Ini Dia 6 Cara Menentukan Ide Usaha Modal Kecil untuk Gen-Z

Apakah Sobat LINE Bank sedang mencari ide usaha modal kecil untuk tambahan? Terdapat beberapa ide usaha yang dapat kamu eksplor sesuai dengan passion. Mulai dari berjualan online, bisnis kuliner, bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi, dan masih banyak lagi.

Mencari ide usaha tentu tidak mudah. Pasalnya, ide yang kamu tawarkan harus memberikan solusi bagi masyarakat. Sebab itu, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu, agar produk yang kamu tawarkan sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu Ide Usaha?

Ide usaha merupakan gagasan atau pemikiran baru dalam menciptakan suatu produk atau jasa. Gagasan ini dibuat untuk mencari sumber keuntungan dan peluang usaha yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk produk. 

Peluang usaha sendiri merupakan sebuah kesempatan yang muncul dari proses menjalankan usaha. Peluang ini muncul dari proses menganalisis pasar yang berpotensi memberikan keuntungan besar.

Ide usaha termasuk ke dalam instrumen penting untuk mengembangkan bisnis. Dalam mengevaluasi ide usaha, kamu perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua risiko yang mungkin terjadi. 

Seberapa Penting Menentukan Ide Usaha?

Penting sekali untuk Sobat LINE Bank menentukan ide usaha sebelum menerjemahkannya menjadi sebuah produk. Mengapa demikian? Karena sebuah ide usaha akan memberikan gambaran tentang inovasi dalam berwirausaha. Hal ini bahkan akan membantu perkembangan usaha kamu supaya tidak berhenti di tengah jalan, meski terjadi perubahan trend usaha.

Sebuah ide usaha juga akan membuat bisnis kamu semakin luas cakupannya. So, bisnis kamu tidak hanya akan terfokus pada satu bentuk usaha saja. Ide usaha pasti selalu bergandengan dengan peluang usaha. 

Peluang usaha dapat menciptakan pasar melalui kebutuhan trend. Sebab itu, peluang usaha juga merupakan komponen yang penting dalam menentukan ide usaha. Di sisi lain, peluang usaha diperlukan juga sebagai wadah untuk meningkatkan branding usaha yang akan kamu jalankan. 

Baca Juga: Mari Mengenal KTA, Mulai Dari Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Syaratnya 

Cara Menentukan Ide Usaha Modal Kecil?

Ide usaha modal kecil ini dapat kamu realisasikan secara mudah dan tepat dengan mengikuti tips yang telah dirangkum di bawah ini. Yuk simak secara saksama.

1. Melakukan Riset Usaha dan Produk

Apakah Sobat LINE Bank membutuhkan cara terukur dalam menentukan ide usaha? Jika ya, maka kamu harus melakukan riset usaha dan produk terlebih dahulu. Riset bisnis ini dapat kamu lakukan dengan bantuan teknologi digital. Misalnya, kamu dapat menyebarkan survey kepada calon pelanggan menggunakan form digital.

2. Menyerap Ide dari Masalah Orang Lain

Uniknya, ide usaha bisa datang dari mana saja, termasuk dengan menyerap ide dari masalah orang lain. Setiap masalah membutuhkan solusi. Di sini, kamu bisa hadir dengan menawarkan solusi melalui sebuah ide usaha. 

3. Belajar dari Kesuksesan Bisnis Orang Lain

Sobat LINE Bank dapat belajar dari bisnis yang sukses dan bertahan dalam kurun waktu yang lama. Kamu dapat menganalisis strategi bisnis dan gagasan yang diterapkan pada usaha tersebut. Namun, bukan berarti kamu menduplikasinya secara keseluruhan.

Kamu hanya perlu mengamati, meniru, dan memodifikasi usaha tersebut. Hal ini supaya bisnis yang akan kamu rintis memiliki perbedaan, mulai dari perbedaan ciri khas dan nilai jual. 

4. Belajar dari Kelemahan Kompetitor

Menemukan ide usaha dapat dilakukan dengan melihat kelemahan kompetitor. Kamu bisa mencatat berbagai keluhan yang disampaikan konsumen. Dari sini kamu bisa menciptakan bisnis baru yang lebih baik.

Baca Juga: Ide Nge-date yang Hemat dan Gak Kalah Romantis!

5. Mengikuti Perkembangan Trend

Ide usaha kamu harus bisa mengikuti perkembangan trend yang berkembang. Trend sendiri merupakan sesuatu yang diminati sekelompok orang dalam periode tertentu. Sebuah ide bisnis yang mengikuti trend berpeluang untuk digemari dan menjaring banyak konsumen.

6. Buat Ide Usaha Tetap Sederhana

Dalam menghindari kegagalan dalam berbisnis, kamu perlu membuat ide usaha yang sederhana tetapi memiliki tujuan yang jelas. Ide usaha yang rumit cenderung memberi tantangan yang lebih besar.

Rekomendasi Ide Usaha Modal Kecil untuk Jangka Panjang

Untuk Sobat LINE Bank yang sedang mencari ide usaha modal kecil untuk jangka panjang dan menjanjikan, mari simak rekomendasi ide usaha di bawah ini.

1. Bisnis Thrift Shop

Thrift shop merupakan usaha jual beli baju bekas yang masih layak pakai. Usaha ini cukup diminati oleh para pengusaha pemula, khususnya anak muda karena tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

2. Usaha Jasa Titip (Jastip)

Salah satu bisnis yang tergolong cukup baru di Indonesia, namun sangat diminati oleh banyak orang. Modal untuk memulai bisnis jastip ini pun tidak begitu besar. Jenis usaha jastip beragama, mulai dari jasa titip dari luar negeri hingga titip barang dari kota-kota besar. Barang yang paling laris untuk dititip belikan umumnya kosmetik, makanan, furniture, pakaian, hingga mainan anak.

3. Bisnis Reseller

Cara kerja bisnis reseller yaitu mempromosikan sebuah produk sebanyak mungkin. Jika ada yang terjual, maka kamu akan mendapat komisi. Siapa yang menyangka kalau ternyata ide bisnis modal minim sebagai reseller ini cukup digandrungi anak muda? Selain hanya mengelurakan modal kecil, bisnis ini memberikan penghasilan yang cukup lumayan.

Baca Juga: Begini 4 Cara Bisnis Online di Tengah Ketatnya Persaingan Bagi Kamu Si Pemula

4. Bisnis Waralaba

Jenis bisnis ini cukup populer di kalangan anak muda yang berstatus sebagai pebisnis pemula. Pasalnya, dengan mengeluarkan modal yang kecil, kamu akan mendapatkan pendapatan yang lumayan besar. Cara kerjanya, kamu hanya perlu menjual produk tanpa perlu memasarkan, karena produknya sudah dikenal luas.

5. Bisnis Kaus Pre-Order

Industri fashion memang tidak pernah mati dan selalu berkembang setiap tahunnya. Kalau kamu ingin memulai bisnis ini tanpa modal besar, bisa dengan menjalankan bisnis kaus pre-order. Pada sistem pre-order, kaus hanya akan diproduksi jika ada pelanggan yang berminat membeli. Kamu juga dapat menjualnya melalui media sosial atau platform toko online.

6. Makanan Ringan

Produk makanan memang seringkali dijadikan ide usaha modal kecil khususnya untuk makanan ringan. Walaupun ada banyak produk makanan ringan jenis baru yang muncul, minat masyarakat untuk mencobanya selalu besar. Hal itu artinya, peluang bisnisnya pun masih terbuka lebar. Apabila kamu ingin mencoba bisnis makanan ringan, yang wajib kamu perhatikan adalah kualitas dan keunikan produk. Kamu juga perlu memanfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk memasarkan produk sehingga penjualan semakin meningkat.

7. Frozen Food

Ide usaha modal kecil berikutnya yaitu membuka bisnis frozen food. Hampir sama dengan usaha makanan ringan, permintaan akan produk frozen food juga mengalami peningkatan apalagi di era pandemi saat ini. Hal itu terjadi sebab semakin banyak orang yang membutuhkan makanan secara praktis serta bisa disimpan dalam waktu lama di dalam freezer. Jenis produk makanan beku yang dapat kamu jual diantaranya seperti daging, sosis, nugget, kentang goreng, dan sebagainya.

8. Bisnis Laundry

Membuka jasa cuci laundry memang masih menjadi salah satu ide usaha modal kecil yang cukup menjanjikan. Dalam usaha laundry, modal yang dibutuhkan bergantung dari seberapa besar bisnis laundry yang dibangun. Bahkan, kamu pun dapat membuka usaha sampingan ini dari dalam rumah terlebih dahulu. Pemanfaatan teknologi mesin cuci terkini juga dapat kamu terapkan untuk mengembangkan bisnis lebih lebar lagi.

9. Katering Makanan

Semenjak status pandemi sudah mulai dicabut di beberapa negara termasuk Indonesia, banyak perusahaan dan sekolah yang memberlakukan kembali sistem offline. Oleh sebab itu, orang-orang yang tadinya memiliki waktu luang banyak di rumah untuk menyiapkan makanan, menjadi terbatas karena hal tersebut.

Katering dapat menjadi salah satu solusi mereka untuk bisa menjaga jadwal makannya, apalagi bagi mereka yang ingin menyantap makanan bergizi seimbang. Selain itu, semakin banyak orang yang mulai sadar akan kesehatan tubuhnya, dapat kamu jadikan juga jadikan sebagai peluang bisnis katering sehat.

10. Jasa Make-up Artist

Ide usaha modal kecil berikutnya yang bisa kamu coba khususnya bagi perempuan yang hobi merias wajah adalah membuka jasa make-up artist. Kamu bisa mencoba usaha ini dengan hanya bermodalkan peralatan make-up, bahan baku make-up, dan skil yang terampil untuk menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Bisnis ini dapat kamu tawarkan kepada orang-orang yang ingin menghadiri wisuda, pesta ulang tahun, atau acara pernikahan.

Nah, itu dia cara menentukan ide usaha modal kecil yang bisa Sobat LINE Bank lakukan. Kamu membutuhkan modal usaha? Tenang, LINE Bank hadir dengan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan proses pendaftaran mudah hanya dengan e-KTP.  Bahkan kamu bisa melakukan simulasi cicilan pinjaman harian dan bulanan. Tunggu apalagi? Yuk segera download aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277