4 Tujuan Manajemen Keuangan Serta Manfaatnya

Salah satu tujuan manajemen keuangan adalah mengatur arus kas, baik itu untuk pribadi maupun sebuah organisasi. Manajemen keuangan yang baik merupakan kunci sebuah perusahaan dapat bertahan di tengah persaingan, terus berkembang, dan akhirnya mencapai sebuah kesuksesan.

Pada artikel ini, LINE Bank akan menjelaskan mengenai apa itu manajemen keuangan serta tujuan manajemen keuangan. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Keuangan?

Pengertian manajemen keuangan merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan keputusan pengelolaan keuangan dan aset keuangan, baik itu untuk pribadi maupun sebuah organisasi. Tujuan utama dari manajemen keuangan berupa upaya agar dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya melalui sumber daya keuangan yang sudah tersedia.

Ruang lingkup manajemen keuangan sendiri termasuk mencari sumber keuangan, cara menggunakan keuangan yang sudah diperoleh, serta pembagian keuntungan dari hasil manajemen keuangan yang dilakukan. Manajemen keuangan dapat dilakukan secara individu maupun melalui perusahaan.

Dalam manajemen keuangan, risiko dan pengembalian tarik-ulur menjadi prinsip utama. Seorang investor umumnya akan memiliki kehati-hatian ketika hendak memberikan investasi. Pengambilan keputusannya didasarkan pada peluang investasi dan portofolio dari perusahaan. Nah, manajemen keuangan dapat membantu perusahaan untuk meyakinkan investor memberikan investasi kepada perusahaan.

Apa Saja Tujuan Manajemen Keuangan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa manajemen keuangan meliputi segala aktivitas yang mencakup keputusan pengelolaan keuangan serta aset keuangan. Berikut ini terdapat beberapa tujuan manajemen keuangan yang perlu Sobat LINE Bank ketahui:

1. Merapikan Anggaran Bulanan

Tujuan manajemen keuangan yang pertama adalah untuk merapikan anggaran kamu setiap bulannya. Dengan terbentuknya anggaran bulanan yang rapi, kamu semakin kebutuhan kamu akan terbelanjakan dengan lebih terstruktur dan juga terpenuhi dengan baik.

2. Mengatasi Pengeluaran Tidak Terduga

Hal-hal tak terduga bisa terjadi kapan saja di kehidupan kamu, misalnya seperti kecelakaan hebat, kerusakan barang kepemilikan, dan sebagainya. Hal itu tentunya akan mengharuskan kamu untuk mengeluarkan sejumlah dana yang mengakibatkan uang yang sobat LINE Bank miliki berkurang bahkan habis. Maka dari itu, manajemen keuangan yang baik akan membantu kamu untuk mengatasi pengeluaran yang tidak terduga.

3. Perencanaan Masa Depan yang Lebih Baik

Manajemen keuangan juga bertujuan untuk membantu merencanakan masa depan kamu menjadi lebih baik. Kamu bisa menyesuaikan goals atau cita-cita kamu kedepannya dengan melakukan manajemen keuangan yang baik. Sehingga rencana yang sudah dibuat bisa tercapai dan berjalan dengan lancar.

4. Keuangan Lebih Teratur

Tujuan manajemen keuangan yang paling berpengaruh adalah membuat keuangan kamu atau organisasi lebih teratur. Dengan demikian, pemasukan dan pengeluaran uang yang kamu miliki dapat terpantau dengan jelas sehingga mencegah terjadinya pengeluaran yang tidak begitu penting.

5. Menghindari Utang

Kemudian jika kamu menerapkan sistem manajemen keuangan yang baik, kamu juga akan semakin terhindar dari yang namanya utang. Hal itu dikarenakan, kamu sudah merasa cukup dengan uang yang kamu miliki dan sesuai perencanaan keuangan yang telah ditentukan.

Dengan demikian, sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di atas, jika suatu saat kamu perlu mengeluarkan uang untuk keperluan yang mendadak seperti biaya masuk rumah sakit, kamu tidak perlu kebingungan harus mendapatkan uang dari mana. Manajemen keuangan dapat mempermudah hidup kamu, jadi pastikan kamu melakukannya ya!

Baca Juga: Kenali “Frugal Living”, Beneran Bisa Cepet Kaya?

Bagaimana Penerapan Manajemen Keuangan?

Manajer keuangan merupakan orang yang bertugas melakukan manajemen keuangan. Manajer keuangan memiliki hak dalam membuat keputusan yang sangat penting dalam bidang investasi dan pengeluaran. Manajer keuangan bertanggung jawab atas seluruh aspek keuangan klien individunya atau perusahaan tempat ia bekerja.

Walaupun begitu, kamu juga bisa melakukan fungsi manajemen keuangan sendiri tanpa bantuan manajer keuangan. Pastikan saja kamu mengetahui bagaimana cara mengelola semua unsur dan aspek keuangan dengan sebaik mungkin. Hal tersebut penting dilakukan karena keuangan merupakan salah satu fungsi penting dalam kehidupan.

Berikut ini beberapa kegiatan yang perlu dilakukan untuk menerapkan fungsi manajemen keuangan dengan baik:

1. Perencanaan

Perencanaan dalam fungsi manajemen keuangan sangatlah penting. Perencanaan keuangan sendiri meliputi mengelola dana, menghitung untung rugi, dan mencatat arus kas. Dengan adanya perencanaan, seseorang maupun sebuah organisasi bisa menyiapkan sejumlah dana yang akan dialokasikan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh mereka. Sehingga secara otomatis, tak akan timbul anggaran dana yang melenceng atau tidak sesuai dengan kebutuhan kamu atau organisasi.

2. Penganggaran

Fungsi manajemen keuangan berikutnya adalah penganggaran berbentuk kegiatan mengalokasikan dana untuk semua kebutuhan. Alokasi ini harus dijaga agar tetap minimum dan dapat memaksimalkan aset yang tersedia. Semua jenis kebutuhan tentunya sudah mempunyai anggaran dana tersendiri. Penganggaran atau budgeting ini juga berfungsi untuk memudahkan kamu atau organisasi mengendalikan aktivitas keuangan. Dengan kata lain, penganggaran adalah kegiatan guna memisahkan anggaran dana pada setiap kebutuhan organisasi atau diri sendiri.

3. Pengendalian

Pengendalian menjadi proses fungsi manajemen keuangan untuk mengendalikan atau mengevaluasi keuangan yang sedang berjalan. Evaluasi dilakukan untuk memperbaiki struktur keuangan yang ada. Jika kamu atau sebuah organisasi tidak melakukan evaluasi sebagai bentuk pengendalian terhadap sistem keuangan yang sedang mengalami masalah. Maka dampaknya akan langsung mempengaruhi kondisi keuangan tersebut dan terus mengalami penurunan serta menjadi faktor utama kerugian bahkan sampai kebangkrutan.

4. Audit

Selain pengendalian, fungsi manajemen keuangan adalah untuk pemeriksaan keuangan yang ada atau auditing agar memastikan tidak terjadinya penyimpangan. Audit keuangan ini harus sesuai dengan standar dan kaidah akuntansi.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa sebuah perusahaan atau organisasi harus memilih seseorang untuk mengelola keuangan dengan baik dan tepat. Karena, semua pekerjaan ini sangat memerlukan kemampuan akuntansi yang baik. Semakin ahli dan terampil seseorang dalam mengelola keuangan, maka kesalahan yang akan jarang terjadi. Selain pengalaman dan jam terbang, perilaku jujur dan tekun dari manajemen keuangan juga menjadi faktor penting.

5. Laporan

Laporan keuangan ini berguna untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan yang ada. Dalam fungsi manajemen keuangan ini sangat diperlukan ketelitian, sebab uang adalah hal yang sangat sensitif untuk dikelola. Disamping itu, kita tak hanya dituntut untuk bisa mengelola keuangan diri pribadi, namun kita juga harus mampu melakukan manajemen keuangan yang baik untuk keluarga atau perusahaan.

Prinsip Manajemen Keuangan

Dalam pelaksanaannya, manajemen keuangan mempunyai beberapa prinsip yang perlu Sobat Line Bank ketahui dan pahami. Berikut ini 3 prinsip yang biasanya selalu dipegang ketika mengelola manajemen keuangan dengan baik dan benar.

1. Akuntabilitas

Akuntabilitas merupakan sebuah kewajiban moral yang sangat penting dalam mengelola kondisi keuangan perusahaan atau seseorang. Maksudnya, seorang manajer keuangan pada perusahaan atau organisasi harus mampu mempertanggung jawabkan tugasnya dalam me-manage kondisi keuangan perusahaan.

Sehingga nantinya seluruh pencatatan, pengelolaan, maupun aktivitas lainnya yang menyangkut dengan keuangan organisasi bisa benar-benar teralokasikan dengan tepat sasaran serta tidak terdapat kesempatan untuk memanipulasi data.

2. Konsistensi

Apabila sistem keuangan yang sedang kamu jalankan terlihat stabil, artinya kamu harus bisa memberlakukan sistem tersebut secara konstan. Lalu sebaliknya, ketika terjadinya pengeluaran dana yang tidak masuk akal, maka kamu harus segera mungkin memperbaiki sistem keuangan tersebut.

3. Transparansi

Transparan atau keterbukaan merupakan prinsip penting dalam mengelola sistem keuangan baik diri sendiri maupun untuk perusahaan. Demi transparansi ini berjalan dengan baik, umumnya unutk perusahaan akan menyediakan informasi mengenai kegiatan keuangan perusahaan kepada seluruh manajer selaku pemangku kepentingan.

Manfaat Penerapan Manajemen Keuangan

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan jika tujuan manajemen keuangan dapat tercapai dengan baik:

1. Menciptakan Kesejahteraan

Manajemen keuangan yang baik mampu memberikan kesejahteraan kepada setiap orang yang melakukannya. Seseorang yang melakukan manajemen keuangan dengan baik dapat menjalani hidup dengan lebih teratur dan bisa mengatasi segala masalah keuangan yang sering sekali muncul secara mendadak.

Manajemen keuangan yang baik juga membantu kamu merencanakan kebutuhan masa depan. Dengan manajemen keuangan yang baik, kamu dapat memprediksi apa saja pengeluaran yang akan dibutuhkan kedepannya. Jadi semua kebutuhan di masa depan juga sudah terencana dan kamu tidak perlu berutang untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

2. Anggaran Rapi

Setiap bulannya, kamu harus memantau keluar masuknya dana atau kas secara terus-menerus agar tidak terjadi pembengkakan biaya dan ujung-ujungnya hanya membuat kamu rugi atau bahkan malah berutang nantinya. Dengan manajemen keuangan yang baik, kamu dapat memperhitungkan anggaran bulanan dengan lebih rapi.

Baca Juga: Simak Cara Pakai Instagram Ads Untuk Bisnis Kamu!

3. Penggunaan Dana yang Efektif dan Maksimal

Manajemen keuangan yang baik dapat membantu kamu memutuskan mana pengeluaran yang benar-benar penting dan mana pengeluaran yang tidak begitu penting atau bahkan tidak penting sama sekali. Jadi, kamu bisa memaksimalkan berapa pun jumlah uang yang kamu miliki sekarang tanpa merasa kekurangan.

4. Memiliki Struktur Keuangan yang Sehat

Manfaat lain dari manajemen keuangan yang baik adalah terciptanya struktur keuangan yang sehat. Sebuah struktur keuangan dapat dikatakan sehat jika pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan. Selain itu, sumber dari pendapatan juga bukan merupakan hasil dari utang.

Dengan manajemen keuangan yang baik, kamu jelas bisa mendapatkan struktur keuangan yang sehat. Pengeluaran kamu lebih terjaga serta kamu juga tidak perlu melakukan utang karena semuanya sudah terencana dengan baik.

Baca Juga: Begini 4 Cara Bisnis Online di Tengah Ketatnya Persaingan Bagi Kamu Si Pemula

5. Dana Darurat

Setiap orang harus memiliki dana darurat, sekecil apa pun jumlah. Dana darurat ini dapat digunakan berbagai keperluan mendadak seperti untuk membayar tagihan rumah sakit, kematian kerabat atau keluarga, bencana alam, hingga ketika sedang kehilangan pekerjaan.

Idealnya, jumlah dana darurat yang dibutuhkan adalah 3 sampai 6 kali pengeluaran yang saat ini jika belum menikah. Ketika sudah menikah dan memiliki anak, maka dana darurat yang perlu disiapkan juga jelas harus lebih banyak.

Dengan manajemen keuangan yang baik, kamu dapat menyiapkan dana darurat ini bahkan dari jauh-jauh hari karena sudah ada anggarannya tersendiri. Dana darurat yang dikumpulkan melalui manajemen keuangan yang baik tidak akan memengaruhi pengeluaran rutin.

Tips Manajemen Keuangan yang Baik

Dalam mengelola keuangan tentunya tidak diperbolehkan untuk melakukannya secara sembarangan, apalagi bila kamu mengatur keuangan sebuah perusahaan. Agar pengelolaan keuangan berjalan rapi dan terstruktur, berikut beberapa tips manajemen keuangan perusahaan atau pribadi.

  • Melacak setiap pengeluaran untuk meningkatkan sistem keuangan.
  • Menyusun anggaran bulanan yang realistis untuk digunakan.
  • Membuat pencatatan proyeksi arus kas.
  • Meningkatkan dana simpanan atau tabungan.
  • Membayar segala tagihan atau pinjaman tepat pada waktunya.
  • Kurangi pembiayaan secara berulang.
  • Menyimpan sejumlah uang tunai untuk pembelian dalam jumlah besar.
  • Melakukan investasi secara strategis.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, penerapan, manfaat, dan tujuan manajemen keuangan yang dapat kami sampaikan. Jika kamu tertarik untuk membuka rekening baru agar dapat melakukan manajemen keuangan dengan lebih baik, kamu bisa melakukannya di LINE Bank. Buka rekening di LINE Bank sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaat yang menanti kamu!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295