Cari Tahu Yuk Manfaat Mencatat Pengeluaran Bulanan!

Sobat LINE Bank!

Bagi kamu yang Gen Z maupun milenial pasti sekarang udah tahu banyak banget cara yang ada dan bisa dilakuin untuk menjaga kondisi keuangan biar tetap aman? Umumnya untuk menjaga kondisi keuangan pasti tidak jauh-jauh dengan mencatat seluruh pengeluaran dan pendapatan dan membuat anggaran. 

Mencaatat dan membuat anggaran perbulan sangat bermanfaat loh Sobat LINE Bank, apalagi kalau sudah mendekati hari gajian. Dimana biasanya banyak orang yang setelah menerima gaji akan langsung digunakan untuk berbagai keperluan mereka maupun belanja berkedok self reward. Padahal setiap pengeluaran maupun pendapatan yang kita terima dan kita keluarkan harus kita catat agar arus keuangan kita tetap lancar. 

Gen Z dan milenial mungkin masih ada yang bingung kenapa harus mengatur keuangan dengan cara mencatat seluruh pendapatan dan pengeluaran padahal belum memiliki keluarga maupun tanggungan apapun. Nyatanya mengatur keuangan itu tidak hanya diwajibkan kepada mereka yang sudah memiliki keluarga maupun tanggungan aja loh Sobat LINE Bank. Bagi kita yang masih milenial maupun Gen Z juga seharusnya sudah belajar mengatur keuangan sendiri sedari sekarang loh. 

Jadi sebenarnya apa saja manfaat mencatat anggaran belanja bulanan buat kita nih Sobat LINE Bank? Yu simak bareng-bareng beberapa manfaatnya!

Jadi tahu pengeluaran harian

Kalau selama ini kamu suka berpikir, kemana aja ya uangku selama ini dihabiskan, dengan mencatat pengeluaran harian kamu tidak perlu bingung lagi karena bisa dikira- kira. Dari pengeluaran harian yang kamu catat kamu juga jadi tau loh cash flow kalian sebenernya udah baik apa belum. Kamu juga bisa mencegah kebocoran keuangan kalian atau mencegah agar pengeluaran kamu nggak melbihi pendapatan kamu di bulan ini. 

Jika ternyata kamu pernah mengalami kebocoran keuangan ini, maka dari catatan harian kamu maupun perbulan, kamu bisa mengatur ulang keuangan di bulan depan. Kamu akan mengetahui pengeluaran mana saja yang sebenarnya bisa ditunda terlebih dahulu dan kebutuhan mana saja yang harus diutamakan Sobat LINE Bank.

Keuangan jadi makin teratur

Karena udah tau kemana saja uang kamu akan dihabiskan, kamu jadi bisa mengatur pengeluaran sendiri, apa yang harus dibeli dan tidak. Dengan melakukan ini, lama- lama pengeluaran jadi teratur dan gak berantakan deh. Dari sini kamu juga udah bisa nih mulai tentuin tujuan keuangan kamu apa aja, misalnya mau beli rumah, mobil, menikah, menyiapkan dana darurat, dana pensiun, dana pendidikan, modal bisnis, dan lainnya. 

Keuangan yang teratur pasti membuat kita menjadi lebih mudah dalam mencapai tujuan keuangan kita satu persatu. Karena kita juga sudah mencatat pengeluaran dan pendapatan sehingga dari sini kamu bisa mendapatkan gambaran keuangan kamu. Kamu bisa membatasi atau memberikan anggaran untuk uang yang akan kamu tabung, untuk cicilan, dan lainnya. 

Lebih hemat

Jika pengeluaran udah bisa ditekan dengan teratur, kamu jadi lebih tidak boros. Uang yang tadinya kamu gunakan untuk belanja bisa diganti menjadi menabung atau investasi. Ini penting banget loh Sobat LINE Bank, jadi selain kamu menabung, berinvestasi juga perlu banget. 

Hal ini agar uang bisa bekerja untuk kamu dan nggak selalu kamu yang bekerja untuk uang. Untuk pemula kamu bisa menggunakan deposito maupun reksadana yang risikonya kecil Sobat LINE Bank. sesuaikan dengan profil risiko kamu dan mulai cari investasi yang cocok sama diri kamu apa.

Nah itu dia Sobat LINE Bank beberapa manfaat dari mencatat pengeluaran. Kamu juga bisa membuka deposito dengan LINE Bank dan dapetin bunga 4.5%* p.a loh! Yuk download LINE Bank sekarang.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285