Inilah 5 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun untuk Gen-Z

Bagaimana cara menabung 50 juta dalam setahun? Apakah itu memungkinkan? Pasti memungkinkan kok, asalkan Sobat LINE Bank punya kemampuan mengelola uang yang baik. Pengelolaan uang ini dapat kamu lakukan dengan cara menabung secara konsisten.

Menabung 50 juta dalam setahun terdengar seperti nominal yang sangat banyak dan sulit diwujudkan. Padahal kalau dibagi selama 52 minggu, kamu cukup menabung di bawah satu juta setiap satu minggu. Terdengar lebih realistis bukan? Kalau dibarengi dengan tekad yang kuat, kamu pasti bisa mewujudkannya kok. So, jangan sampai pesimis duluan ya!

Apa Manfaat Menabung Bagi Anak Muda?

Kalau Sobat LINE Bank membiasakan menabung sejak dini, mewujudkan tabungan 50 juta dalam setahun tentu bukan sesuatu yang sulit. Menabung sendiri memiliki banyak manfaat, apa saja itu? Yuk simak secara saksama di bawah ini.

1. Memiliki Dana Darurat

Saat kamu memiliki dana darurat, kamu tidak perlu khawatir lagi saat dihadapkan dengan kondisi darurat seperti terkena PHK atau harus membayar biaya rumah sakit. Berbagai kondisi demikian memang menuntut kamu harus siap secara finansial. Sebab itu, salah satu tujuan menabung adalah untuk mengantisipasi hal tersebut bila terjadi.

2. Mencapai Goal Tertentu

Apakah kamu memiliki impian yang membutuhkan uang banyak untuk mewujudkannya? Jika ada, maka kamu harus mengumpulkan uang dengan cara menabung. Impian atau goal ini dapat berupa keinginan keliling dunia, mengunjungi konser artis favorit, hingga membeli rumah.

3. Memenuhi Kebutuhan Pada Masa Mendatang

Setiap tahunnya, harga kebutuhan hidup terus mengalami peningkatan. Mulai dari harga sembako, sayur, buah, pakaian, dan lainnya. Belum lagi kalau kamu berencana menikah dan punya anak, maka kamu harus siap dengan biaya sekolah anak yang terus meningkat juga. 

Cara untuk memenuhi biaya hidup pada masa mendatang ini pastinya dengan menabung. Sebisa mungkin kamu membiasakan menabung sejak dini, agar kebutuhan masa depan benar-benar terpenuhi.

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal! Ini 7 Manfaat Menabung Sejak Dini yang Perlu Kamu Tahu

4. Mencapai Kebebasan Finansial

Semua orang pasti ingin mencapai tujuan kebebasan finansial atau financial freedom. Kebebasan finansial ini berarti kamu tidak perlu mencari pemasukan aktif karena sudah memiliki dana yang cukup. 

Kalau kamu sudah mencapai kebebasan finansial, bukan tidak mungkin kamu akan pensiun dini. Untuk mencapai kebebasan finansial ini, tentunya kamu harus menabung dengan konsisten. 

5. Menghindari Utang

Hampir sebagian masyarakat yang memiliki utang memberikan pernyataan bahwa sangat sulit keluar dari lilitan utang. Untuk menghindarinya, maka kamu harus menabung secara konsisten.

Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun untuk Anak Muda

Menabung uang 50 juta dalam setahun bisa dikatakan tidak mudah. Tapi akan cepat terwujud kalau Sobat LINE Bank menerapkan cara-cara di bawah ini.

1. Gunakan Rumus Menabung 50/20/30

Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Senator Elizabeth Warren lewat bukunya. Cara menggunakan rumus ini simpel kok. Gaji atau pemasukan yang kamu terima bisa dibagi ke dalam tiga bagian besar, yaitu 50 persen untuk kebutuhan harian dan tagihan wajib. 

Lalu, menyisihkan uang sebanyak 30 persen untuk hiburan dan 20 persen untuk tabungan dan investasi. Ada banyak produk investasi yang bisa kamu pilih seperti reksa dana, obligasi, p2p lending, saham, dan sebagainya. Supaya Sobat LINE Bank mendapat gambaran secara lebih jelas, perhatikan contoh di bawah ini ya.

Penghasilan bulanan: Rp25.000.000

Kebutuhan harian dan tagihan wajib: 50% x Rp25.000.000 = Rp12.500.000

Hiburan: 30% x Rp25.000.000 = Rp7.500.000

Tabungan atau investasi: 20% x Rp25.000.000 = Rp5.000.000

2. Cari Kerja Sampingan

Ketika Sobat LINE Bank sudah berhemat sebanyak mungkin, tapi belum bisa mencapai target, artinya kamu tidak hanya bisa mengandalkan gaji bulanan saja. Kamu bisa cari pekerjaan sampingan yang menghasilkan uang lumayan banyak. Misalnya menjadi penulis, berjualan online, menjadi fotografer, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Smart Spending Kaum Milenial & Gen Z

3. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Salah satu cara menabung 50 juta dalam setahun dengan cepat dapat dilakukan dengan mengontrol pemasukan dan pengeluaran kamu. Supaya lebih efisien, kamu bisa pakai aplikasi pengatur keuangan yang dapat diunduh di ponsel. 

4. Cari Bank yang Memberikan Bunga Tabungan Tinggi

Selain cara-cara di atas, kamu bisa mencari bank yang memberikan bunga tabungan di atas rata-rata. Untuk rata-rata bank memberikan bunga tabungan yaitu sebesar 0,25% hingga 2% per tahun. Supaya segera mencapai target, upayakan kamu mencari bank dengan bunga tabungan 4% per tahun.

5. Memanfaatkan Promo dan Diskon

Cara menabung 50 juta dalam setahun berikutnya adalah memanfaatkan promo dan diskon yang ada. Umumnya, hal ini dapat Sobat LINE Bank lakukan ketika makan di restoran, berbelanja, maupun pergi ke tempat liburan. Kamu bisa menggunakan promo atau diskon secara online atau offline tergantung produk apa yang dibeli serta memahami syarat dan ketentuan promo tersebut.

6. Mengalokasikan Dana ke Investasi yang Menguntungkan

Jika kamu merasa menabung secara konvensional membutuhkan waktu yang terlalu panjang, maka Sobat LINE Bank bisa menggunakan alternatif lain yaitu mengalokasikannya ke instrumen investasi yang memiliki risiko rendah dengan keuntungannya yang cukup besar. Contohnya, seperti investasi reksa dana yang dikelola manajer investasi, emas, peer to peer lending, obligasi, dan sebagainya. 

Tips Untuk Menabung 50 Juta dalam Setahun

Cara menabung 50 juta dalam setahun untuk anak muda bukan hal mustahil kok. Satu hal yang penting, asalkan kamu bisa mengelola uang dengan metode yang tepat. Bagaimana caranya? Yuk simak tips menabung 50 juta setahun di bawah ini. 

1. Buat Perhitungan

Ketika 50 juta dibagi ke dalam 12 bulan, setidaknya kamu harus menyisihkan nominal uang tabungan sebesar Rp4,5 juta setiap bulannya. Kalau gaji kamu sudah mencukupi kebutuhan ini, artinya kamu tidak harus mencari uang tambahan. Sebaliknya, kalau pemasukan bulanan kamu kurang dari target, kamu harus mencari tambahan. 

2. Tekan Pengeluaran

Kurangi gaya hidup jajan dan nongkrong kalau memang tidak terlalu urgent. Selain itu, kamu juga bisa membawa bekal dari rumah untuk menghemat pengeluaran makan siang. Kalau jatah makan siang kamu Rp1 juta setiap bulannya, kamu bisa menghemat sampai setengah jatah makan siang kalau membawa bekal dari rumah.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Supaya Dompet Gak Jebol

3. Menjual Barang yang Tidak Diperlukan

Apakah kamu punya barang yang masih layak pakai tapi tidak digunakan? Jika ya, sebaiknya kamu jual barang-barang tersebut daripada hanya mengendap saja di rumah. Hasil dari penjualan tersebut dapat kamu tabung untuk mencapai target menabung 50 juta tersebut.

4. Gunakan Tabel Menabung

Supaya cara menabung 50 juta dalam setahun ini menyenangkan, kamu bisa menerapkan gamifikasi dengan menggunakan tabel menabung. Tabel ini bisa kamu buat mirip dengan permainan Bingo. Saat kamu sudah menabung, kamu dapat mencatatnya di tabel tersebut. 

Demikian informasi cara menabung 50 juta dalam setahun dengan cepat yang dapat Sobat LINE Bank terapkan. Sekarang, waktunya kamu menerapkan ilmu yang telah dipelajari dengan memilih rekening tabungan yang memberi bunga tabungan di atas rata-rata seperti LINE Bank. Sobat LINE Bank dapat membuka rekening dana tabungan tanpa harus datang ke kantor cabang, cukup dengan download aplikasinya dan ikuti instruksinya. Praktis bukan? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328