6 Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Pemula

Apakah Sobat LINE Bank membutuhkan ide usaha makanan yang cocok untuk pemula? Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini hampir seluruh kebutuhan pokok mengalami peningkatan harga. Belum lagi, munculnya pandemi yang menyebabkan banyak pekerja harus dirumahkan. Tetapi hal tersebut bukan berarti tidak ada lagi sumber pendapatan lain. 

Memiliki kemampuan pada suatu hal dapat menjadi salah satu ide bisnis yang menghasilkan sekaligus menyenangkan, salah satunya adalah memasak. Apabila Sobat LINE Bank memiliki kemampuan dalam menghadirkan berbagai hidangan lezat, coba untuk menjadikannya peluang usaha sebagai sumber pendapatan yang baru. 

Masih kebingungan menentukan jenis makanan yang ingin dijual? Simak artikel berikut ini untuk menemukan informasi lengkap seputar usaha makanan yang cocok untuk pemula. 

Apa Saja Usaha Makanan yang Cocok Untuk Pemula?

Usaha pada bidang kuliner sampai saat ini masih menjadi jenis usaha yang menjanjikan loh, Sobat LINE Bank. Pasalnya, jenis usaha ini dapat dinikmati oleh seluruh kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Jenis makanan yang disediakan pun juga beragam. Jika Sobat LINE Bank berencana untuk membuka usaha makanan, temukan berbagai rekomendasi makanan dan minuman yang cocok untuk pemula di bawah ini:

1. Dimsum

Dimsum adalah salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Jika dahulu kamu hanya akan mendapati dimsum pada restoran tertentu saja, sekarang kamu dapat menemukannya di hampir seluruh tempat besar maupun pedagang kaki lima. 

Untuk memulai usaha ini, Sobat LINE Bank dapat menyediakan berbagai pilihan isi seperti ayam, wortel, jamur, udang, dan lain sebagainya.

2. Bakso Aci dan Seblak

Belakangan ini, bakso aci dan seblak menjadi makanan kemasan cepat saji yang banyak menarik perhatian orang. Hal ini dikarenakan makanan dalam kemasan ini membolehkan orang untuk menikmati kedua makanan berkuah ini di rumah dan kapan saja tanpa harus bepergian keluar rumah. Sobat LINE Bank dapat memanfaatkan peluang ini dengan mencoba menjadi reseller bakso aci dan seblak instan dan memasarkannya melalui media online.

3. Dessert Box

Menciptakan sebuah makanan penutup dalam box yang praktis dan simpel dapat menjadi ide cemerlang usaha makanan yang cocok untuk pemula terutama yang memiliki keahlian pada pembuatan dessert. Ciptakan makanan penutup dengan kombinasi yang pas dan pilihan rasa yang banyak diminati masyarakat agar produk dapat memenuhi permintaan pasar.

4. Keripik

Banyaknya aktivitas yang dilakukan di dalam rumah membuat tingkat permintaan pada camilan ringan meningkat. Keripik adalah jenis usaha makanan yang cocok untuk pemula karena memiliki peluang besar. Sobat LINE Bank dapat membuat keripik singkong, kentang, pisang, atau jenis keripik lainnya yang disajikan dalam kemasan. 

5. Gorengan

Siapa yang tidak mengenal jenis makanan yang satu ini. Gorengan merupakan makanan ringan yang tidak akan pernah mati sebab disukai oleh semua orang. Memiliki bahan yang simpel dan cara pembuatan yang mudah menjadikan usaha makanan ini ideal untuk pemula. Apalagi pada momen tertentu seperti bulan puasa, gorengan menjadi santapan buka yang dicari banyak orang. 

6. Roti Bakar

Hanya dengan modal kecil, Sobat LINE Bank dapat membuka sebuah usaha roti bakar. Kamu dapat memilih jenis roti bakar yang umum dijual di pinggir jalan dengan beragam aneka rasa manis yang berasal dari selai. Atau, Sobat LINE Bank membuka usaha makanan roti toast dengan varian rasa asin seperti yang saat ini sedang banyak menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Ide Bisnis Sederhana untuk Anak Muda

Bagaimana Tips Memulai Usaha Makanan Untuk Pemula?

Dalam membuka sebuah usaha, Sobat LINE Bank pasti mengharapkan kesuksesan dan berhasil menerima keuntungan yang besar. Dalam mencapai titik tersebut, kamu harus melewati berbagai langkah terlebih dahulu. Langkah awal yang harus dilakukan adalah memulai bisnis dengan baik. Ikuti tips berikut ini untuk memulai usaha makanan untuk pemula:

1. Menentukan Target Pasar dan Jenis Makanan

Segala hal yang berkaitan dengan bisnis pasti membutuhkan pasar untuk membuatnya berjalan. Maka dari itu, menentukan target pasar dan jenis makanan yang memiliki permintaan paling banyak dapat menjadi tips pertama yang harus dilakukan. 

Buat riset kecil pada jenis makanan yang akan dijual dan temukan informasi pasar yang banyak mencari jenis makanan tersebut. Nantinya, informasi ini juga dapat menentukan strategi pemasaran dan lokasi penjualan jika dibutuhkan.

2. Membuat Perencanaan

Sebelum usaha makanan dapat dimulai, Sobat LINE Bank harus membuat rencana anggaran yang tersusun rapi dan tertata. Dalam perencanaan, tuliskan sumber modal beserta besaran jumlah pengeluaran yang didapatkan dari rincian kebutuhan usaha. Tentukan pula target penjualan agar memudahkan proses menentukan strategi marketing.

3. Mempersiapkan Rekening Terpisah

Dalam memulai sebuah usaha, mempersiapkan rekening terpisah adalah hal yang penting untuk dilakukan. Mencampurkan keuangan pribadi dengan bisnis adalah salah satu contoh perencanaan keuangan yang buruk. Sebab laporan keluar dan masuknya uang bisnis kamu akan menjadi satu dengan pribadi. 

Hasilnya, pengelolaan keuangan akan menjadi kacau dan membingungkan. Untuk kenyamanan berbisnis dan menjalankan usaha, Sobat LINE Bank bisa memanfaatkan Kartu Debit LINE Bank sebagai rekening usaha. Kamu dapat dengan mudah mencatat dan mengelola segala transaksi bisnis sekaligus mendapatkan keuntungan berupa cashback dari LINE Bank. 

4. Menentukan Nama dan Strategi Pemasaran

Nama adalah wajah dari sebuah usaha atau bisnis, dengan demikian tentukan nama yang menarik dan mudah untuk diingat. Melalui nama ini nantinya kamu dapat menentukan warna, design, font dan komponen visual lainnya untuk kebutuhan packaging serta konsep pemasaran. 

Sedangkan pada bagian strategi pemasaran, manfaatkan sosial media untuk promosi dan memperkenalkan produk pada khalayak luas. Hal ini dikarenakan sosial media mampu menjangkau jutaan pengguna lainnya, sehingga peluang iklan terlihat menjadi lebih besar.

Baca Juga: Punya Bisnis Online? Yuk Kembangin Bisnisnya!

Apa Saja Kelebihan Membuka Usaha Kuliner?

Sobat LINE Bank kini telah mengetahui berbagai usaha makanan yang cocok untuk pemula. Inilah kelebihan yang dimiliki oleh sebuah bisnis kuliner dan tentunya akan menguntungkan untuk kamu:

1. Memiliki Peluang Besar

Makan adalah kebutuhan pokok manusia, baik berupa makanan berat maupun camilan. Oleh karenanya peluang yang tercipta pada usaha makanan lebih besar dibanding usaha lainnya. Kamu hanya perlu membuat strategi penjualan dan pemasaran yang baik agar produk kamu dikenal lebih banyak orang.

2. Target Pasar yang Luas

Tidak hanya memiliki segmentasi yang kecil, usaha makanan atau kuliner dapat dinikmati segala usia dan kalangan. Meski bukan target pasar yang diharapkan, namun semua orang mungkin saja tertarik untuk mencoba makanan dari bisnis yang Sobat LINE ciptakan.

Baca Juga: Peluang Usaha Menjanjikan 2022 Yang Bisa Kamu Coba!

Apa Saja Kekurangan Membuka Usaha Kuliner?

Meski demikian, ada kekurangan yang harus kamu pertimbangkan dengan matang. Berikut merupakan kekurangan membuka usaha kuliner agar pemilihan usaha dapat dipikirkan dengan matang:

1. Tingginya Jumlah Pesaing

Tingginya minat pada berbagai makanan juga menyebabkan jumlah pesaing yang meningkat. Sehingga kamu akan dituntut untuk terus berinovasi agar dapat menyuguhkan sesuatu yang baru dan unik dibandingkan bisnis kompetitor.

2. Jangka Waktu Bahan Makanan Terbatas

Hal yang paling merugikan saat membuka usaha makanan adalah kondisi bahan makanan yang hanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Sobat LINE Bank sebaiknya mempelajari terlebih dahulu cara penanganan dan pengelolaan makanan agar dapat bertahan dalam waktu tertentu untuk mengurangi limbah makanan. 

Nah, itu dia rekomendasi usaha makanan yang cocok untuk pemula. Apakah di antaranya ada yang menarik perhatianmu? Memiliki usaha sendiri yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan adalah bisnis yang paling baik dan sehat. 

Apabila Sobat LINE Bank membutuhkan pinjaman uang cepat cair yang mudah dan aman, LINE Bank dapat menjadi solusi yang tepat. Tidak perlu lagi mengkhawatirkan sumber modal, sebab LINE Bank memiliki kemudahan dapat proses pengajuan dengan pengiriman hasil yang cepat. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi LINE Bank dan nikmati pinjaman bebas bunga pada bulan pertama serta berbagai promo menarik lainnya.

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324