Gajian Pertama Udah Foya-Foya? Mending Lakuin Ini!

Hai Sobat LINE Bank!

Kamu masih inget ngga sih gaji pertama kamu digunain buat apa? Atau untuk fresh graduate gaji pertama kamu tanda kerja keras, kamu gunain buat apa? Atau apa sih rasanya saat menerima gajian pertama kali? Kamu pakai untuk foya-foya, belanja wishlist yang ngga pernah kesampean, makan fancy sama temen, atau apa?

Gajian pertama pasti akan lebih bermakna karena akhirnya merasakan bagaimana mencari uang hasil keringat sendiri. Nah biasanya fresh graduate ataupun bukan yang menerima gaji pertama pasti akan merasa senang dan bangga karena sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Terlalu senang mendapatkan uang hasil kerja keras sendiri, tak sedikit bagi mereka yang baru menerima gaji pertama menggunakan uangnya dengan tidak begitu bijak. 

Sebenarnya gajian pertama kamu maupun seterusnya mau digunakan untuk apapun sah-sah saja. Tapi alangkah baiknya jika kamu juga tetap bisa bijaksana dan pintar dalam mengelola keuanganmu sejak gaji pertamamu agar dapat menguntungkanmu dimasa depan nanti. Mengatur keuangan sangat penting dilakukan karena dengan ini kamu bisa mencapai semua tujuan finansialmu. 

Jadi daripada gaji pertama kamu gunain buat sesuatu yang belum tentu memberikan manfaat di masa depan. Mending kamu simak 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk gaji pertama kamu!

Buat anggaran keuangan

Nah mungkin menurut kamu ini sepele, tapi sebenarnya membuat anggaran untuk pengeluaran kamu itu hal yang sangat penting loh Sobat LINE Bank.

Mulai biasakan untuk membuat anggaran untuk pengeluaran kamu, untuk pengeluaran sehari-hari,  pengeluaran belanja bulanan, investasi, menabung, tagihan, utang, dan sebagainya. 

Dengan adanya anggaran maka kamu tak akan berlebihan dalam menggunakan uang karena semuanya sudah memiliki porsinya masing-masing.  

Kamu bisa membuat anggarn pengeluaran kamu sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Misalnya, dari seluruh penghasilan kamu menetapkan 20% untuk membayar tagihan, utang, atau cicilam. Lalu 15% untuk di tabung, 10% untuk investasi, 5% untuk jajan atau untuk transportasi. 

Jika menurut kamu memporsikan gajimu dari awal agak menyusahkan atau terlalu membuat kondisi keuanganmu menjadi kacau. Kamu juga bisa menggunakan cara dengan membayarkan seluruh tagihan maupun utang kamu terlebih dahulu. Setelah itu sisa gaji yang masih ada baru kamu pisahkan dan gunakan sesuai kebutuhan. Namun tetap disarankan untuk memberikan anggaran atau setidaknya kamu membuat pos pengeluaran.

Hal ini dilakukan agar pengeluaran kamu tidak melebihi pendapatan kamu nantinya. Atau jika kamu mau mengatur keuangan dengan caramu sendiri juga boleh banget loh Sobat LINE Bank

Berikan reward 

Karena ini adalah gaji pertama dengan usahamu sendiri kamu berhakloh mendapatkan reward atas kerja kerasmu. Kamu boleh banget beliin diri kamu sesuatu atas tanda terimakasih terhadap dirimu sendiri karena sudah bekerja keras selama ini. 

Self-reward sangat penting agar kamu tetap termotivasi namun, tetap perlu diingat bukan bearti kamu selalu belanja berkedok self-reward ya! Kalau setiap bulan beli baju baru berkedor self-reward namanya kamu boros.. 

Untuk anggaran self-reward sebenarnya bisa kamu sesuaikan saja dengan dirimu, tapi jangan berlebihan ya Sobat LINE Bank. 

Berbagi atau donasi 

Akan sangat menyenangkan apabila kamu bisa berbagi kesenangan kepada orang yang membutuhkan juga. Kamu bisa memberikan donasi dalam bentuk apapun dari uang, baju, buku, atau apapun yang kamu bisa berikan. 

Misalnya kamu bisa membeli sejumlah makanan untuk dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan atau ke para driver Gojek/Grab/Taksi dan lainnya. Kamu juga bisa memberikan baju bekas yang sudah tidak muat dan layak pakai untuk diberikan ke yatim piatu.

Atau mungkin jika kamu merasa belum ada waktu untuk mengumpulkan itu semua, kamu bisa menggunakan platform online untuk memberikan donsimu seperti Kitabisa.com

Nah itu dia Sobat LINE Bank beberapa cara yang bisa kamu gunakan terhadap gaji pertamamu! Anti bokek pastinya bikin happy!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295