Kenali Manfaat dan Pentingnya Dana Darurat!

Jaman sekarang istilah dana darurat sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Sesuai namanya dipersiapkan untuk membantu atau mengantisipasi jika ada peristiwa atau keadaan yang tidak terduga. 

Dana darurat merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki dan disiapkan sedari dulu untuk menghadapi situasi tak terduga ini. Dengan ini kita bisa mengantisipasi segala macam masalah keuangan. Mulai dari kerugian atau seketika salah satu keluarga kita masuk rumah sakit.

Dana darurat juga membuat kita menjadi lebih tenang akan masalah keuangan yang bisa kita alami di masa yang akan datang.

Jumlah ideal yang harus dipersiapkan
  • Bagi kamu yang masih single dan tidak memiliki tanggungan yaitu 3 – 6 kali gaji yang dimiliki sekarang.
  • Sedangkan yang sudah berkeluarga yaitu 6 – 12 kali gaji yang dimiliki sekarang. 

Untuk menyiapkan dana darurat tidak mudah dan pastinya tidak dalam waktu yang cepat atau instan. Namun yang harus kita tanamkan dalam diri kita yaitu konsisten dan sabar. Pasti pernah mendengar peribahasa “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”, begitu pula dengan dana darurat. Ini juga merupakan investasi bagi diri kita untuk jangka panjang. Karena itu, kita kumpulkan dan mulai tabung dari sekarang secara perlahan demi masa depan yang lebih baik untuk kita. 

Dengan menyiapkan dana darurat maka kamu juga bisa untuk lebih fokus akan menghadapi suatu masalah tanpa beban soal keuangan kamu.

Kamu bisa menerapkan beberapa cara dibawah ini untuk menyiapkannya!
  • Pertama, hitung seluruh pengeluaran kalian sehingga kalian bisa memulai untuk menyisihkannya. Setelah itu kita akan tahu berapa banyak pendapatan yang bisa dialokasikan untuk tabungan dana darurat.
  • Kedua, kalian harus menabung di rekening yang berbeda dari rekening tabungan kalian. Selalu pisahkan dari rekening biasa kalian, hal ini untuk mengantisipasi agar kalian tidak memakainya untuk hal yang lain. 
  • Ketiga, kalian bisa memulai menabung secara perlahan-lahan tiap bulannya dengan nominal yang kecil, namun rutin. Berapapun nominal jika kalian menabung secara rutin tiap bulannya maka akan terkumpul juga sesuai dengan target yang ditentukan. 
  • Terakhir, jika bisa mulailah memangkas pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan dan menambah nominal tiap bulannya. 

Dengan menentukan nominal uang yang disisihkan untuk dana darurat maka kita bisa memperkirakan kapan jangka waktu target kita akan terpenuhi. Walaupun tidak mudah namun jika kita melakukannya dengan rutin dan konsisten maka tidak akan terasa berat. Setelah terkumpul kita bisa menyiapkan dana lainnya bukan? Seperti dana pensiun, dana pendidikan, ataupun dana lainnya dan kita tidak akan lagi kaget karena sudah terbiasa menyisihkan pendapatan kita. 

LINE Bank juga menyiapkan tabungan rekening untuk deposito yang bisa kalian gunakan untuk menyiapkan dana darurat. Kalian bisa mendownload Aplikasi LINE Bank di Playstore maupun Appstore. Kalian juga bisa mendapatkan informasi seputar LINE Bank di website resmi LINE Bank. 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285