Tips Jitu Menabung Dengan Gaji Pas-Pasan

Menabung merupakan kegiatan yang penting dilakukan oleh semua orang, termasuk yang sudah punya penghasilan. Maka itu, menabung harus menjadi salah satu prioritas utama. Namun, masih ada orang yang belum melakukan kegiatan yang satu ini. Walaupun sederhana, banyak dari mereka yang lebih memilih mengejar gaya hidup dan punya pengeluaran yang besar karena kebiasaan berbelanja dan hangout yang lebih diutamakan. Alhasil, pendapatan yang dipunya selalu tidak cukup untuk ditabung. 

Nah, sebenarnya banyak cara menabung sederhana yang bisa kamu ikuti, yang penting tujuan menabung sudah bisa dicapai. Berikut adalah beberapa tips yang dijamin berhasil membuat kamu mengumpulkan gaji untuk ditabung!

1. Menyisihkan uang di awal bulan 

Sebelum kamu menggunakan semua uang untuk belanja impulsif atau mengalokasikannya buat nongkrong, ada baiknya pertama- tama yang kamu lakukan adalah menyisihkan sebagian gajimu untuk ditabung. Belanja dan nongkrong bareng temen memang gak ada salahnya, kamu juga perlu melakukannya untuk refreshing, namun jangan sampai lupa buat nabung. Misalnya, jika kamu punya penghasilan 6 juta, coba sisihkan sekitar 1,5 diawal bulan dan disimpan di rekening yang berbeda, khusus buat nabung. 

2. Menabung rutin sedikit demi sedikit 

Kalau langsung menabung dalam jumlah besar rasanya susah buat kamu, coba lakukan cara yang satu ini, nabung sedikit per hari namun rutin. Misalnya, kamu bisa menabung 20ribu perhari. Nominal ini tentu lebih ringan, hanya seharga segelas kopi kekinian. Jika kamu hitung per minggu, kamu sudah bisa mengumpulkan 140ribu. Dalam sebulan, kamu sudah berhasil punya nominal 600ribu. Lumayan kan bisa menghemat sebanyak itu. Kalau berhasil, naikkan jumlah menabung per harinya supaya semakin semangat. 

3. Bawa uang secukupnya 

Setiap kamu akan hangout atau nongkrong bareng teman, jangan membawa uang terlalu banyak. Sebelum pergi, hitung dulu kira- kira pengeluaran yang bakal kamu lakukan ketika berada diluar. Misalnya, modal nongkrong sekali cukup dengan 100- 150ribu. Dengan kamu belajar melakukan ini, kamu bisa menekan pengeluaran yang terlalu banyak karena terlena punya banyak cash di dompet. 

4. Kurangi jajan diluar

Sadar gak sih, kebiasaan yang satu ini seringkali membuat keuangan kita bocor halus. Salah satu cara paling efektif yang sudah terbukti adalah membawa bekal ke kantor. Misalnya, dalam sehari kamu mengeluarkan 30 ribu untuk makan diluar, maka kamu sudah menghabiskan 600 ribuan. Dengan membawa bekal, uang ini bisa ditabung loh, terasa banget kan? Selain itu, membawa makanan dari rumah juga lebih sehat karena keluarga pasti lebih memperhatikan kebersihannya. 

5. Kurangi membawa kendaraan pribadi 

Jika tempat kamu bekerja dikelilingi dengan transportasi umum, kenapa tidak digunakan? Dengan membawa kendaraan pribadi, kamu menjadi lebih boros uang bensin loh. Uang bensin tersebut akan sangat terasa kalau ditabung. Jika kamu merasa naik kendaraan umum tidak enak, maka coba kurangi setengah-setengah saja, atau pilih di jam yang tidak terlalu padat, supaya gak perlu berdesakan. 

6. Memanfaatkan diskon sebaik mungkin

Biar semakin hemat dan nabung lebih banyak, manfaatkanlah diskon sebaik mungkin. Dengan adanya potongan, kamu jadi bisa menghemat dari pengeluaran yang lebih besar. Misalnya, kamu tengah mengincar sepatu yang kamu inginkan, coba aja tunggu ketika dia diskon baru dibeli. Dengan begitu selisih uang bisa kamu tabung deh. 

Gampang kan menabung? Asal kamu disiplin dan dilakukan dengan rutin, pasti bisa dicapai. Yuk, mulai nabung dari sekarang untuk masa depan!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295