Mau Jadi Content Creator? Yuk Simak Tips Ini!

Hai sobat LINE Bank! 

Content creator merupakan seseorang yang membuat berbagai materi konten seperti tulisan, gambar, video, maupun gabunganya dimana hasilnya akan ditampilkan secara online. Biasanya konten yang dibuat mereka bertujuan untuk mempromosikan suatu bisnis, brand, atau bahkan diri mereka sendiri. Kamu bisa menemukan content creator di berbagai platform sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok, dan lainnya. 

Sekarang sudah banyak yang ingin mengikuti jejak ini, dan tentunya tidak selalu artis atau orang terkenal. Siapapun bisa menjadi content creator apabila mereka menciptakan suatu konten dan dibagikan secara online melalui banyak platform media sosial. 

Maraknya digital marketing yang makin melebar membuat banyak orang yang berlomba-lomba menjadi content creator. Dimana mereka juga dianggap penting bagi semua orang termasuk perusahaan besar. Sosial media baik Instagram, Tiktok, Twitter, dan lainnya semakin sering digunakan, ini membuat banyak perusahaan besar maupun start up ingin bekerjasama. Perusahaan maupun startup bekerjasama untuk promosi perusahaan dan meningkatkan awareness. 

Lalu sebenarnya pekerjaan mereka itu bagaimana?? Bagaimana jika kita ingin menjadi salah satunya?

Apa yang dikerjakan

Sesuai dengan artinya, mereka membuat konten yang sedang disukai oleh audiens maupun mengenai topik hangat. Biasanya konten yang dibuat bisa sesuatu yang bermanfaat, informatif, maupun menghibur bagi para audiens. 

Tentunya pembuatan konten yang berbobot dan dapat disukai oleh para audiens membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra. Mereka akan mengumpulkan berbagai informasi dan ide-ide untuk membuat suatu konten yang sesuai dengan dirinya maupun untuk pekerjaannya. 

1. Selalu update tentang hal yang sedang terjadi

Kalian harus selalu update dan memiliki pengetahuan yang luas tentang segala hal. Dengan selalu update kita akan lebih mudah untuk mengetahui konten apa yang relevan terhadap audiens maupun bidang kita. 

Misalnya, jika kamu merupakan content creator makanan maka kalian bisa mengikuti atau membuat konten makanan yang sedang tren.

2. Pelajari audiens 

Sebagai orang yang bekerja di dunia kreatif, audiens adalah salah satu faktor terpenting yang harus bisa kalian kuasai. Mempelajari karakteristik audiens kamu dimana diharapkan dengan mengerti audiens konten kamu akan lebih relevan dan menarik perhatian para audiens. Konten yang dibuat juga sebisa mungkin memenuhi keinginan dan kebutuhan para audiens. Ketahui target pasar kamu agar konten tetap selalu disukai oleh para audiens kamu.

3. Menulis dan membaca

Para content creator biasanya akan sering menulis dan membaca. Hal ini dikarenakan menurut mereka menulis dan membaca secara rutin dapat meningkatkan dan mengasah kemampuan mereka. Dengan sering menulis dan membaca mereka lebih mudah menciptakan suatu konten dan printilan ide yang terdapat dalam suatu konten. 

Atau terkadang mungkin disaat-saat yang tidak terduga, ide yang tiba-tiba terlintas bisa kamu tulis

4. Meningkatkan skill komunikasi

Sebagai content creator juga komunikasi merupakan salah satu aspek yang penting bagi kita. Dikarenakan content creator merupakan seseorang yang dapat membuat konten untuk menyampaikan sesuatu maka skill komunikasi diperlukan. 

Dalam suatu konten kominukasi juga bisa dalam berbagai bentuk salah satunya yaitu, audio maupun video. 

Kamu bisa mulai belajar secara perlahan meningkatkan cara kalian berkomunikasi dengan orang sekitar. Dengan belajar berkomunikasi baik, konten yang kamu berikan dapat terasa lebih real dari segi pandang para audiens. 

5. Networking

Semenjak pandemi bisa dikatakan jumlah content creator semakin banyak. Sebagai pemula yang ingin memasuki dunia content creator pasti tidak akan langsung memiliki audiens dan pengikut yang banyak seperti content creator lainnya. 

Mungkin kamu akan berpikir bagaimana cara mengalahkan mereka atau bersaing dengan mereka. Daripada memikirkan hal itu seharusnya sesama content creator saling memberikan semangat. Kamu bisa melakukan kolaborasi untuk meningkatkan audiens kalian. 

Kamu juga bisa mengikuti seminar maupun komunitas tentang content creator. Hal ini akan menambah teman, ide & inspirasi dalam pembuatan konten, dan kalian juga bisa mendapatkan informasi seputar dunia content creator. 

Nah itu dia Sobat LINE Bank, beberapa tips and trik yang bisa kamu terapkan dan pelajari untuk menjadi content creator. Untuk kamu para content creator maupun yang baru mau, bukalah rekening baru untuk memisahkan penghasilan yang didapatkan. Jangan campur penghasilan kalian dengan rekening biasa kalian. Dengan rekening baru kalian bisa menghitung pendapatan maupun pengeluaran sebagai content creator dengan mudah. Hal ini juga bisa membuat kamu belajar untuk mengelola keuangan sejak dini. Sekarang pembukaan rekening bisa dilakukan secara online dengan aplikasi LINE Bank.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295