Pentingnya Bergaya sesuai dengan Budget!

Hai Sobat LINE Bank

Pernah merasa nggak sih? Semakin kesini gaya hidup semakin memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hidup kita khususnya pada keuangan kita.

Semakin kesini kadang karena tuntutan gaya hidup, kita jadi sering berfoya-foya demi memenuhi standar tersebut. Bergaya tanpa melihat budget juga sudah tidak aneh lagi. Menginginkan validasi seseorang atau karena hanya tidak ingin tertinggal oleh semua orang sudah menjadi kewajiban. Bergaya tanpa peduli apakah sebenarnya membutuhkannya atau tidak. 

Tidak peduli apabila kamu harus melakukan pinjaman online atau yang biasa kita sebut dengan pinjol demi membeli suatu barang. Memenuhi gaya hidup yang sebenarnya mungkin kamu sendiri tidak menyukainya karena hanya untuk di posting ke media sosial. 

Pasti kita semua pernah mengalami hal itu, karena itu, yuk pelan-pelan belajar dan keluar dari kebiasaan tidak baik ini.

Pentingnya bergaya sesuai budget

Seperti yang kita ketahui, barang yang dibeli untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup terkadang bukan apa yang sebenarnya kita butuhkan. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak buruk terhadap kondisi keuangan kamu kedepannya loh. Jika kamu membeli barang hanya karena mengikuti trend atau FOMO, kebiasaan ini akan semakin sulit untuk dihilangkan kedepannya. 

Seharusnya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansial kamu, tidak perlu selalu mengikuti trend yang ada. Karena sebenarnya kamu akan lebih bahagia apabila bisa mengendalikan diri. Dengan cara bergaya dan memiliki gaya hidup sesuai dengan isi dompet kamu.

Hindari menumpuk utang dari pinjaman online maupun pinjaman bank hanya karena gengsi belaka. Hanya karena ingin memakai baju atau tas branded, pinjol menjadi cara walaupun tidak tahu apakah itu resmi atau tidak. Tidak tau bagaimana pembayarannya, bunga yang dikenakan, dan lainnya yang hanya kamu tau hanya mendapatkan uang secara cepat. 

Fun facts, umumnya gaji yang keburu habis, sebelum waktunya dikarenakan gaya hidup yang tinggi. Kebanyakan orang hanya memikirkan bagaimana mencari uang untuk memenuhi gaya hidupnya saat sekarang. Masih banyak generasi milenial maupun gen z atau mungkin kamu sendiri yang belum merasakan pentingnya belajar mengelola keuangan dari sekarang. 

Padahal seharusnya sejak dini kita sudah belajar tentang mengelola keuangan atau setidaknya mulailah dari menabung. Mulai belajar untuk menyisihkan beberapa dari income yang didapat untuk ditabung. Karena, dibandingkan kamu menghabiskan uang untuk gaya hidup yang tidak ada habisnya. Lebih baik kamu menggunakan uang itu untuk hal lain yang akan lebih menguntungkan dirimu nantinya. Seperti, investasi, menyiapkan dana darurat, atau untuk keperluan finansial kamu di masa depan. 

Kamu hanya perlu bergaya sesuaidengan diri kamu. Mulailah belajar untuk menerima diri apa adanya dan bersyukur dengan apa yang dimiliki. Perlu diingat, kamu tidak hidup hanya untuk hari ini saja. Melainkan kamu juga harus memikirkan masa depan kamu agar memiliki kehidupan yang nyaman nantinya. 

Masa tua kamu bisa jadi terancam

Jangan biarkan masa tua nanti kamu masih harus memikirkan beban hidup yang harus ditanggung. Apalagi karena hutang untuk memenuhi gaya hidupmu sekarang. Berbagai hutang, tagihan, cicilan, maupun tanggungan diri sendiri dan keluarga membuat kamu akan menyesal loh.

Mengelola keuangan memang bukan hal yang mudah tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan juga. Kamu bisa memulainya dengan hal yang paling dasar yaitu dengan membuat list pengeluaran. Kamu juga bisa membuat prioritas pengeluaran yang paling penting terlebih dahulu. Jangan lupa untuk selalu catat semua pengeluaran yang kamu lakukan. Gampangnya, kamu juga bisa membuka rekening baru agar lebih memudahkan kamu untuk mengelola keuangan. 

Setelah ini, kamu bisa mulai belajar untuk berinvestasi dari uang yang tersisa. Kamu bisa menggunakan reksadana, deposito, saham, dan berbagai jenis investasi yang ada. 

Nggak perlu repot kamu bisa membuka multiple savings dan deposito secara bersamaan hanya dengan 1 aplikasi. Download aplikasi LINE Bank untuk mempermudah kamu ngatur keuangan kamu sekarang. Daripada kamu dibikin pusing sama gaya hidup, mending kamu mulai belajar menjadi lebih bijak dalam mengatur keuangan dan income kalian. 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285