Coba Cek Kamu Udah Punya Soft Skill Ini Belum?

Sobat LINE Bank pernah kepikiran nggak sih sekarang tuh soft skill yang dibutuhkan dan disukai sama perusahaan-perusahaan itu apa aja? Mungkin beberapa dari kalian ada yang bingung juga mau belajar skill baru tapi males banget kalau nanti nggak kepake sama sekali atau ternyata ngebosenin dan berakhir cuman belajar setengah-tengah doang.

Nah sebenarnya kalau kamu mau belajar skill maupun hobi itu sangat bagus loh Sobat LINE Bank. karena secara tidak langsung akan meningkatkan value diri kamu sendiri. Namun jika kamu menginginkan belajar soft skill yang sedang dibutuhkan atau rekomendasi soft skill yang dicari-cari oleh perusahaan yuk simak artikel ini

Pemecahan masalah

Nah Sobat LINE Bank yang pertama itu pemecahan masalah. Kenapa? Karena semakin berkembangnya zaman hingga sekarang dunia sudah serba digital kian permasalahan di dunia industri maupun bisnis semakin rumit. Karena umumnya berkembangnya zaman akan membuat trend dunia ikut mengalami perubahan yang dapat dibilang signifikan dari tahun – tahun sebelumnya. 

Mungkin yang kita ketahui sekarang untuk memecahkan masalah hanya ada di level-level jabatan tertentu seperti manajer. Faktanya untuk skill pemecahan masalah dibutuhkan di hampir seluruh jabatan kerja di perusahaan. Hal ini karena pastinya setiap divisi perusahaan memiliki masalahnya masing-masing bukan? 

Generasi milenial maupun Gen Z diharapkan memiliki kemampuan untuk mencari solusi pada setiap masalah yang ada ataupun yang terjadi untuk peningkatan maupun perkembangan perusahaan. 

Berkomunikasi

Berkomunikasi pasti dapat dilakukan oleh semua orang, namun tidak semua orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik loh Sobat LINE Bank. berkomunikasi sudah sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam keluarga, pertemanan, dan lingkungan kerja. 

Bedanya jika kamu sudah masuk ke dunia bisnis, maka skill komunikasi yang lebih baik sangat dibutuhkan disini. Apalagi jika kamu memasuki divisi maupun departemen yang mengharuskan kamu bisa berkomunikasi dengan pihak luar untuk melakukan kerjasama dan koordinasi yang baik,

Kamu bisa mengasah cara berkomunikasi kamu dengan mulai mendengarkan dan memahami lawan bicara kamu terlebih dahulu.

Kreatif dan kritis

Sekarang banyak sekali perusahaan yang menaruh minat kepada generasi milenial maupun Gen Z untuk berpikir lebih kreatif dan kritis. Hal ini disebabkan karena dunia semakin maju dan perkembangan teknologi yang sudah melesat. Generasi milenial dan Gen Z dianggap lebih update tentang trend yang terjadi di dunia saat ini.

Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan untuk melihat segala point of view yang ada dan dapat berpikir secara rasional terhadap apapun yang terjadi maupun rencana yang akan dibuat. Berpikiran kritis juga membuat kamu mendapatkan gagasan baru yang logis dan menganalisa sesuatu sehingga dapat meminimalisir hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Sedangkan untuk berpikiran kreatif hal ini tidak jauh dari karena persaingan maupun kompetitor dalam dunia bisnis sangat banyak. Karena itu diharapkan generasi milenial maupun Gen Z dapat berpikiran secara ‘out of the box’ atau menghasilkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh kompetitor atau menghasilkan terobosan baru bagi perusahaan.

Rasa ingin tahu yang tinggi

Perkembangan teknologi yang kian melesat membuat perusahaan harus terus mencari dan mencari hal-hal baru. Karena rasa ingin tahu yang tinggi dapat membuat inovasi baru. 

Misalnya saat kamu mengalami masalah atau sedang terjebak dalam suatu kondisi, rasa ingin tahu kamu akan menuju ke akar permasalah yang ada. Kamu akan terus mencari tahu apa yang salah maupun apa yang terlewat sehingga kamu berhasil mendapatkan solusinya.

Adaptasi 

Tentunya Sobat LINE Bank tahu dunia bisnis dan dunia kerja sudah sangat keras, karena banyaknya persaingan. Banyak orang yang tidak mampu bertahan karena perbedaan lingkungan perkuliahan dengan dunia kerja atau lingkungan yang tidak biasa dengannya. 

Karena itu kamu harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik agar dapat melewati kondisi ini dan berkembang dengan baik bersama perusahaan. Dengan adaptasi yang baik kamu juga secara tidak langsung meningkatkan kemampuan dirimu sendiri. 

Nah itu dia Sobat LINE Bank 5 soft-skill yang harus kamu miliki. Menurut kamu dari 5 soft skill ini ada yang udah kamu punya? Atau kamu masih dalam tahap proses belajar untuk mengasah soft-skill tersebut?  Yuk cerita di kolom komentar.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277