Mau Bisnis Bareng Teman, Tapi Takut Berantem?

Sobat LINE Bank ada yang lagi kepikiran bangun bisnis bareng sahabat-sahabat kalian nggak sih? Pastinya membangun bisnis bareng sahabat kamu apalagi yang satu frekuensi sangat menyenangkan. Tapi kamu tau nggak sih Sobat LINE Bank nggak semua sahabat kamu itu cocok loh dijadikan partner bisnis. Mungkin dia cocok bersahabat sama kamu, cuman untuk dijadikan partner bisnis buat bangun bisnis dari 0 kamu udah yakin kalau dia orang yang tepat?

Karena bisa jadi sahabat kamu cuman cocok buat pertemanan aja loh, bukan rekan bisnis yang bisa buat bisnis kalian nanti bertahan dan berkembang. Karena seperti yang pernah kita dengar “uang ya uang”, “bisnis ya bisnis”, “teman ya teman”. Nggak semua orang bisa profesional dalam berbisnis apalagi kalau sudah menyangkut uang, masalah sensitif. Karena itu bagi kamu yang mau memulai bisnis bareng teman dan mencari partner bisnis yuk simak beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan diingat dalam memilih rekan bisnis yang tepat.

1. Pilih teman yang paling cocok buat jadi partner

Ini hal wajib banget sebelum kamu memulai bisnis kamu. Mencari partner bisnis tentunya kamu udah harus tau bisnis kamu dan doi mau dibawa kemana. Kamu juga bisa mulai memilih atau memfilter dari sahabat-sahabatmu yang memungkinkan. 

Nah saat kamu bertemu dengan beberapa sahabat kamu, kamu bisa nih mulai cocokin visi misi kamu dalam berbisnis apakah cocok? Karena mungkin kalau kamu mencocokan chemistry kamu dan dia sudah pasti cocok karena sudah bersahabat sejak lama. Jadi mungkin dalam persahabatan kamu pasti sudah klop jika berinteraksi. Tapi kamu harus tetap mencocokkan perbedaan sifat, karakter, dan perilaku kamu dan sahabat kamu dalam berbisnis ya. 

Salah satunya yaitu apakah saat kamu membicarakan bisnis sahabatmu tipikal yang agak pelit, bagaimana kinerjanya apakah teliti atau ceroboh? Karena dalam berbisnis pasti kamu dan partner bisnis harus bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing. 

2. Buat perjanjian awal sebelum bisnis ya, supaya nggak zonk

Hal ini juga sangat penting ya Sobat LINE Bank. Sebisa mungkin kamu dan partner bisnis kamu buat perjanjian awal untuk bisnis kalian. Jangan mencampurkan urusan pribadi di bisnis kalian ini. Karena itu, susun perjanjian kerja dalam berbisnis ini ya Sobat LINE Bank. 

Dikarenakan kita nggak bisa tutup mata juga kalau sudah banyak banget bisnis yang gagal karena ngga ada kesepakatan maupun perjanjian bisnis dalam berbagai hal. Misalnya dalam mengatur pembagian keuntungan, pengambilan keputusan, jabatan, jobdesc, dan beberapa hal lain yang diperlukan. Jadi Sobat LINE Bank kamu harus buat perjanjian bisnis dengan partner bisnis mu agar hal ini nggak kejadian di bisnis kamu ya. 

3. Jangan lupa membagi modal dan profit dengan adil ya gaes, biar adem bisnis lancar

Dalam bangun bisnis pasti butuh modal dong ya Sobat LINE Bank. Karena itu kalau memiliki partner bisnis kamu bisa patungan. Dari awal kamu dan partner bisnis kamu harus banget bicarakan urusan keuangan bisnis kalian berdua nantinya. Karena urusan keuangan ini sangat sensitif loh, kamu dan partner bisnismu harus terbuka dan sangat transparan dalam hal ini. 

Catat seluruh pengeluaran dan pendapatan dengan sangat rinci dan jangan sampai ada yang terlewat. Karena dari laporan keuangan yang baik dan rinci kamu dan partner bisnismu akan terhindar dari masalah konflik keuangan maupun masalah di kemudian hari, misalnya penggelapan uang ataupun ternyata uang bisnis kalian ada yang terpakai untuk keperluan pribadi.

Itu dia Sobat LINE Bank beberapa hal yang bisa kamu perhatiin sebelum memulai bisnis bareng sahabat kamu. Jangan sampai karena kamu menyepelekan beberapa hal diatas karena alasan kamu dan sahabatmu pasti udah sama-sama mengerti satu sama lain malah bisnis kalian hancur. Yuk sama-sama bijaksana dan berpikir kedepan dalam hal berbisnis. 

Bagi kamu yang belum berani berbisnis bersama teman, bisnis sendiri juga aman-aman aja kok. Asalkan kamu udah tau seluruh risiko dan apa saja yang diperlukan. Baik dari modal, keuntungan, tempat, dan lainnya. Kamu bisa mulai menabung untuk modal bisnis kamu menggunakan rekening baru agar uang pribadi kamu tidak tercampur.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295