Financial Freedom Sebelum 30, Begini Caranya!

Financial freedom

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah financial freedom. Istilahnya memang keren banget guys, berhubungan dengan kebebasan finansial. Bagi kamu yang masih bingung apa sih financial freedom itu, sederhananya financial freedom adalah kondisi dimana kamu sudah mempunyai kekayaan yang cukup dan kamu tidak perlu lagi mencari uang karena uang yang akan datang untuk mencukupi kebutuhan kamu. Wah, semakin menarik!

Bagi kamu yang pengen banget mencapai financial freedom sebelum berumur 30 tahun sebenarnya bukan sebuah hal yang sangat sulit untuk diwujudkan loh. Bekal pertama yang harus kamu punya adalah komitmen dengan diri sendiri. Kemudian, kamu harus yakin dan berjuang untuk mencapai financial freedom-mu. 

Sudah siap? Yuk cek tips dibawah ini agar kamu lebih cepat mencapai kebebasan finansial: 

1. Evaluasi Finansial Kamu 

Tentunya sebelum mencapai financial freedom ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, salah satunya yaitu evaluasi financial kamu. Sebelum memulai, ada baiknya untuk melihat lebih dalam lagi bagaimana kondisi keuanganmu sekarang ini. Yang paling penting dari financial freedom adalah kamu harus bisa menutupi semua pengeluaranmu. Nah, kamu harus sudah mulai menghitung berapa pengeluaranmu rutinmu. Jika kamu masih belum bisa menutupi semua pengeluaran, berarti kamu harus mengevaluasi ulang masih butuh berapakah untuk mencukupi semua kebutuhan kamu. Dengan melakukan step ini, maka kamu sudah one step ahead untuk mencapai financial freedom sebelum kamu umur 30!

2. Jika Masih Mempunyai Utang, Lunasi Terlebih Dahulu 

Nah, bagi kamu yang masih mencicil atau punya hutang yang belum lunas, ayo semangat menyelesaikannya terlebih dahulu. Ini bisa menjadi penghalang ketika kamu ingin mencapai financial freedom. Lunasi satu per satu supaya kamu tidak kewalahan, sembari mengatur keuanganmu. Dengan melunasi utang maupun cicilan yang ada, khususnya yang bersifat konsumtif secara tidak langsung kamu belajar untuk mengatur keuangan dengan menahan keinginan dan mendahulukan prioritas.

3. Tentukan Target 

Mencapai financial freedom tentunya bukan hal yang mudah, namun bukan bearti suatu hal yang mustahil untuk dicapai. Untuk membuat kamu semakin semangat mencapai financial freedom, buatlah target untuk dirimu sendiri. Misalnya, bulan ini kamu punya target harus mengurangi pengeluaran sebanyak 30%. Bulan depan kamu ingin menabung dari pendapatan sebanyak 20% dan seterusnya. Target ini membantu kamu untuk melatih diri supaya lebih disiplin lagi dan lebih cepat mencapai apa yang dituju. Kamu juga bisa menargetkan dirimu untuk lebih sering menabung tiap bulannya kok, jadi jika memang pengeluaran kamu belum bisa untuk di kurangi, mulailah untuk menambah porsi menabungmu!

4. Membuat Rencana Keuangan 

Demi mencapai cita-cita financial freedom, penting untuk kamu mempunyai rencana keuangan yang matang. Rencana keuangan bisa menjadi laporan bagi kamu, untuk melihat bagaimana keadaan keuanganmu saat ini, apakah sudah sesuai dengan rencana selama ini, atau malah tidak sesuai dengan yang ditentukan. 

5. Menambah Pemasukan 

Kamu bisa menambah pendapatan dengan membuat bisnis kecil atau rumahan dengan modal yang tidak besar, namun bisa mendatangkan keuntungan besar untuk kamu. Besarnya platform media sosial sekarang bisa kamu manfaatkan dengan maksimal loh guys. Kamu bisa mencoba beberapa ide bisnis yang tengah popular, contohnya kuliner, freelancer yang menyediakan jasa menulis, fotografi, dan sebagainya. Menambah pemasukan juga bisa menjadi salah satu antisipasi kamu apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. 

6. Investasi 

Seperti yang kita ketahui bersama, investasi memang mendatangkan banyak keuntungan. Opsi ini boleh dipilih bagi kamu yang ingin mencapai financial freedom lebih cepat, karena investasi lebih cepat membawa profit dibandingkan menabung saja. Beberapa investasi yang bisa kamu coba adalah reksadana, investasi emas, saham, atau properti. Sebelum memulai investasi, cek keuangan mu sekali lagi dan risiko apa yang harus kamu perhatikan. 

Ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai cita-cita financial freedom sebelum memasuki 30 tahun. Memulai dengan tekad yang bulat dan disiplin dengan dirimu sendiri akan membuat kamu lebih yakin dalam mencapai tujuan kebebasan finansial kamu lebih cepat. Semua tidak ada yang sulit jika kamu juga yakin dengan target yang akan kamu capai.  

Yuk capai financial freedom dengan #CaraLain bersama LINE Bank! Kamu bisa manfaatin fitur multiple savings hingga deposito untuk mempermudah kamu dalam mengatur rencana keuangan dan investasi!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285