Ramadhan Berkah, Dompet Tetap Aman~

Marhaban ya Ramadhan Sobat LINE Bank!

Pada bulan yang suci ini, umat Muslim sangat giat untuk menabung pahala dengan menjalankan puasa dan tentunya ibadah lainnya. Bulan suci Ramadhan ini sangat ditunggu-tunggu dan merupakan bulan penting untuk umat Muslim di seluruh dunia. Karena itu, setiap umatnya sangat mempersiapkan diri dalam menjelang bulan Ramadhan ini. Tentu persiapan yang dilakukan beragam, mulai dari berbelanja pakaian, menyiapkan menu sahur dan berbuka, mental, fisik, dan lainnya. Tapi, sebenarnya tidak hanya itu saja loh Sobat LINE Bank yang harus dipersiapkan, kamu juga harus mempersiapkan dan memperhatikan kondisi keuangan kamu selama di bulan Ramadhan ini.

Entah semenjak kapan, namun kerap kali saat bulan Ramadhan tiba, pengeluaran akan semakin banyak. Awalnya ingin berhemat, dengan masak dan makan dirumah saja. Nyatanya, banyak teman lama, keluarga, pacar, hingga teman kantor mengajak untuk bukber alias buka bareng. Tidak hanya itu, karena banyaknya promo spesial saat bulan Ramadhan membuat kita jadi ingin membeli ini dan itu. Bukannya hemat, eh malah jadi semakin kering dompet selama bulan suci ini.

Lalu bagaimana nih caranya biar kamu bisa hemat dan melakukan semua yang kamu inginkan? Buat yang penasaran, sebelumnya LINE Bank bakalan kasih tahu ke kamu beberapa hal nih. Hemat ataupun mengatur keuangan kamu itu bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apapun. Tidak makan, tidak jalan-jalan, tidak self-reward, hingga membuat diri menjadi menderita ya! 

Inti dari mengatur keuangan atau financial kamu yaitu kontrol diri kamu. Jangan sampai mengatur keuangan menjadi sesuatu yang membebankan bagi diri kamu. Karena tujuan dari mengatur keuangan itu membuat kamu menjadi lebih bahagia loh! Maka dari itu, kamu harus tahu tips maupun cara yang sesuai dan pas dengan diri kamu. 

Nggak perlu pusing atau merasa menderita karena mengatur financial kamu, simak beberapa tips ini ya! Kamu bisa mengikuti tips ini dengan menyesuaikannya dengan diri kamu. Dengan mengatur keuangan dengan cara yang benar, diharapkan Ramadhan kamu berkah dan dompet tetap aman deh. Don’t worry, be happy ya Sobat LINE Bank~

Buat rencana keuangan 

Bisa dibilang bulan puasa ini membuat kamu menjadi lebih banyak memiliki keinginan yang tiba-tiba bermunculan. Mulai dari bukber bersama di tempat baru, memberikan THR, baju lebaran baru, order makanan dan lainnya. Walaupun memang itu hal yang wajar dalam bulan puasa ini, namun perlu diketahui bahwa kamu juga harus bisa self-control.

Jika tidak ada self-control maka hal ini akan menjadi kebiasaan yang buruk tiap tahunnya. Mungkin pengeluaran untuk keinginan ini tidak besar, namun jika dilakukan setiap hari sampai bulan puasa selesai bagaimana jadinya? Bisa jadi cashflow kamu malah terganggu dan berantakan karena hal ini! 

Maka dari itu, yuk coba mulai membuat rencana keuangan kamu selama bulan puasa ini. Misalnya kamu membuat budgeting untuk buka bareng bersama teman, baju lebaran, dan lainnya. Jika dari total penghasilan kamu, 30% kamu sisihkan untuk kegiatan ini. Misalnya Rp300.000 untuk buka bareng bersama teman dan Rp 100 – Rp 150.000 untuk baju lebaran. Kamu bisa sesuaikan apa ini untuk sekali saja atau untuk 3-4x. Hal terpenting yaitu jangan sampai kamu memaksakan untuk tetap melakukan kegiatan ini ya!

Kontrol diri kamu dan belanja secukupnya 

Setelah kamu membuat rencana keuangan, maka kamu harus mengikutinya dengan disiplin ya! Walaupun memang kamu sudah membuat rencana keuangan, ada kalanya pasti kamu terkena godaan yang ada. Karena itu kamu harus bisa kontrol diri kamu agar tidak tergoda. 

Jika kamu ingin membeli sesuatu yang sebenarnya tidak tahu apakah itu benar dibutuhkan atau tidak. Maka hal yang paling benar dilakukan yaitu untuk mengontrol diri, dan berpikir lagi. Apalagi jika barang tersebut bersifat konsumtif ya Sobat LINE Bank.

Walaupun saat bulan puasa ini banyak diskon besar-besaran baik pada kebutuhan pokok maupun tidak. Kamu tetap harus bisa mengontrol diri kamu dalam berbelanja. Buatlah list sebelum kamu pergi berbelanja, be a smart buyer ya!

Tidak ada salahnya sesekali memenuhi keinginan kamu kok, asalkan tidak membeli sampai setiap hari ya! Apalagi dengan embel-embel kalau lagi diskon dan promo! Jangan sampai jadi senjata makan tuan yang bikin keuangan kamu lebih boros karena nggak self-control! 

Buat daftar menu makan sahur dan berbuka

Cara ini juga bisa nih bikin keuangan kamu lebih tertata dan lebih mudah kita catat loh. Dengan memiliki menu makan yang tertata, maka kamu tidak lagi perlu bingung saat membeli bahannya bukan. Tapi kamu juga harus bisa fleksibel ya. Fleksibel yang dimaksud yaitu jika salah satu bahan makanan tidak ada, maka kamu bisa mencari alternatif lain.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan e-commerce yang ada nih untuk membeli keperluan bahan makanan kamu dan keluarga. Jangan lupa menggunakan LINE Bank ya untuk belanjanya. Karena kamu bisa dapetin diskon dan promo menarik loh, up to 100 ribu!

Dengan melakukan ini, kamu bisa menghemat pengeluaran kamu lebih banyak daripada biasanya. Jangan lupa juga untuk memberikan variasi dalam daftar menu makan kamu ya! Jadi walaupun sahur dan berbuka di rumah, tidak terasa bosan ataupun monoton! Puasa kamu akan terasa lebih istimewa dan membahagiakan deh~

Konsisten dengan rencana awal yang telah kamu buat

Setelah membuat semua rencana yang diatas, usahakan kamu selalu konsisten ya! Jangan sampai semua perjuangan yang sudah kamu berikan malah jadi sia-sia. Mengikuti keinginan sesekali tentu tidak apa, yang salah itu kalau terlalu mengikuti keinginan semata kamu.

Apalagi keinginan semata yang setiap hari kamu ikuti, ingin ini ingin itu, makan disini makan disitu, dan lainnya. Karena itu tetaplah konsisten dan komitmen, hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi kamu bukan. Tidak hanya kamu belajar sabar dan mengontrol diri, tetapi kamu juga belajar tentang financial management. 

“Sekali mengayuh, dua tiga pulau terlampaui.”

Peribahasa ini akan sangat cocok bagi kamu yang konsisten akan rencana awal kamu selama bulan puasa ini. Kebiasaan ini juga kamu bisa terapkan kok walaupun tidak dalam bulan puasa. Cara ini bisa kamu gunakan setiap hari, alhasil kamu akan lebih pintar deh dalam mengatur keuangan. 

Tentunya cara ini juga sangat cocok bagi kamu yang merantau jauh dari keluarga. Apalagi kalau kamu baru ingin belajar dalam mengatur keuangan. Oh ya, agar lebih gampang kamu juga bisa memanfaatkan LINE Bank loh.

Baca artikel ini juga: Cara Millennial Investasi Jaman Now Pakai THR!

Dengan LINE Bank kamu bisa menggunakan multiple savings untuk mengatur rencana keuangan kamu. Nggak cuman itu aja kamu juga bisa top-up saldo e-wallet kamu tanpa repot melalui LINE Bank. Menarik bukan? Ramadhan berkah, belanja mudah, dompet tetap aman deh!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285