Uang Abis di Akhir Bulan? Coba Tips Ini!

Uang abis di akhir bulan? Waktunya makan mi instan deh! Eiits! Mungkin hal ini pernah menghampirimu juga apalagi kalau sudah akhir bulan, karena biasanya gaji udah habis digunakan di awal bulan. Kalau kamu sering merasakan makan mi instan di akhir bulan, mungkin yang salah bukanlah pada jumlah gaji yang ada, namun bagaimana kamu mengatur keuangan tersebut. Pasti mau dong tetap makan enak di akhir bulan? Begini caranya: 

Andalkan uang tunai 

Udah zaman cashless kok disuruh balik menggunakan uang tunai? Eits, tunggu dulu. Kamu bisa mengakali kebiasaan jajanmu dengan cara cashless dan lebih mengandalkan uang tunai. Biasanya dengan memiliki uang tunai, kamu akan terbiasa untuk berfikir dua kali setiap sebelum mengelurkannya. Nah, kalau sudah akhir bulan biar gaji gak habis duluan, tahan saja kebiasaan belanjamu dengan uang tunai. Kamu bisa mengatur budget perminggu akan menggunakan berapa banyak uang, jadi bisa lebih irit lagi! 

Tahan jajan dulu

Sudah akhir bulan uang menipis, jangan kalap dan boros dulu ya guys! Mungkin memang pengeluaran yang kamu buat gak besar jumlahnya, namun jika dilakukan dengan sering, maka sama aja pengeluarannya menjadi bengkak. Belum lagi kamu tergoda promo dan diskon yang membuat kamu merasa gak ingin melewatkan kesempatan ini. Tenang guys, diskon akan selalu ada, jadi kamu bisa menunggu di waktu- waktu selanjutnya pas gaji masih sisa. Kalau bisa, jangan banyak keluar rumah untuk nongkrong dan belanja. Jangan juga buka aplikasi belanja ya! 

Membuat catatan keuangan 

Langkah selanjutnya adalah buatlah catatan pengeluaran dan pendapatan saat ini, supaya kamu tau gambaran keuangan saat ini dan bagaimana akan mengatur keuangannya. Kamu juga bisa sekalian membuat anggaran keuangan dengan melihat dari pengeluaran bulan-bulan lalu. Kalau sudah tau kisarannya, sekarang kamu bisa mengatur anggaran sambil memonitornya dengan mencatat semua pengeluaran yang kamu buat. Jadi, misalnya sudah melebihi batasnya, kamu bisa stop mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang gak diperlukan deh! 

Mengatur keuangan dengan baik

Seperti yang udah disebutkan dari awal, sekarang waktunya meninggalkan kebiasaan boros dan menggantinya dengan belajar mengatur keuangan. Sebelum kamu membuat pengeluaran habis gajian, lebih baik atur keuangannya dulu biar gak makan mi instan akhir bulan. Pas gajian tiba, catat dulu kebutuhan dan keperluan yang wajib dibayar, kemudian bagi kedalam beberapa pos biar uangnya gak digunakan untuk keperluan lain. Nah, sisanya bisa kamu atur untuk uang makan dan uang belanja. 

Jangan mudah terpengaruh! 

Seringkali kita tergoda dengan diskon dan promo yang ada, apalagi kalau diskon gajian yang biasanya cukup besar, atau godaan dari teman untuk datang ke restoran baru dan nongkrong atau belanja. Jangan mudah terpengaruh kalau kamu gak ingin keuanganmu cepat ludes ya! Tentu boleh melakukan hal-hal diatas untuk menyenangkan diri dari penatnya bekerja, namun mendapatkan gaji juga susah payah, jadi habiskan dengan baik ya! 

Sudah waktunya meninggalkan kebiasaan gak baik dengan makan mi instan setiap akhir bulan karena kantong menipis. Yuk mulai atur keuanganmu lebih baik sekarang!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328