Cari Cuan Tambahan? Ini Rekomendasi Ide Bisnis Online yang Bisa Kamu Coba dan Cara Melakukannya

Keberadaan pandemi membuat kamu bosan di rumah? Tidak ada aktivitas setelah belajar dan mengerjakan tugas? Membuka bisnis online bisa menjadi salah satu pilihan Sobat LINE Bank. Di artikel ini Sobat LINE Bank akan diajak mengetahui beberapa ide bisnis online yang bisa dicoba. 

Pasalnya membuka bisnis online tidak sulit seperti yang orang-orang katakan. Kamu tidak perlu mendapatkan gelar terlebih dahulu untuk membuka bisnis online. Kamu bisa belajar secara perlahan sambil melakukannya. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari cari tahu beberapa ide bisnis online yang bisa kamu lakukan. 

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Online?

Sebelum mengetahui apa saja pilihan bisnis online yang tersedia, apakah kamu tahu arti dari bisnis online itu sendiri? Benar! Bisnis online mengacu kepada kegiatan jual beli yang dilakukan dengan menggunakan media-media online

Produk yang dijual belikan tidak jauh berbeda dengan bisnis offline. Saat ini hampir seluruh produk bisa dijual secara online. Mulai dari barang elektronik, makanan, jasa, bahkan produk-produk digital juga termasuk di dalamnya. Media online yang digunakan juga sangat beragam. 

Ada banyak pebisnis yang berjualan dengan berbagai media online seperti media sosial —Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, LinkedIn, dan lain-lain—, e-commerce, dan website

Apa Saja Keuntungan Memiliki Bisnis Online?

Keberadaan teknologi yang memampukan bisnis untuk beroperasi secara online sebenarnya sangat menguntungkan. Bahkan memberikan keuntungan yang sangat besar loh. Keuntungan inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih membuka bisnis online daripada offline. Jadi apa saja daya tarik dari bisnis online?

1. Fleksibel

Keuntungan yang paling terasa oleh para pebisnis ialah fleksibilitasnya dalam mengatur bisnis. Fleksibel yang dimaksudkan ialah kamu bisa mengatur stok, merespons pelanggan, serta mengunggah produk dari mana saja dan kapan saja. 

Kamu bisa melakukannya di rumah atau saat perjalanan di dalam kereta. Bahkan tidak peduli dengan perangkat elektronik yang kamu gunakan. Kamu bisa melakukannya dengan komputer, laptop, atau tablet. Hanya punya ponsel? Tenang saja! Karena kamu tetap bisa melakukannya dengan bermodalkan ponsel. 

2. Menjangkau Pasar yang Luas

Dahulu bisnis hanya bisa menjangkau pelanggan di area tempat toko dibuka. Jika toko dibuka di wilayah A maka pelanggan yang dapat dijangkau hanya mereka yang tinggal di sekitar wilayah A. Sekarang dengan bisnis online seluruh wilayah dapat dijangkau. 

Batasan wilayah, provinsi, dan pulau bukan lagi masalah. Bahkan kamu dapat menjangkau pelanggan sampai luar negeri. Pasarnya sangat besar, bukan?

Baca Juga: Begini 4 Cara Bisnis Online di Tengah Ketatnya Persaingan Bagi Kamu Si Pemula

3. Modal Kecil

Membuka bisnis online juga jauh lebih murah. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk menyewa gedung atau membayar listrik dan air setiap bulannya. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan online. Sisanya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya produksi dan distribusi. 

Apa Saja Faktor Risiko yang Memengaruhi Bisnis Online?

Keuntungan yang diberikan bisnis online memang sangat memudahkan aktivitas jual beli. Namun risiko akan selalu ada apa pun media yang digunakan. 

Jika bisnis offline berisiko rugi karena toko dapat dibobol oleh pencuri maka bisnis juga memiliki risikonya sendiri. Berikut beberapa faktor risiko yang memengaruhi bisnis online

1. Keamanan

Membangun bisnis online tidak serta-merta membuat kamu santai karena pencuri tidak bisa mengambil barang. Ada bahaya lain yang perlu dihadapi, yakni hacker dan jasa pengiriman yang tidak bertanggung jawab. 

Jika kamu tidak menggunakan aplikasi keamanan untuk mencegah serangan cyber maka habislah sudah bisnis yang selama ini dibangun. Hacker bisa mencuri pendapatan yang kamu punya ketika berhasil mengetahui password rekening. 

Selain itu jasa pengiriman saat ini tidak sepenuhnya aman. Ada banyak kejadian saat jasa pengiriman tertangkap mencuri barang dan membuka paket pengiriman. Hal ini tentu memengaruhi kesuksesan kamu dalam berbisnis. Kerugian akibat data yang dicuri atau barang yang hilang menjadi masalah baru dalam bisnis online.

2. Peluang di Pasar

Banyaknya pebisnis yang melakukan bisnis secara online membuat peluang di pasar makin kecil. Persaingan yang harus kamu hadapi juga makin ketat. Hal ini membuat kamu sebagai pemula harus bekerja lebih keras untuk memikirkan strategi terbaik agar penjualan meningkat. 

Baca Juga: Viralnya Drama Korea Bisa Jadi Peluang Usaha?!

3. Penipuan

Kasus penipuan dalam bisnis online juga memengaruhi kepercayaan pelanggan. Hingga saat ini sudah sangat banyak penipuan yang dilakukan dalam bisnis online

Hal ini tentu berdampak pada pebisnis online lainnya yang berlaku jujur. Kepercayaan pelanggan langsung rusak karena takut kalau semua pebisnis melakukan hal yang sama. Akhirnya penjualan pun dapat menurun. 

Bagaimana Cara Menentukan Ide Bisnis Online?

Jabaran informasi mengenai faktor risiko di atas bukan untuk membuat kamu takut. Justru kamu jadi dapat menghindari atau mengatasi risiko tersebut ketika sudah memahaminya dengan baik. Apa yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya? 

Tentu saja dengan memberikan persiapan terbaik. Semua persiapan bisa dimulai saat kamu sudah menentukan ide bisnis online yang ingin dijalankan. Bingung menentukannya? Berikut beberapa cara melakukannya. 

1. Pilih Berdasarkan Ketertarikan

Kamu bisa menentukan bisnis yang ingin dijalankan berdasarkan ketertarikan terhadap suatu bidang. Jika kamu memiliki ketertarikan di bidang kecantikan maka menjual lipstik, eye shadow, foundation, dan produk lainnya dapat menjadi pilihan tepat. 

Pasalnya memilih berdasarkan ketertarikan akan membuat kamu lebih berkomitmen, disiplin, dan bersemangat dalam menjalankan bisnis. 

2. Lihat Peluangnya

Memilihnya berdasarkan ketertarikan tentu penting, tetapi jangan sampai lupa melihat peluang bisnis tersebut. Kalau peluangnya sangat kecil maka ada baiknya kamu tidak melanjutkan bisnis tersebut. Peluang yang kecil menunjukkan bahwa bisnis tidak akan bertahan lama. 

3. Tentukan Target Pelanggan yang Ingin Dituju

Selanjutnya tentukanlah target pelanggan yang kamu tuju. Apakah itu pelanggan kalangan bawah, menengah, atau atas. Cari tahu karakteristik pelanggan yang cocok dengan produk yang kamu jual. 

Saat target pelanggan jelas maka bisnis dapat berjalan ke proses selanjutnya. Di sisi lain saat kamu menemukan bahwa tidak ada target pelanggan yang cocok maka bisnis tersebut tidak perlu dilanjutkan.

Baca Juga: Ngaku Melek Finansial Tapi Belum Punya Hal Ini?

4. Cari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan pelanggan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan bisnis online yang tepat. Kebutuhan pelanggan menjadi aspek paling penting dalam membuka bisnis. 

Jika bisnis yang kamu jalankan tidak menjawab kebutuhan pelanggan maka sudah pasti produk tidak akan laku terjual. Jadi jangan pilih bisnis yang tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

5. Hitung Besaran Modal yang Dibutuhkan

Modal juga menjadi penentu paling penting dalam memilih bisnis. Ketika modal yang dihitung melebihi budget maka ada baiknya untuk tidak memilih bisnis tersebut. Cobalah memilih bisnis online lainnya yang sesuai dengan budget kamu. 

Rekomendasi Ide Bisnis Online yang Bisa Kamu Coba

Akhirnya sampai nih ke rekomendasi bisnis online yang bisa kamu coba. Sudah siap? Mari lihat beberapa rekomendasi ide bisnis online di bawah ini. 

1. Dropshipper dan Reseller

Ide jualan online pertama ialah dropshipper dan reseller. Keduanya tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu hanya perlu mencari supplier tepercaya serta yang memiliki barang berkualitas. Seperti makanan, produk kecantikan, aksesoris, dan sebagainya.

Sisanya kamu hanya perlu menyiapkan kreativitas dan kemampuan dalam membuat konten untuk diunggah ke berbagai media sosial. Perbedaan reseller dan dropshipper terdapat pada barang yang dijual. 

Reseller akan membeli beberapa barang dari supplier untuk nantinya dijual kembali. Sedangkan dropshipper tidak perlu melakukan pembelian barang apa pun. Dropshipper akan bekerja sebagai perantara antara supplier dan pelanggan. Jadi buat kamu yang tidak mau pusing dengan barang-barang yang ingin dijual, pilih saja dropshipper

2. Content Creator

Suka berbicara dan berbagi tips? Kamu dapat memilih ide bisnis online untuk pemula sebagai content creator. Seperti namanya, content creator tidak menjual barang layaknya reseller atau dropshipper. Mereka menjual konten yang dibuat sendiri. 

Konten yang dibuat beragam, baik berupa tulisan, suara, gambar atau video. Keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari adsense atau endorsement memasarkan produk. Makin banyak orang yang melihat kontenmu, makin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan. 

3. Kursus Online

Ide bisnis online selanjutnya ialah kursus. Membuka kursus online tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan materi, berlatih mengajar, dan memasarkannya. Tidak ada modal yang perlu dikeluarkan, bukan? 

Baca Juga: Mengenal Utang Baik atau Utang Produktif

4. Kerajinan Tangan

Menjual kerajinan tangan sendiri dapat menjadi bisnis online yang tepat. Kerajinan tangan apa yang sedang kamu tekuni? Merangkai bunga? Merajut? Atau membuat produk dari keramik? Menjual produk yang kamu buat sendiri akan lebih bermakna sekaligus menyenangkan. Kamu jadi tidak merasa tertekan atau stres berlebihan saat menjalankannya. 

5. Jasa Desain Grafis

Memiliki bakat di bidang desain dan grafik visual? Mungkin kamu bisa mencoba peruntungan membuka jasa desain grafis. Ide bisnis online ini sangat cocok bagi kamu yang berjiwa kreatif dan siapapun bisa mencobanya sebab tanpa mengharuskan adanya gelar pendidikan. Akan tetapi, bukan berarti hal itu membuat kamu tidak mengasah skil desain yang dimiliki.

Saat ini lingkup pekerjaan desain grafis semakin kompetitif. Maka dari itu, jangan ragu untuk terus mengembangkan skil desain melalui kursus online, membaca buku atau latihan secara rutin. Lalu yang terpenting juga, pastikan kamu memiliki portofolio yang dapat menjadi ciri khas.

6. Jasa Pembuatan Website

Tak dapat dipungkiri bahwa kini jasa pembuatan website telah menjadi salah satu ide bisnis online yang paling menguntungkan. Hal tersebut tentunya tak lepas dari pengguna internet di seluruh dunia khususnya di Indonesia yang semakin meningkat. , yang turut mengharuskan perusahaan dan entrepreneur untuk membangun reputasi mereka dalam bisnis online.

Dibanding pilihan lainnya di artikel ini, profesi menjadi web developer cenderung lebih rumit. Anda harus menguasai berbagai bahasa pemrograman, mulai dari JavaScript hingga Phyton. Bahkan Anda harus tahu cara melakukan maintenance website dan menerapkan strategi SEO.

Kini Sobat LINE Bank sudah mengetahui informasi dasar mengenai bisnis online. Tidak hanya itu, Sobat LINE Bank juga sudah melihat beberapa rekomendasi ide bisnis online yang bisa dicoba. Apakah kamu jadi merasa terinspirasi? Apakah ada satu bisnis yang ingin kamu coba? 

Jangan takut melangkah dan memulainya ya Sobat LINE Bank. Memulai bisnis memang tidak mudah tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Berikanlah persiapan terbaik yang bisa kamu lakukan agar bisnis dapat bertahan dan menjadi sukses. 

Namun dari semua persiapan yang ada, kesuksesan sebuah bisnis bergantung kepada bagaimana kamu mengatur keuangan. Pengaturan keuangan yang buruk dapat membuat bisnis kamu bangkrut tiba-tiba. Itu sebabnya LINE Bank hadir membawa solusi supaya pengaturan keuangan menjadi rapi dan teratur. 

Kamu bisa membuka tabungan di LINE Bank yang memiliki fitur multi rekening. Di sini, Sobat LINE Bank bisa membuka sebanyak 8 rekening sekaligus agar setiap uang yang masuk dapat langsung dipisah berdasarkan kategorinya masing-masing. 

Kamu jadi tidak perlu repot-repot menghitung setiap kali akan mengeluarkan uang. Tinggal pilih saja rekening apa yang ingin digunakan. Sangat mudah, bukan? Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi LINE Bank dan buka rekening tabungan kamu sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 308