Begini 5 Cara Menabung di Bank yang Wajib Kamu Tahu

Saat Sobat LINE Bank mendapat gaji atau pendapatan yang cukup, tidak ada salahnya untuk belajar menabung. Nabung gak bikin kamu rugi kok, justru kamu bisa mempersiapkan dana untuk masa depan dengan cara menabung di bank. 

Menabung di bank memiliki banyak manfaat lho. Mulai dari keamanan yang lebih terjamin, proses transaksi yang mudah, hingga mendapat layanan ATM, internet banking, dan mobile banking yang memungkinkan kamu melakukan transaksi di mana pun dan kapan pun. 

Apalagi saat ini tersedia bank digital yang memungkinkan Sobat LINE Bank tidak perlu datang ke kantor cabang untuk membuat rekening tabungan. So, anggapan nabung di bank itu ribet, repot, dan sulit sepertinya perlu diluruskan kembali.

Apa Manfaat Menabung di Bank?

Menabung merupakan salah satu metode dalam mengelola keuangan yang baik. Apalagi saat kamu memilih menabung di bank, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat dan keuntungan. Apa saja itu? Yuk simak manfaatnya di bawah ini.

1. Mudah dan Praktis

Menabung di bank itu sangat mudah dan praktis lho. Pembuatan rekeningnya pun tidak memakan waktu yang lama. Kamu cukup membawa persyaratan, seperti kartu identitas dan sejumlah uang untuk setoran awal. Saat ini bahkan kamu bisa melakukan setoran tunai melalui ATM yang dapat kamu temukan di berbagai tempat umum.

2. Aman dan Terjamin

Nabung di bank merupakan bentuk investasi yang aman dan terjamin. Meskipun keuntungannya tidak terlalu besar, tapi sebanding dengan risiko investasi yang rendah bahkan hampir tidak memiliki risiko. 

3. Mempermudah Transaksi

Uang yang kamu simpan di bank dapat kamu ambil dengan cara memanfaatkan fitur ATM yang bisa diakses 24 jam. Bahkan kamu juga bisa membayar tagihan belanja hanya  dengan menggunakan kartu debit tanpa harus membawa uang cash dalam jumlah besar. 

4. Mendapat Keuntungan Bunga

Ketika kamu menabung di bank dalam jangka waktu yang cukup lama, biasanya kamu akan mendapatkan bunga atau bagi hasil yang disepakati di awal. Jumlahnya mungkin tak seberapa, tapi hasilnya cukup menguntungkan.

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal! Ini 7 Manfaat Menabung Sejak Dini yang Perlu Kamu Tahu

5. Keuangan Lebih Terencana

Menabung di bank secara tidak langsung membantu kamu dalam mengelola keuangan secara lebih teratur dan terencana. Dalam hal ini, Sobat LINE Bank bisa memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Kamu bisa menggunakan tabungan reguler untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Namun, kalau kamu memiliki tujuan rencana keuangan jangka panjang seperti biaya pendidikan, maka kamu bisa menggunakan deposito yang dapat dicairkan pada periode tertentu.

Cara Menabung di Bank yang Wajib Kamu Tahu

Proses menabung di bank itu cukup mudah kok. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ditentukan pihak bank dengan baik dan benar. Berikut cara menabung di bank yang dapat kamu ikuti.

1. Persiapkan Data Diri

Sebelum mengambil nomor antrean untuk datang ke customer service bank, sebaiknya kamu harus mempersiapkan data diri secara lengkap yang dimaksud di sini yaitu berupa kartu identitas. Identitas ini akan digunakan sebagai syarat administratif oleh bank bagi calon nasabah. Identitas diri ini dapat berupa KTP, SIM, Kartu Mahasiswa, dan Kartu Pelajar. 

2. Siapkan Setoran Awal

Setelah melengkapi syarat administrasi, kamu harus menyerahkan setor tunai awal. Setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda terkait jumlah setoran awal, tergantung dengan jenis tabungan yang kamu pilih. Pada umumnya jumlah setoran uang tunai awal ini berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000. Namun, di LINE Bank, kamu bisa menabung tanpa setoran awal. Menarik bukan?

3. Pilih Bank yang Sesuai dengan Kebutuhan

Cara menabung di bank selanjutnya, kamu bisa mendatangi kantor cabang bank terdekat dari domisili untuk menyerahkan syarat administratif pembuatan rekening tabungan. Untuk kamu yang baru pertama kali, tidak perlu khawatir, karena akan ada petugas keamanan yang membantu.

Dalam pembuatan rekening tabungan ini, kamu perlu menentukan bank apa yang akan kamu gunakan. Sobat LINE Bank dapat memilih bank yang sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Digital Banking di Masa Pandemi?

4. Mengisi Formulir

Selanjutnya, kamu wajib mengisi formulir yang diberikan customer service. Pada tahapan cara menabung di bank ini, kamu perlu memperhatikan dengan baik-baik penjelasan dari customer service mengenai produk dan jenis-jenis tabungan yang akan kamu pilih. 

5. Memiliki Rekening Tabungan

Setelah semua proses dan syarat terpenuhi, maka kamu telah memiliki rekening tabungan di bank sesuai dengan jumlah setoran awal. Sekaligus kamu akan mendapat fasilitas seperti kartu ATM untuk kemudahan transaksi. 

Tips Menabung di Bank

Menabung di bank memerlukan konsistensi, terlebih bagi kamu yang cukup sulit dalam menyisihkan uang. Mengingat tabungan ini dapat berguna saat kamu mengalami kejadian tidak terduga yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kalau begitu, berikut beberapa hal yang dapat Sobat LINE Bank terapkan agar cara menyimpan uang kamu berjalan dengan efektif.

1. Buat Rencana Tabungan

Penting bagi Sobat LINE Bank memiliki rencana tabungan yang jelas. Keinginan kamu dalam menabung akan semakin kuat saat kamu memiliki tujuan yang jelas. Misalnya kamu akan menabung untuk membeli rumah, maka kamu akan terus konsisten menabung sampai keinginan kamu terwujud.

2. Membuat Rekening Terpisah

Ada baiknya kamu membuka rekening terpisah antara rekening tabungan dan rekening gaji. Pembagian rekening ini dimaksudkan supaya tabungan kamu tidak tercampur dengan pengeluaran rutin.

3. Sisihkan Penghasilan Secara Rutin

Salah satu cara menabung di bank yang efektif yaitu dengan menyisihkan penghasilan secara rutin. Besarannya relatif, bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa menyisihkan sebesar 5-10 persen setiap bulannya dari penghasilan yang kamu dapatkan. 

Baca Juga: Mari Mengenal KTA, Mulai Dari Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Syaratnya 

4. Gunakan Sistem Debit Otomatis

Adakalanya rasa malas muncul saat akan menabung, meskipun prosesnya sudah sangat mudah. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menggunakan sistem debit otomatis atau auto debit untuk menabung secara rutin.

5. Memilih Bank dan Jenis Tabungan dengan Tepat

Kemudian, tips menabung yang efektif adalah memilih bank dan jenis tabungan dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh secara signifikan serta berdampak pada efektivitas kamu ketika menabung. Saat ini ada berbagai bank yang menawarkan produk tabungan serta fasilitas dengan keuntungannya masing-masing kepada para calon nasabah.

Jenis-jenis Produk Simpanan di Bank

jenis produk simpanan bank

Setelah mengetahui manfaat, tips, dan cara menabung di bank dengan baik dan benar, hal berikutnya yang perlu Sobat LINE Bank ketahui adalah jenis-jenis produk simpanan yang ada di bank. Dalam menabung di bank tentu tak hanya sebatas tabungan biasa saja, namun terdapat 4 produk simpanan lainnya yang memiliki keuntungan dan persyaratan yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasannya.

1. Tabungan

Jenis simpanan yang paling populer dan dipilih oleh nasabah bank adalah tabungan konvensional. Secara umum, tabungan merupakan metode penyimpanan uang di bank yang penarikannya hanya bisa dilakukan dengan melalui syarat tertentu. Bagi kamu yang ingin memiliki tabungan bank, nantinya kamu akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM besertaPIN (Personal Identification Number). 

Walau demikian, saat ini terdapat banyak pilihan bank yang sudah menyediakan pembukaan rekening melalui mesin ATM dan juga mobile banking sehingga buku tabungan sudah tidak terlalu penting lagi untuk digunakan.

2. Giro

Rekening giro merupakan salah satu instrumen perbankan yang berupa simpanan dari nasabah individu maupun badan usaha dalam bentuk rupiah atau valuta asing. Perbedaan yang paling mendasar antara giro dengan tabungan adalah dari sistem penarikan dananya. Penarikan uang dari rekening giro hanya dapat dilakukan dengan menggunakan bilyet giro atau cek yang disesuaikan pada jam operasional bank.

3. Deposito

Jneis simpanan deposito akan memberikan kamu suku bunga yang lebih banyak bila dibandingkan tabungan biasa, yakni 5% hingga 6.5% setiap tahunnya. Lalu, deposito juga dinilai sebagai produk simpanan bank yang paling menguntungkan sebab aman serta tidak terdapat potongan biaya administrasi tiap bulannya.

Namun, deposito ini kurang cocok bagi kamu yang baru pemula atau terlalu dini untuk menyimpan uang di bank, karena setoran awal minimal dari deposito adalah Rp10 juta. Penarikan uang pun harus sesuai dengan waktu jatuh tempo yang telah dipilih. Sehingga bila sebelum jatuh tempo kamu terpaksa menarik dana rekening deposito, maka akan dikenakan biaya denda.

4. Reksadana

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang dapat kamu pilih ketika ingin menyimpan uang di bank. Seperti yang kita ketahui bahwa pengelolaan dana reksadana, dilakukan oleh manajer investasi sehingga lebih mudah dan minim risiko. Selain itu, jumlah modal awalnya pun cukup kecil yakni mulai dari Rp100 ribu kamu sudah bisa berinvestasi dan mendapatkan keuntungan yang relatif lebih besar dibanding produk simpanan lainnya.

Demikian informasi mengenai cara menabung di bank yang baik dan benar. Sekarang, waktunya Sobat LINE Bank menerapkan ilmu yang telah dipelajari, yaitu menabung di bank secara rutin. 

Sobat LINE Bank dapat membuka rekening tabungan di LINE Bank tanpa harus datang ke kantor cabang, cukup dengan download aplikasinya dan ikuti instruksinya. Praktis bukan? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 311