Kenapa Perlu Rekening Tabungan Lebih dari Satu?

Kamu pasti sudah tahu memiliki rekening tabungan di bank lebih baik daripada menabung dengan cara tradisional. Menabung di bank juga memberikan banyak manfaat bagi nasabahnya. Seperti jauh lebih aman, banyak fasilitas, dan promo yang bisa kamu dapatkan. Membuka rekening baru di bank saat ini juga semakin mudah karena didukung dengan perkembangan teknologi yang pesat. Membuka rekening baru sekarang sudah bisa secara online menggunakan mobile banking. 

Nah, membahas tentang rekening bank terkadang orang bertanya- tanya, perlukah memiliki rekening lebih dari satu? Sebenarnya, ada loh manfaat yang bisa kamu dapat dengan memiliki rekening lebih, terutama untuk mengatur keuangan. Berikut penjelasannya!

Kalau kamu menggunakan rekening tabungan sehari-hari untuk banyak hal. Maka untuk menabung, investasi, belanja, dan memenuhi kebutuhan, dan lainnya. Ada baiknya kamu memiliki rekening lebih dari satu. Alasannya karena untuk mempermudah kamu dalam urusan finansial dan mengatur keuangan. Misalnya, rekening tabungan pertama digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari dan untuk pengeluaran belanja atau hangout. Rekening tabungan kedua bisa kamu gunakan untuk menabung dana darurat. Kamu juga bisa membuat rekening tambahan untuk tujuan keuangan yang ingin dicapai. Bagi kamu yang memiliki bisnis lebih baik memisahkan dananya dari rekening tabungan. Hal ini agar uang bisnis kamu tidak digunakan. Nah, dengan kamu mempunyai rekening tabungan lebih dari satu, kamu bisa merasakan manfaat sebagai berikut : 

1. Lebih mudah memantau tabungan 

Kalau kamu mempunyai tujuan untuk menabung, memiliki rekening tabungan sendiri menjadi lebih mudah untuk melihat perkembangannya. Kamu juga bisa lebih menentukan besaran dana yang masih harus dikumpulkan. Mencari cara untuk mengatur keuangan yang seperti apa agar efektif dan bisa tercapa akan lebih mudah.

2. Lebih aman dari godaan belanja 

Bagi kamu yang mempunyai kebiasaan belanja atau suka belanja, kamu perlu menggunakan cara rekening dipisah ini. Dengan memisahkan uang untuk tabungan, kamu tidak perlu khawatir kalau uangnya sampai digunakan untuk keperluan lain. Seperti belanja, karena dana rekening tabungannya khusus untuk menabung. Nah, untuk belanja kamu bisa menyisihkan sebagian dari uang yang ingin kamu tabung. Kamu bisa berbelanja online dan offline lebih mudah dan nyaman deh. 

3. Membantu dalam mengatur pengeluaran 

Jika kamu tidak mempunyai rekening terpisah, mungkin kamu agak bingung dengan perhitungan pengeluaran karena semua keperluan yang digabung. Dengan menggunakan rekening sendiri, sekarang kamu bisa memperkirakan pengeluaran sehingga strategi yang perlu digunakan sesuai. Rekening tabungan sendiri juga membantu kamu menyimpan pengeluaran yang wajib untuk dibayar dan tidak boleh dilewati. Seperti untuk cicilan rumah atau mobil, biaya pendidikan anak dan lain sebagainya. 

4. Sumber motivasi untuk lebih disiplin

Kamu pasti mau dong mempunyai uang didalam tabungan dengan jumlah yang banyak. Untuk mewujudkan hal ini, tentu kamu harus konsisten dalam menyimpan uang dan ditabung dalam rekening lain. Punya rekening baru kamu jadi semangat untuk mengumpulkan uang. Agar tabungan cepat terkumpul dananya dan bisa digunakan untuk tujuan keuanganmu. 

5. Lebih mudah memisahkan uang sesuai keperluan

Ada beberapa pengeluaran yang memang harus dikeluarkan untuk keperluan yang sudah pasti. Maka itu, supaya mengatur keuangan lebih mudah, kamu perlu memisahkannya. Rekening yang berbeda mempermudah agar jangan sampai uang ini tidak tercapai atau tidak bisa memenuhi pengeluaran tetap tersebut. 

Karena itu kamu juga bisa menggunakan fitur multiple savings LINE Bank! Kamu bisa membuka 8 rekening dalam 1 akun saja! Yuk mulai #CaraLain menabung agar lebih menyenangkan bersama LINE Bank!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277