Tips Menggunakan Kartu Debit Buat Generasi Milenial

Banner Tips Kartu Debit

Di zaman yang semakin maju ini, Gen-Z hingga millenial cenderung memilih cara pembayaran yang praktis & mudah dibanding bertransaksi menggunakan uang tunai. Metode pembayaran praktis yang saat ini sering digunakan adalah pembayaran cashless, atau menggunakan kartu kredit dan kartu debit. Pembayaran jenis ini sebenarnya juga membantu para generasi milenial untuk terhindar dari kejahatan karena membawa uang tunai terlalu besar. Dengan menggunakan kedua kartu ini, segala urusan pembayaran lebih mudah dilakukan. Mungkin banyak diantara Gen-Z atau milenial yang masih bimbang harus menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Sebagian milenial juga masih enggan memiliki keduanya. Biar generasi milenial juga bisa berbelanja dengan tenang, yuk perhatikan tips dibawah ini buat membantu pertimbanganmu!

Waktu pembayaran

Transaksi Debit

Kalau dilihat dari waktu pembayarannya, kedua jenis kartu ini punya perbedaan yang sangat signifikan, milenials. Karena jika kita menggunakan kartu kredit, transaksi untuk belanja bisa kita bayar nanti, tetapi barangnya bisa kamu bawa pulang sekarang. Transaksi juga bisa dibayar secara full atau dengan cara cicilan. Namun, jumlah transaksi yang bisa kamu gunakan harus diatur sesuai dengan limit yang berlaku ya! Ingin belanja dengan jumlah besar dan tidak ingin membayar dulu langsung, bisa menggunakan kartu kredit yang bisa kamu ibaratkan hutang. Sedangkan kartu debit kamu harus membayar saat itu juga. Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit hanya memberikanmu fasilitas untuk menggunakan uang sesuai dengan besar tabungan. Namun, jika kamu menggunakan kartu debit kamu tidak perlu memikirkan hutang karena langsung dibayar saat itu juga.

Kemudahan dalam berbelanja

Kemudahan Belanja dengan Kartu

Dari segi kemudahan, kartu kredit lebih mudah digunakan untuk berbelanja karena lebih bisa digunakan di banyak tempat dibandingkan kartu debit. Jika kamu sering bepergian atau travel, maka kartu kredit adalah kartu yang lebih cocok digunakan ketika belanja. Selain itu, program cicilan juga bisa digunakan meskipun transaksi tidak dilakukan di negara asalmu ya. Selain itu, kartu kredit juga lebih banyak promo, misalnya cashback, promo merchant dan sebagainya. Kartu kredit juga mudah digunakan untuk belanja online guys, apalagi jika pembayaran yang dilakukan jumlahnya tidak sedikit. Kartu debit saat ini sudah bisa digunakan, tetapi tidak seluas kartu kredit. Selain itu, untuk transaksi belanja langsung, biasanya kartu debit bisa digunakan jika ada mesin EDC yang mendukung.

Pastikan Saldo Mencukupi
Pembayaran Supermarket dengan Debit

Kartu debit itu harus ada saldo ya, milenials! Biasanya, kartu debit mengharuskan kamu membuka rekening agar bisa digunakan, karena kartu ini juga sebagai tabungan buat kamu nih. Jangan lupa, kamu bisa mengajukan kartu debit dengan design LINE Character di LINE Bank! Belanja di dalam negri atau luar negri pasti lebih praktis dengan kartu debit VISA. Kamu juga bisa menikmati layanan bebas biaya tarik tunai di ATM mana saja.

Yuk! Mulai #CaraLain ngebank dengan LINE Bank. Download disini!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285