dijamin lebih teratur.

2. Maksimalkan pendapatan kamu

Maksimalkan pendapatan kamu, bisa dibilang jika kamu baru memasuki umur 20-an maka kamu memiliki semuanya baik waktu maupun tenaga. Beda halnya saat kamu sudah tidak di usia produktif dan harus pensiun bukan? Sebisa mungkin semasa produktif carilah pendapatan lebih dari satu. Jika kamu sudah memiliki pendapatan yang stabil perbulannya, maka mungkin kamu bisa melakukan atau mencari pekerjaan freelance untuk menambah pendapatan kamu. Freelance juga sangat bagus bagi kamu yang ingin mengembangkan hobi maupun passion kamu, jika kamu memiliki hobi mendesain maka kamu bisa freelancer sebagai graphic designer. Dengan ini kamu bisa memaksimalkan pendapatan kamu dan menambah porsi untuk tabungan kalian misalnya. Tapi inget ya Sobat LINE Bank, walaupun pendapatan kalian bertambah sebisa mungkin lifestyle kalian jangan ikutan naik apalagi melebihi pendapatan kalian! 

3. Investasi

Sobat LINE Bank juga pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah investasi. Kamu bisa mulai belajar mengenai jenis-jenis investasi yang ada dan melakukannya sesuai dengan kecocokan kalian. Jika kalian pemula maka kalian bisa mencoba reksandana maupun deposito. Karena reksadana dan deposito memiliki risiko yang cukup rendah dan cenderung stabil. Hal ini juga berguna untuk pendapatan pasif saat kalian pensiun nanti. Dengan rajin melakukan investasi maka kamu akan 

Ini dia beberapa tips dari LINE Bank untuk kamu. Yuk langsung terapin untuk mencapai financial independence kamu biar masa pensiun lebih tenang!. Kalian juga bisa menggunakan LINE Bank untuk membantu dalam mengatur keuangan kamu. Aplikasi LINE Bank bisa kamu dapatkan di Appstore maupun Playstore

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295