Kelola Keuangan Bagi Pejuang Generasi Sandwich!

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang terjebak dalam situasi generasi sandwich. Beda dengan roti sandwich yang rasanya enak, menjadi generasi sandwich adalah tantangan berat yang harus dihadapi para milenial. Menjadi bagian generasi sandwich kamu harus menanggung beban biaya diri sendiri dan anggota keluarga.

Buat yang belum familiar, generasi ini adalah generasi dimana seorang dewasa harus menanggung hidup orang tua sekaligus anak-anak mereka. Tanggungan mereka akan menambah baik dari sisi finansial seperti tagihan, beban biaya sehari-hari, utang, cicilan, dan masih banyak lagi. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya generasi sandwich di keluarga kamu secara finansial. Salah satunya yaitu adanya rasa kekeluargaan yang erat, edukasi finansial yang masih kurang, tidak investasi, dan tuntutan sosial. 

Tentu menjadi bagian dari generasi sandwich bisa berpengaruh pada mengatur keuangan keluarga kamu. Kamu memerlukan cara mengatur keuangan yang paling jitu supaya bisa menghadapi generasi sandwich dengan baik. Berikut adalah tipsnya! 

1. Catat keuangan dan atur prioritas 

Kamu perlu mengatur keuangan supaya bisa tahu apa yang menjadi kebutuhanmu sebenarnya dan tidak mendahulukan keinginan. Menentukan prioritas perlu beberapa cara, misalnya kamu harus mengevaluasi pendapatan selama ini perbulannya. Maka dari itu, catatan keuangan itu penting sekali untuk mengatur prioritas keuangan kamu. Setelah mencocokkan catatan dengan pendapatan, sekarang kamu bisa mengatur pos-pos pengeluaran. Kamu bisa membedakan antara kebutuhan sehari hari, pendidikan, tabungan, dana darurat, dan keinginan yang ingin kamu punyai. 

2. Menabung 

Salah satu hal penting yang harus kamu siapkan sejak dini adalah menabung. Walaupun tidak akan terasa manfaatnya sekarang, kelak nanti pasti kamu akan mendapatkan hasil dari menabung. Tidak masalah jika kamu tidak bisa menabung dalam jumlah yang besar, namun kamu bisa menyicil sedikit-sedikit tabunganmu supaya terkumpul. Jika kamu ingin menabung dalam waktu yang ditentukan, cobalah pasang target dalam menabung supaya bisa tercapai dengan cepat. Evaluasi pendapatan dan pengeluaran perbulan supaya bisa tahu berapa besar tabungan yang bisa dikumpulkan. Dengan menabung, kamu bisa lebih lega karena mempunyai pegangan uang 

3. Menyiapkan dana darurat 

Seperti yang kita ketahui, didalam hidup akan selalu ada kejadian tidak terduga, bisa saja itu menghabiskan banyak uang. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan dana darurat. Dana darurat fungsinya adalah membantu kamu disaat waktu yang tidak terduga. Dana darurat bisa kamu gunakan disaat smartphone atau laptop rusak, ada yang bocor di rumah,maupun jika ada kecelakaan. Nah, ada beberapa perhitungan khusus untuk dana darurat, jadi kamu sesuaikan dengan keadaan saat ini ya! 

4. Menyiapkan dana asuransi dan pensiun

Kesehatan itu sangat penting dalam hidup supaya kamu bisa terus produktif dan mencukupi semua kebutuhan dan pengeluaran bukan? Maka itu kamu memerlukan asuransi jiwa atau kesehatan untuk mendukungnya. Asuransi punya banyak macamnya, namun ada baiknya kepala keluarga mengambil asuransi jiwa dan sisanya asuransi kesehatan. Selain asuransi, kamu juga perlu memiliki dana pensiun untuk di hari tua. Tentu kamu tidak ingin anak-anakmu nanti merasakan jadi generasi sandwich, maka dari itu mengumpulkan dana pensiun penting sekali. Persiapkan rencana dana pensiun yang matang dan atur keuangan sebaik mungkin. 

Menjadi generasi sandwich tentunya tidak mudah. Namun kamu bisa melewati dan memutusnya dengan mengatur keuangan dan melakukan beberapa tips diatas dengan baik. Jangan lupa untuk selalu disiplin dan konsisten ya! 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328