Puasa Malah Bikin Keuangan Jadi Makin Boros?

Selamat menunaikan ibadah puasa Sobat LINE Bank!

Bulan suci Ramadan tahun ini lagi-lagi harus dijalani di tengah-tengah kondisi pandemi. Memang tidak banyak yang berubah, baik dalam kondisi pandemi maupun tidak. Salah satu perbedaan yang dapat dirasakan saat ini yaitu naiknya harga beberapa bahan pokok.

Tentunya tidak semua orang bisa mengikuti perubahan ini secara langsung. Bahkan ada yang menolak dan meminta untuk penurunan kembali. Tetapi daripada kita kebingungan mengatasi hal ini yang memang di luar kendali kita. Alangkah baiknya kita mencari alternatif lain loh Sobat LINE Bank~

Jangan menggunakan alasan apapun untuk menjadi boros. Karena walaupun harga sedang mengalami kenaikan, kita kan juga bisa menggunakan cara lain! Karena bulan suci ini bukan bulan yang datang secara tiba-tiba, maka kamu lebih bisa mengaturnya bukan?

Walaupun harga naik, bukan berarti pengeluaran kamu harus naik bahkan menjadi boros. Karena itu kamu harus bisa mengatur financial kamu secara bijak dan sesuai ya. Dengan mengatur keuangan maka kamu tidak lagi perlu pusing memikirkan tentang hal ini. 

Walaupun memang tidak mudah mengatur keuangan karena terkadang keinginan kita yang membludak. Namun jika tidak dipelajari dari sekarang, maka kamu di masa yang akan mendatang akan kesusahaan. Sebelum melakukan pembelian ini itu dan lainnya analisislah terlebih dahulu kondisi keuanganmu. Hitunglah pemasukan dan pengeluaran kamu biasanya. Cara ini agar kamu mengetahui dan menghindari lebih besar pasak daripada tiang.

Dari sini tentu kamu ingin surplus bukan, jika surplus maka pertahankanlah kondisi keuanganmu. Namun jika sebaliknya, berarti kamu harus meninjau ulang pengeluaran yang kamu lakukan. Memang sulit, tapi demi kondisi keuangan yang lebih baik dan tidak boros kamu harus melakukannya ya!

Lalu sebenarnya apa sih yang bisa membuat kita boros selama bulan puasa ini? 

Ngabuburit

Ngabuburit sendiri merupakan kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya banyak kegiatan maupun aktivitas yang dapat dilakukan. Mulai dari jalan-jalan, bersantai, menyiapkan makanan untuk berbuka, maupun lainnya. 

Kegiatan ngabuburit tentu hal yang sangat umum dilakukan oleh semua orang. Tapi Sobat LINE Bank tahu nggak nyatanya kegiatan ini bisa bikin kamu malah boros loh. Misalnya, alih-alih kamu menunggu maghrib dengan melakukan aktivitas berarti, kamu malah mengikuti keinginan yang mengharuskan kamu mengeluarkan sejumlah uang. Misalnya kamu malah nonton bioskop untuk memakan waktu. Lalu pergi belanja, main game online, bahkan tergiur promo ramadhan. 

Apalagi kalau kamu kalap mata, wah yang ada makin boros nih kamu selama bulan puasa ini. 

Buka puasa

Eits gausah kaget kenapa buka puasa jadi salah satu hal yang bikin kamu boros. Karena umumnya menjelang puasa ada aja nih kegiatan bersama yang ingin dilakukan. Buka puasa bersama tentunya sangat menyenangkan bukan, makan bersama sekalian ngobrol bersama teman maupun keluarga. 

Namun, kalau kamu buka puasa selalu di luar dan hampir setiap hari dilakukan. Maka buka puasa seperti ini bisa bikin cashflow kamu berantakan loh!

“Loh tapi kan itu kegiatan wajar yang pasti dilakukan saat Ramadhan?!”

“Masa Ramadhan harus diem-diem aja dirumah?”

Nggak kok Sobat LINE Bank! Tenang aja! Karena itu LINE Bank bakalan kasih kamu beberapa cara biar bulan Ramadhan kamu main berarti dan free nih! Anti boros club, tapi nggak jadi anak ansos juga yang karena hemat harus menderita!

Coba ya simak beberapa cara ini biar kamu bisa mengatur keuangan saat bulan puasa ini. 

Evaluasi keuangan kamu

Sudah berkali-kali melewati bulan puasa, masa kamu mau keuangan kamu selalu mines? Nah biar kamu nggak harus terus-menerus mengalami “kebocoran”, ada baiknya kamu mengevaluasi keuangan kamu sekarang juga. Tidak apa-apa kok, kalau kamu telat, asalkan tetap dilakukan ya! 

Kamu bisa mengevaluasi keuangan kamu dimulai dari mengetahui pengeluaran apa saja yang sering kamu lakukan. Misalnya makan, transportasi, beli bahan pokok, dan lainnya. Nggak cuman itu, karena tahun ini sudah diperbolehkan mudik, maka biaya mudik bisa kamu include juga ya.

Setelah itu, kamu bisa mulai membuat prioritas dari catatan tadi. Misalnya pengeluaran yang bersifat konsumtif, bisa kamu tulis tidak urgent atau bukan prioritas utama. Hal ini agar pengeluaran kamu tidak mengalami ‘kebocoran’. Kamu juga bisa mengetahui pengeluaran mana saja yang ternyata terlalu besar dan dapat dikurangi.

Baca juga: Manfaat Mencatat Pengeluaran Bulanan!

Siapkan diri saat harga naik

Tentunya kita semua tahu biasanya menjelang bulan suci Ramadhan ini harga-harga akan naik. Karena itu, kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu nih. Walaupun sudah melewati beberapa hari puasa, tidak ada kata terlambat kok! Karena itu jika kamu memang sudah membeli bahan-bahan ataupun keperluan selama puasa, perhatikan penyimpanannya ya. 

Barang dan keperluan yang sudah kamu beli jangan sampai terbuang percuma tanpa sempat digunakan. Misalnya kamu sudah berbelanja bahan makanan untuk berbuka dan sahur. Alangkah baiknya kamu mengetahui bagaimana cara menyimpan bahan-bahan ini semuanya agar tahan lama.

Dengan begini maka kamu tidak akan mengeluarkan uang berlebih apabila ada bahan yang rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Kamu juga bisa menyiapkan anggaran per minggu bila ingin lebih mudah. Anggaran dan daftar belanja ini akan lebih memudahkan kamu loh.

Pergunakan THR dengan baik dan coba cari penghasilan tambahan

Karena bulan puasa identik dengan turunnya THR, pastinya akan sangat menyenangkan. Tidak sedikit yang menggunakan THR untuk membeli ini itu, jajan, dan hal lainnya. Tentu tidak masalah, namun alangkah baiknya kamu menggunakannya dengan bijak.

Misalnya dari THR itu, kamu sisihkan sebesar 50% untuk ditabung dan diinvestasikan. 20% untuk sedekah dan berbagi, dan sisanya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan maupun keinginan kamu. Kamu juga bisa menempatkan THR kamu di deposito loh. Tentunya hal ini akan lebih baik lagi karena kamu bisa mendapatkan bunganya. Di LINE Bank kamu bisa mendapatkan bunga sebesar 4.5% p.a. 

Selain itu kamu bisa juga loh memanfaatkan momentum bulan puasa ini dengan mencari penghasilan lain. Misalnya kamu yang suka memasak, cobalah berjualan takjil atau frozen food untuk bukber atau sahur. Lalu bagi kamu yang suka mendesain, kamu bisa menjadi freelancer di berbagai tempat. Karena saat bulan Ramadhan banyak toko online maupun offline yang mengadakan promo besar-besaran. Kamu bisa menjadi freelancer untuk mendesain poster atau iklan mereka. 

Jadi, saat puasa ini kamu merupakan pribadi yang boros atau enggak nih? Coba share pendapat kamu yuk di kolom komentar ini! Jangan lupa tetap semangat menjalani puasa ya Sobat LINE Bank~

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295