Jangan Sampai Menyesal! Ini 7 Manfaat Menabung Sejak Dini yang Perlu Kamu Tahu

Menabung menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tidak terbatas pada umur, latar belakang atau status pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang, semuanya dianjurkan untuk menabung. Jika Sobat LINE BANK belum melakukannya karena tidak tahu manfaat menabung maka artikel ini perlu dibaca hingga selesai. 

Sobat LINE BANK harus mengetahui pentingnya menabung karena hal ini berhubungan dengan masa depan. Kebiasaan menabung yang sudah dibangun sejak dini akan membuat Sobat LINE BANK nyaman pada masa tua. 

Namun ada berbagai manfaat lainnya yang dibawa oleh kebiasaan menabung. Mau tahu? Yuk langsung saja simak informasinya di bawah ini. 

Manfaat Menabung Sejak Dini

Menabung tidak hanya berbicara soal uang yang bisa kamu kumpulkan pada masa mendatang. Lebih daripada itu, kamu jadi bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab, disiplin, menghargai kerja keras, dan masih banyak lagi. Mari bahas semuanya satu per satu berikut ini. 

1. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

Free Serious multiethnic male friends doing elbow bump for protection and avoiding spreading of coronavirus infection and looking at each other Stock Photo

Mengajarkan anak menabung dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab di dalam dirinya hingga dewasa nanti. Apa yang kamu lakukan ketika diberikan uang oleh orang tua atau mendapatkan gaji bulanan? Bagaimana kamu mengatur keuangan? 

Bulan pertama mendapatkan uang kemungkinan besar uang akan habis sebelum waktunya. Melewati bulan pertama dan masuk bulan kedua seharusnya kamu jadi sadar untuk merencanakan anggaran agar uang yang ada tidak habis. 

Seiring berjalannya waktu kamu jadi bisa mengatur uang yang ada dengan sangat baik. Kamu bahkan bisa bertanggung jawab dengan mulai menyisihkan uang untuk masa depan.

Baca Juga: Penting! Catat Beberapa Tips Merencanakan Travelling!

2. Disiplin

Free Upset little ethic boy looking at faceless father during argument Stock Photo

Menabung setiap bulannya membuat kamu menjadi orang yang disiplin. Awalnya mungkin hanya disiplin dalam menyisihkan uang yang diterima setiap bulannya. Tetapi setelah waktu berlalu kamu jadi mulai disiplin dalam berbagai hal. 

Dampak positif dari suatu kebiasaan inilah yang akan merambat ke berbagai aspek kehidupan lainnya. Kedisiplinan yang terus dibangun pada akhirnya menjadikan kamu seseorang yang bisa dipercaya dalam banyak hal. 

3. Menjadi Ahli dalam Mengatur Keuangan

Free Person Holding Debit Card Stock Photo

Memiliki tabungan sejak dini dapat membuat kamu menjadi ahli dalam mengatur keuangan. Menjadi ahli tidak berarti langsung berhasil saat pertama kali melakukannya. 

Pasti ada trial dan error yang harus kamu lewati. Namun semuanya akan membuahkan hasil yang baik. Setelah satu tahun mencoba menabung, kamu pasti akan tahu strategi mana yang tepat digunakan dalam mengatur keuangan. 

Baca Juga: Mengatur Keuangan Ala Jepang, Kakeibo!

4. Lebih Menghargai Uang

Free Rolled 20 U.s Dollar Bill Stock Photo

Belajar menabung juga bisa membuat kamu jadi lebih menghargai uang. Menabung mengajarkan kamu bahwa mendapatkan uang tidaklah mudah. Uang tidak bisa didapatkan ketika kamu hanya duduk dan berdiam diri saja. 

Kamu akan mempelajarinya ketika gaji yang didapatkan habis sebelum waktunya. Dalam keadaan ini kamu tidak bisa meminta uang dari orang tua atau perusahaan untuk memberikan gaji lebih awal. 

Pada akhirnya kamu akan lebih menghargai uang yang didapatkan. Kamu menjadi sadar serta mulai bisa membedakan pengeluaran sesuai kebutuhan dan keinginan. 

Baca Juga: Begini 4 Cara Bisnis Online di Tengah Ketatnya Persaingan Bagi Kamu Si Pemula

5. Memahami Konsep Hidup Berkecukupan

Free Confident intelligent female student in eyeglasses wearing pink t shirt and black jeans using cellphone while taking books standing against gray wall Stock Photo

Selain pemahaman mendapatkan uang yang tidak mudah, menabung juga akan mengajarkan kamu tentang hidup berkecukupan. Uang yang disisihkan setiap bulannya membuat kamu harus merasa cukup dengan sisa uang yang ada di tangan. 

Jika ternyata sisa uang tidak bisa memenuhi kebutuhan maka kamu akan memutar otak untuk membuatnya menjadi cukup. Entah itu berarti kamu jadi harus mengurangi jatah belanja atau makanan. Dari sini kamu akan belajar bahwa memang tidak semua hal yang diinginkan perlu didapatkan.

6. Terbebas dari Utang

Free  Silhouette Photography Of Jump Shot Of Two Persons  Stock Photo

Tidak seorang pun mengetahui apa yang akan terjadi pada masa depan. Saat ini mungkin kamu merasa keadaan aman terkendali. Tetapi bisa saja beberapa hari ke depan bisnis tiba-tiba bangkrut atau kamu terkena PHK. 

Tentunya tidak ada yang mendoakan hal buruk terjadi. Namun kamu tetap tidak bisa mengendalikan semua situasi eksternal. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan rencana untuk yang terburuk. 

Menabung bisa menjadi langkah persiapan yang baik. Ketika kejadian buruk datang, kamu jadi tidak perlu berutang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Beban yang harus kamu pikul setidaknya tidak bertambah banyak karena utang. Kamu jadi dapat fokus untuk berbisnis atau mencari pekerjaan lainnya agar kehidupan kembali berjalan normal. 

Baca Juga: Drama Korea yang Bikin Kamu Pintar Keuangan!

7. Masa Depan Terjamin

Free Woman in Black Leather Jacket Wearing Black and White Vr Goggles Stock Photo

Menabung sejak dini akan membuat kehidupan masa depan kamu jadi lebih terjamin. Menyisihkan uang setiap bulannya akan membuat total dana simpanan yang kamu punya menjadi lebih besar. 

Hal ini sama seperti peribahasa yang berbunyi “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Asumsikan kamu menyisihkan uang sebesar Rp2.000.000 per bulan mulai dari Januari. Berapa banyak yang akan terkumpul pada bulan Desember? Banyak, bukan? 

Setidaknya kamu akan memiliki Rp24.000.000 di rekening tabungan. Bayangkan kalau kamu terus menabung dengan nominal yang sama sampai 20 tahun mendatang. Uang sebesar Rp480.000.000 pasti sudah berhasil dikumpulkan. Uang sebanyak itu akan mampu membiayai berbagai kebutuhan mendesak pada waktu mendatang. 

8. Memiliki dana darurat

Free Emergency Signage Stock Photo

Manfaat menabung yang terakhir adalah untuk dijadikan sebagai dana darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diluar rencana. Dana ini bisa kamu gunakan ketika mengalami berbagai peristiwa tak terduga, misalnya seperti biaya pengobatan rumah sakit, terkena PHK, dan kebutuhan lainnya.

Dengan terdapat kemungkinan atas beberapa macam peristiwa tak terduga tadi, maka kamu diminta untuk selalu siap secara finansial. Oleh sebab itu, tabungan bisa menjadi sumber dana darurat apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal di luar ekspektasi datang dalam kehidupan kamu.

Tips Menabung dengan Baik

Setelah mengetahui beberapa manfaat menabung sejak dini, hal berikutnya yang perlu kamu pahami adalah tips menabung dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan selama proses menabung di bank atau tempat penyimpanan uang apapun.

1. Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Tips pertama ketika menabung adalah dengan mencatat jumlah pemasukan dan pengeluaran kamu setiap bulannya, sehingga bisa menyisihkan sisa uang tersebut untuk ditabung. Kamu juga bisa mencatat semua kebutuhan yang nantinya akan dibelanjakan dengan menentukan prioritas. Maka dari itu, tips dapat membuatmu terhindar dari perilaku boros.

2. Disiplin pada Diri Sendiri

Menahan diri dan mengurangi segala aktivitas yang tidak terlalu penting untuk menggunakan uang tabungan kamu. Apabila kamu tidak disiplin pada diri sendiri maka dampaknya uang tabungan pun tidak akan memberikan manfaat. Biasakanlah untuk hidup disiplin dengan memanfaatkan barang yang dimiliki semaksimal mungkin.

3. Gaya Hidup Sederhana

Sobat LINE tentunya dapat berkomitmen terhadap diri sendiri untuk menjalani gaya hidup sederhana atau secukupnya dalam menggunakan uang pemasukan yang dimiliki. Kamu bisa memastikan hal ini dengan cara dukungan keluarga, pasangan, atau teman yang memiliki gaya hidup secara sederhana namun diiringi dengan perilaku positif.

4. Membuat Rencana Menabung Secara Rinci

Lalu tips terakhir yang bisa kamu terapkan adalah membuat rencana menabung secara terperinci. Jika kamu membuat rencana menabung dengan detail, maka kamu pun akan lebih semangat dalam menjalaninya.

Kamu bisa mulai dengan menuliskan daftar rencana atau goals yang hendak dicapai. Kemudian, agar kamu semakin termotivasi menabung, sobat LINE dapat menempelkan tulisan rencana tersebut pada sebuah tempat yang paling sering dilihat. Seperti meja belajar, meja kantor, atau laptop.

Bagaimana? Apakah Sobat LINE BANK sudah memahami manfaat menabung? Kalau begitu ini saatnya untuk mulai mempraktikkan apa yang kamu pelajari dengan membuka rekening tabungan di LINE BANK. Rekening tabungan LINE BANK berbeda dari rekening tabungan pada umumnya. 

LINE BANK menyediakan fitur multi rekeningyang bisa kamu gunakan untuk memisahkan berbagai pengeluaran. Mulai dari menabung untuk masa depan, menyimpan dana darurat, hingga pengeluaran pokok. 

Selain itu Sobat LINE BANK juga bisa mengajukan beberapa kartu debitsekaligus agar saldo yang terpotong berasal dari rekening yang tepat. Nikmati berbagai kemudahan yang bisa Sobat LINE BANK lakukan dari ponsel seperti top-up, pembayaran tagihan, dan transfer dana.  LINE BANK juga sudah memiliki izin operasi dari OJK sehingga kamu tidak perlu takut mengenai penipuan. Segera downloadaplikasi LINE BANK sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295