Simak Cara Pakai Instagram Ads Untuk Bisnis Kamu!

Bisa dibilang hampir seluruh industri maupun bisnis yang ada telah turun mengikuti tren ini. Tren yang dimaksud yaitu go digital atau menggunakan platform sosial media yang ada. Mulai dari toko offline, tempat makan, perusahaan besar, hingga startup mulai membuat akun sosial media masing-masing. 

Hal ini tentunya tidak dilakukan hanya sebatas iseng atau coba-coba saja. Para pelaku bisnis ini mengikuti tren ini agar dapat menjangkau calon konsumen baru maupun membuat konsumen lama tidak pindah hati. 

Mulai dari menawarkan produk dan jasa, mereka juga menggunakan platform ini untuk salah satu cara untuk berinteraksi dengan para konsumen. Dari sini para pelaku bisnis mendapatkan feedback dari pelanggan secara langsung dan lebih cepat. 

Karena itu tren social media marketing menjadi salah satu strategi yang paling fleksibel dan efektif untuk digunakan para pelaku bisnis. Social media marketing merupakan upaya menciptakan konten promosi di berbagai platform media sosial yang ada seperti Instagram. 

Pada tahun 2018, jumlah pengguna Instagram Indonesia mencapai 60 juta pengguna. Dari data Tech in Asia, 45% pengguna Indonesia mengaku sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram. Karena itu akan sangat bermanfaat bagi bisnis kamu, apalagi jika kamu mengetahui penggunaan Instagram Ads.

Instagram Ads

Tidak lagi dilakukan di koran, majalah, atau media fisik lainnya, melalui fitur ini kamu bisa mengiklankan produk kamu secara online. Dengan Instagram Ads kamu bisa membuat iklan di feed Instagram maupun Instagram stories. 

Jika kamu pernah atau familiar dengan Facebook Ads, maka Instagram Ads tidaklah sulit untuk dilakukan. Karena sejak Facebokk dan Instagram bergabung, iklan platform ini disatukan di bawah Facebook Ads Manager. 

Langkah-langkah membuat Instagram Ads

Sebelum membuat Instagram Ads, hal yang harus kamu lakukan yaitu pastikan bahwa akun kamu merupakan akun Instagram bisnis.

Untuk mengubah akun kamu menjadi Instagram bisnis, lakukanlah cara ini

  • Buka profil Instagram-mu.
  • Settings.
  • Pada bagian account, pilih switch to Professional Profile.
  • Setelah itu kamu bisa pilih kategori yang sesuai dengan bisnismu, lalu pilih jenis akun Business.
  • Lengkapi kontak info yang diminta.
  • Selamat, kamu telah berhasil!

Setelah akun kamu telah berubah menjadi akun bisnis, sekarang kamu bisa memasang iklan langsung dari aplikasi Instagram atau melalui Facebook Ads Manager.

Melalui Aplikasi Instagram 

  1. Bukalah profil Instagram, pilih post yang ingin kamu promosikan atau jadikan ads. Kemudian klik Boost Post.
  2. Pilih tujuanmu menggunakan Instagram Ads. Sesuaikan dengan target pasar bisnis kamu ya. Hal ini agar objektif yang kamu inginkan dapat diraih selama memasang Instagram Ads ini. 
  3. Tambahkan URL tujuan dan pilih Action Button untuk menjelaskan tujuan URL bila diklik.
  4. Pilih target audiens atau pasar kamu. Tentukan dan sesuaikan sendiri dengan karakteristik audiens yang akan menerima iklan ini. 
  5. Setelah itu kamu bisa tentukan biaya dan periode iklan di Instagram Ads sesuai dengan budget kamu. 
  6. Pastikan lagi dengan melihat kembali ringkasan Instagram Ads yang akan kamu pasang nanti. Jika sudah aman dan yakin, klik Boost Post.
  7. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan untuk membayar Instagram Ads.
  8. Klik save, dan selesai!  Produkbisnis kamu akan diiklankan lewat Instagram Ads!

Melalui Facebook Ads Manager

  1. Buka Facebook Ads Manager, pastikan kamu sudah login ke akun Facebook yang akan digunakan ya.
  2. Setelah itu, pilih pembuatan iklan terpandu. Kamu bisa klik menu Kampanye dan klik buat iklan. 
  3. Selanjutnya tentukan tujuan iklan yang ingin dicapai. Ada 3 kategori berbeda, yaitu Kesadaran / Awareness, Pertimbangan, dan Konversi / Conversion. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  4. Pilih jenis iklan, kamu bisa memilih salah satu diantara Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. 
  5. Tulislah nama iklan agar nantinya kamu bisa mengecek performa iklan yang ada di Instagram dengan mudah. Kemudian pilih tujuan trafik yang kamu inginkan. Misalnya, ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp. 
  6. Disini kamu juga bisa menampilan pilihan promo apabila kamu sedang menjalankan promo.
  7. Tentukan target audiens kamu agar lebih spesifik. Setelah itu tentukan juga penempatannya. Jika kamu memilih penempatan otomatis, maka iklan akan ditampilkan di Facebook, Instagram, dan semua aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook. Namun jika kamu hanya ingin di Instagram, kamu bisa mencentang pilihan Instagram saja.
  8. Setelah itu tentukan jadwal kapan iklan kamu akan ditayangkan. 
  9. Hubungkan juga akun Instagram kamu dengan Facebook. 
  10. Setelah terhubung pilih format iklan, buat deskripsi iklan kamu, tentukan gambar, judul dan masukkan juga URL. 
  11. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran. Kamu bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit. 
  12. Klik lanjutkan dan selesai!

Itu dia Sobat LINE Bank cara menggunakan Instagram Ads untuk bisnis kamu. Kamu juga bisa mencari referensi untuk memaksimalkan iklan kamu. Dengan menggunakannya kamu juga dapat mengoptimalkan penjualan dan kualitas dari bisnis kamu lho. Jadi tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba fitur yang ada ini. 

Kamu juga bisa loh menggunakan LINE Bank untuk metode pembayaran Instagram Ads ini. Agar tak tercampur dengan uang yang lain, kamu bisa memisahkan rekeningnya ya! Di LINE Bank kamu bisa memiliki hingga 8 rekening dalam 1 akun. Jadi yuk download sekarang!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277