Viralnya Drama Korea Bisa Jadi Peluang Usaha?!

Source: Prambors

Masuknya budaya Korea ke Indonesia atau sering disebut dengan “Halyu” berhasil menarik minat gen-z untuk menjadikan budaya Korea sebagai kiblat tren terkini. Hal ini juga membuka potensi market baru bagi pelaku usaha. 


Budaya Korea yang beragam masuk ke Indonesia mulai dari K-pop, K-drama, fashion, hingga K-food membuka banyak peluang usaha bagi masyarakat Indonesia. Bagi kamu yang suka menonton K-drama pasti sering melihat adegan dimana para pemerang sedang makan baik di restoran maupun jajanan street food pinggir jalan. Hal ini membuat keinginan para penonton K-Drama Indonesia meningkat untuk mencoba berbagai macam makanan yang ditunjukkan dalam film tersebut. 


Dengan memanfaatkan keinginan para penggemar K-Drama, banyak pelaku usaha memulai bisnis yang berhubungan dengan budaya Korea seperti Korean street food. Munculnya bisnis Korean street food yang ada di Indonesia dikarenakan tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap hal yang berbau Korea. Saat ini kamu bisa menemukan makanan maupun jajanan Korea lebih mudah di toko online maupun offline. 


Bagi kamu yang ingin mencoba peluang untuk membuka bisnis Korean street food baik online maupun offline, kamu bisa simak beberapa hal yang perlu dipersiapkan

1. Siapkan budget

Tentunya sebelum memulai bisnis apapun pastinya kita harus memiliki atau mempersiapkan budget untuk membangun suatu bisnis. Kalian bisa membuat list apa saja yang akan dibutuhkan untuk memulai bisnis Korean street food. Sesuaikan juga dengan metode jualan dan budget kalian. Misalnya, jika kalian ingin berjualan online terlebih dahulu tanpa ada toko fisiknya maka kalian tidak perlu menyiapkan budget untuk membeli gerobak, sewa toko atau tempat, pembayaran ATL, dan lainnya. Kalian cukup menyiapkan bahan-bahan makanan dan alat-alat untuk membuat makanan tersebut. 

Kalian juga bisa menjadi dropshipper atau reseller, modal menjadi dropshipper maupun reseller biasanya akan jauh lebih kecil daripada kalian memulai semuanya dari awal.

Namun jika kalian ingin membuat toko fisiknya maka kalian bisa mulai list keperluan yang akan dibutuhkan seperti, biaya sewa tempat, ATL, alat masak, bahan makanan, gerobak, maupun dekorasi yang akan meningkatkan keindahan toko kalian.

2. Survei lokasi 

Jika kalian ingin membuka toko maka kalian kalian harus melakukan survei lokasi. Dengan kalian melakukan survei lokasi terlebih dahulu, maka kalian akan tahu target pasar kalian itu seperti apa. Usahakan cari lokasi untuk toko kalian yang ramai dikunjungi atau dilewati oleh banyak orang.

3. Survei harga dan tetapkan harga

Setelah melakukan survei lokasi maka biasanya secara tidak langsung kalian juga akan mengetahui para harga para penjual disekitar lokasi sana. Jika kalian sudah mensurvei harga sekitar maka kalian bisa menetapkan harga untuk jualan kalian. 

Kalian tidak perlu memasang harga yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah, sesuaikan dengan target kantong pembeli kalian. 

Umumnya harga makanan Korean street food sekitar Rp 10.000 – Rp 25.000, tergantung daerah dan porsi makanannya. 

4. Buat media sosial untuk jualan kalian

Media sosial seperti Instagram, Tiktok, Twitter, dan lainnya merupakan platform yang sangat berguna untuk mendorong usaha kita. Dengan memiliki media sosial kita dapat menjangkau lebih banyak pembeli.

5. Promosi

Promosi merupakan salah satu tradisi yang sudah dilakukan berbagai macam orang saat baru membuka suatu bisnis. Promo, potongan harga, maupun diskon akan dilakukan di awal-awal pembukaan usaha mereka. Biasanya dengan adanya promo-promo yang menggiurkan maka aka nada banyak orang yang datang berkunjung.

Jangan lupa manfaatkan semaksimal mungkin setiap platform media sosial, e-commerce, dan aplikasi seperti Gojek dan Grab. Buat promosi semenarik dan sekreatif mungkin untuk menarik pengunjung. 

Sobat LINE Bank itulah beberapa tips bagi kalian yang ingin menjadikan sesuatu yang viral menjadi peluang bisnis cuan kamu! Jangan lupa jika kalian sudah memulai bisnis baru maka kalian harus membuat rekening baru untuk usaha kalian. rekening baru ini akan bermanfaat agar tidak tercampur dengan rekening tabungan biasa kalian. Agar uang yang mungkin seharusya digunakan untuk keperluan sehari-hari tidak akan terpakai untuk keperluan bisnis kalian.

Tidak perlu repot juga, kalian sekarang bisa buka rekening baru secara online dengan menggunakan aplikasi LINE Bank. Aplikasi LINE Bank bisa kalian download melalui Appstore dan Playstore. 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285