Tips Keuangan Ala Suami-Istri Influencer!

Perkembangan media sosial semakin pesat dan bisa dibilang sudah menjadi salah satu hal yang tidak bisa ditinggali orang-orang. Hampir semua orang di dunia pasti memiliki akun media sosial, salah satunya Instagram. Platform Instagram sudah menjadi salah satu media sosial yang sangat diminati banyak orang. Penggunanya pun sangat beragam dari berbagai kalangan umur. Instagram juga banyak melahirkan banyak influencer ternama. Salah satunya di indonesia yaitu Arief Muhammad dan Tiara Pangestika, pasangan suami istri yang sangat disukai sebagai influencer. 

Arief Muhammad dan Tiara Pangestika

Tiara Pangestika dan Arief Muhammad pasangan suami istri influencer yang sering kita jumpai di berbagai platform sosial media sekarang ini. Nama kedua pasangan influencer ini sudah tidak asing lagi, mulai dari netizen, pebisnis, maupun orang-orang penting sekalipun. Kedua pasangan influencer ini juga memiliki beberapa bisnis antara lain dalam bidang food & beverage, kos, buku, hingga fashion. Nggak kalah menarik, akhir-akhir ini Arief Muhammad juga trending di salah satu platform media sosial yaitu Twitter. Dimana karena tren “ikoy-ikoy” dimana tren ini merupakan kegiatan membagi-bagikan uang melalui direct message (DM) instagram Arief Muhammad. 

Walaupun begitu kedua pasangan ini sangat senang untuk berbagi ilmu yang mereka miliki kepada para pengikut instagram mereka. Di salah satu story instagram Arief Muhammad ada yang menanyakan bagaimana Ia dalam mengelola keuangan maupun manage keuangannya. Dari story instagram ini, ternyata Arief Muhammad bukan seseorang yang terlalu pintar dalam mengatur keuangannya. Urusan mengelola keuangannya dilakukan oleh istrinya, Tiara Pangestika atau biasa dipanggil dengan Tipang. 

Mengutip dari story balasan Tipang kepada suaminya, (https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE4MTY5MjI4MDkwMTUyODcw?story_media_id=2648581048522633124&utm_medium=copy_link)  

Tipang memberikan beberapa cerita dan tips menabung dalam mengelola keuangan di keluarganya secara singkat agar mudah dimengerti oleh para pengikutnya. Tipang juga mengajak para followers Instagramnya untuk membagikan cerita dan tips mereka tentang mengelola keuangannya.

Menurut Tipang cara Ia mengelola keuangan yaitu dengan:

1. Buat list kebutuhan

Menurut Tipang, dalam mengelola keuangan Ia biasanya membuat list kebutuhan tiap bulannya yang pasti akan keluar. Mulai dari gaji karyawan, listrik, air, belanja bulanan, transport, dan lainnya. Setelah semua kebutuhan sudah tercatat dengan lengkap kalian bisa menjumlahkan pengeluaran tersebut dan pisahkan langsung pengeluaran tersebut dari pendapatan kita. 

Dari sini kita bisa melihat, berapa sisa income setelah pengeluaran yang kita list sudah dipisahkan. Dengan ini maka kita juga akan tahu berapa uang yang bisa disisihkan untuk di tabung.

2. Buat financial planning atau financial journal

“Buat yang suka mendadak amnesia, ‘duit kok tiba-tiba abis, abis buat apa, ya?’, kata Tipang, please buat financial planning atau financial journal sekarang.

Dari Financial Planning atau Finanncial Journal maka kita akan tahu uang yang masuk dan keluar setiap harinya dan perbulannya. Bagi kalian yang malas untuk menulis manual kalian, gunakanlah aplikasi yang ada, salah satunya aplikasi LINE Bank. Seluruh transaksi yang kalian lakukan, pemasukan dan pengeluaran dapat dipantau 24/7 melalui notifikasi aplikasi LINE Bank. Kalau udah ada catatan pemasukan dan pengeluaran, alhasil kita tidak lagi gampang lupa dan jadi merasa bersalah tiap mau belanja.

3. Buat beberapa rekening bank

Menurut Tipang, dengan memiliki beberapa rekening sesuai dengan kebutuhan akan lebih memudahkan bagi kita untuk mengatur keuangan. Tipang sendiri memiliki beberapa rekening yang dia pisahkan sesuai kebutuhan. Seperti pengeluaran daily, pengeluaran tetap, bisnis, wishlist, maupun untuk ‘dana gambling’ untuk suaminya, Arief Muhammad. 

Untuk daily biasa digunakan untuk pengeluaran sehari-hari. Rekening pengeluaran tetap digunakan untuk gaji karyawan, ATL, dan lainnya. Rekening bisnis dibuat agar uangnya tidak tercampur dengan rekening tabungan biasa. Tipang juga mempunya spare “dana gambling” untuk suaminya, Arief Muhammad. Dimana Arief sering memiliki ide gila dan usaha yang kadang membuat Tipang was-was. Untuk rekening wishlist biasanya digunakan jjika ada wish liburan atau barang yang ingin dibeli dengan nominal yang dapat mengguncang cashflow. Rekening ini akan diisi pelan-pelan sampai nominal sesuai sama value wishlist mereka. 

Kalian juga bisa menggunakan aplikasi LINE Bank untuk memudahkan kalian mengalokasikan keuangan kalian. Dengan LINE Bank kalian bisa langsung membuka 8 rekening dalam 1 akun. 

Gimana Sobat LINE Bank? Walaupun terlihat rumit ini hanya diawal saja kok! Saat sudah terbiasa kalian pasti akan sangat merasa tertolong dengan metode ini. Yuk mulai atur keuangan kalian dengan LINE Bank, jangan lupa download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277