Menabung Efektif di Tengah Pandemi. Begini Caranya!

Seringkali kita mendengar banyak cerita susahnya mengatur keuangan ditengah pandemi yang masih berlangsung dan kemudian berdampak pada krisis keuangan pribadi. Perkantoran yang masih menjalankan system Work From Home juga memberikan imbas kepada beberapa karyawan dengan adanya PHK dan pengurangan gaji. 

Hal ini menjadikan mengatur keuangan dimasa pandemi merupakan tantangan bagi semua orang. Banyak dari mereka yang mulai memotong budget pengeluaran dan mulai menabung. Agar menabung tetap efektif di tengah pandemi, simak tips berikut ini: 

Evaluasi keuangan 

Sebelum mulai menabung, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengevaluasi sendiri keuanganmu saat ini. Baik dari segi pendapatan maupun pengeluaran kamu, evaluasi secara rinci ya! Hitung alur keuanganmu, kemudian buat evaluasi keuangan setelah pandemi bila kamu mengalami penururan pendapatan atau pengurangan. Nah, disaat evaluasi baiknya kamu melihat mana pos yang bisa dikurangi atau bisa kamu alihkan ke pos yang lebih penting. Misalnya, karena sekarang kamu lebih banyak beraktifitas dirumah, maka alangkah baiknya pengeluaran untuk hangout dan belanja dialokasikan untuk hal lain. Bisa untuk dana darurat atau masukkan ke asuransi kesehatan karena penting sekali disaat pandemi seperti ini. 

Jangan menambah hutang

Disaat keadaan kurang menentu seperti ini, sebaiknya jangan lagi menambah beban didalam keuanganmu. Kurangi belanja dan melihat-lihat keinginan yang belum tersampaikan di saat seperti ini. Mungkin disaat ini tidak ada masalah ketika kamu membuat hutang atau cicilan, tetapi kamu tidak akan tahu keadaan kedepannya. Lebih baik tunggu dulu saat yang tepat dan keuangan sudah stabil, baru deh wujudkan wishlist! 

Masak makanan dirumah sendiri

Supaya semakin hemat, jangan manfaatkan aplikasi delivery makanan guys, lebih baik masak sendiri dirumah. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan disaat pandemi seperti ini loh, Sobat LINE Bank. Selain lebih hemat, masak sendiri akan lebih sehat dan terjamin karena kamu sendiri yang memasak masakanmu. Kalau kamu belum bisa memasak dengan baik, manfaatkan resep atau menonton video tutorial memasak dari Youtube. 

Membeli bahan makanan sederhana

Jika biasanya kamu menggunakan bahan-bahan premium untuk menunjang kebutuhan perutmu. Cobalah untuk menurunkan sedikit dengan menggunakan bahan yang sederhana namun segar. Jangan membeli bahan makanan mewah disaat pandemi seperti ini. Alangkah baiknya kamu mengalihkan keuanganmu untuk lebih banyak menabung dan melakukan investasi dengan resiko kecil. 

Manfaatkan promo dan diskon

Seperti yang kita tahu, banyak pihak yang mengadakan promo dan diskon ditengah pandemi supaya penjualan tetap bisa berjalan. Nah, dalam menyediakan kebutuhan untuk dirimu dan keluarga, coba sesuaikan dengan promo yang ada supaya kamu semakin untung! Tetapi ingat jangan sampai kamu tergiur dengan segala diskon yang ditawarkan ya!

Mencari penghasilan tambahan

Cara ini bisa kamu lakukan dengan membuat online shop misalnya, dengan menjadi reseller atau dropshipper yang tidak memerlukan modal besar. Kamu juga bisa menjadi freelancer disaat seperti ini, kamu bisa menjadi copywriter atau content writing. Penghasilan tambahan ini nantinya bisa kamu khususkan untuk tabungan dimasa pandemi penghasilannya. 

Nah, setelah melihat cara-cara diatas, kamu mau mempraktekkan yang mana nih? 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 311