Buat Tabungan Sama Pacar, Yakin?

Memiliki pacar pasti salah satu hal yang bisa membuat hidupnya lebih menyenangkan bagi sebagian orang. Tak sedikit yang merasa dunia sudah milik berdua jika sudah bertemu dengan pasangan. Kalau bisa langsung hidup bersama, nggak bisa berjauhan, apalagi pisah.

Walaupun begitu, nggak bisa dipungkiri kalau nggak semuanya ingin ke jenjang yang lebih serius. Ada yang sekedar cinta monyet, status jalani saja dulu, atau cinta diambang dilema ingin dilanjut atau tidak. 

Tetapi bagi yang ingin ke jenjang yang lebih serius, tentu akan mulai memikirkan masa depan mereka berdua. Tidak lain dan tidak bukan yaitu pernikahan. Apalagi sekarang sudah banyak yang ingin menikah di umur muda. 

Karena itu sudah mulai mempertimbangkan segala aspek, terutama keuangan. Mulai dari biaya pernikahan, biaya rumah, mobil, cicilan, dan sebagainya. Karena ini, biasanya kamu akan membuat ‘tabungan pacar’ atau tabungan bersama demi masa depan yang diinginkan bukan?

Tapi apakah menurutmu ini keputusan yang terbaik? Apakah pernah terlintas apabila kamu berdua putus? Bagaimana tabungan kalian? Bisa saja tabungan ini akan menjadi sumber masalah hebat bagi kalian berdua. 

Karena itu, yuk coba simak beberapa pertimbangan untuk kamu dan pasangan sebelum memiliki tabungan bersama. 

Baca juga: Cara hemat liburan bareng teman

Buat perjanjian bersama pasangan kalian

Tentunya kalian pasti tahu masalah uang bisa dibilang hal yang sensitif. Tidak sedikit hubungan orangtua dan anak selesai karena masalah uang. Karena itu kamu yang masih statusnya pacaran harus memiliki perjanjian yang memang sudah disetujui kedua belah pihak. 

Hal ini tentu agar tidak memunculkan masalah sepele yang tiba-tiba menjadi besar. Kamu bisa mulai membicarakan perjanjian atau keputusan yang memang kalian berdua sepakati. Misalnya, perbulan ingin menabung berapa banyak? Lalu ingin membuat tabungan baru, atau menggunakan salah satu rekening kalian? Bagaimana mengelola tabungan bersama kalian nanti? 

Tentunya hal ini akan sangat penting untuk dibicarakan sebelum akhirnya memutuskan memiliki tabungan bersama. Karena apabila ada yang tidak jujur atau tidak sesuai dengan prinsip kalian berdua, bisa saja jadi perkara. Tidak menutup kemungkinan untuk hubungan menjadi berantakan loh. 

Jangan lupa mengatur pembagian apabila putus 

Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat tidak diinginkan. Namun, kamu juga harus realistis akan hal ini. Walaupun tentunya ingin sampai ke pernikahan dan hidup bahagia selamanya. Tapi terkadang kamu harus melakukan antisipasi bukan. Seperti kata ‘sedia payung sebelum hujan’. 

Tak ada salahnya membicarakan hal ini dengan pasangan kamu. Ini juga akan membuat kalian lebih tenang dan tidak dihadapkan pada persoalan rumit di kemudian hari. Karena tidak menutup kemungkinan kamu atau pasangan kamu mengatakan tentang siapa yang lebih banyak menabung. 

Salah satu solusi yang bisa diterapkan yaitu membuka tabungan baru. Jangan sampai jumlah yang kalian berdua tabung tidak bisa di track. Karena itu tetapkan dari awal jumlah yang akan ditabung. Atau setidaknya kalian memiliki catatan saat kalian berdua menaruh uang di dalam tabungan tersebut. Tentunya hal ini akan lebih memudahkan kalian berdua nantinya.

Nah ini 2 pertimbangan dasar yang bisa kamu pikirkan terlebih dahulu ya. Jangan sampai karena terlalu cinta, kamu tidak memikirkan hal-hal lain. Jika memang kamu dan pasangan sudah matang dalam tabungan bersama ini, maka baguslah. 

Kamu dan pasangan bisa membuat tabungan baru agar memudahkan. Ini juga akan terhindar dari bercampurnya uang pribadi kamu dengan uang tabungan bersamanya. Hal yang terpenting jangan sampai ‘tabungan pacar’ ini jadi membani kalian berdua!

Oh iya, kamu juga bisa menggunakan LINE Bank untuk ‘tabungan pacar’ kalian loh. Tidak perlu takut, karena di LINE Bank bisa buka 8 rekening dalam 1 akun. Kamu dan pasangan bisa langsung menabung sesuai dengan tujuan kalian berdua. Misalnya biaya pernikahan, rumah, mobil, dan sebagainya. Nggak cuman itu kamu berdua juga bisa buka tabungan deposito. Semua transaksi yang dilakukan bisa kamu pantau 24/7 melalui aplikasi LINE Bank atau LINE Messenger loh.  

Baca Juga: Tips Keuangan Ala Suami-Istri Influencer!

Semangat bagi pasangan-pasangan yang ingin melangkah ke hubungan yang lebih serius!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277