Apa sih yang Dimaksud dengan Deposit on Call?

Deposit on call adalah salah satu jenis deposito yang dapat Sobat LINE Bank manfaatkan sebagai instrumen investasi jangka pendek. Sama seperti dengan instrumen investasi lainnya, deposit on call juga memiliki risiko dan keuntungannya sendiri.

Sesuai dengan namanya, deposit on call sendiri merupakan jenis deposito yang dapat diambil sewaktu-waktu, sesuai dengan kesepakatan antara pihak bank dengan nasabah. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan lengkap mengenai deposit on call di bawah ini!

Apa Itu Deposit on Call?

Deposito merupakan produk perbankan yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat luas. Deposito merupakan jenis tabungan yang biasanya diterbitkan dengan jangka waktu 1, 3, 6, sampai dengan 12 bulan. Artinya, dana yang disetorkan dapat dicairkan ketika jangka waktu yang ditentukan telah berakhir.

Dalam dunia perbankan sendiri, ada beberapa jenis deposito yang dapat dipilih dan digunakan oleh nasabah. Salah satu contohnya berupa deposito dengan skema on call yang juga sering disebut sebagai deposit on call, atau dapat disingkat DoC.

DoC atau deposito on call adalah jenis layanan deposito yang memiliki jangka waktu pencairan yang sangat singkat, yaitu mulai dari 3 hari hingga 1 bulan. Melalui produk perbankan ini, nasabah akan diberikan pilihan untuk menyimpan dana selama periode tersebut, dan untuk menariknya, nasabah perlu menginformasikan pihak bank terlebih dahulu minimal 3 hari sebelum hari pencairan. Dengan cara kerja seperti ini, ada banyak sekali nasabah yang tertarik untuk memanfaatkan jenis deposito ini sebagai alternatif investasi jangka pendek.

Meski begitu, menyimpan dana di deposito ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, jumlah saldo minimal agar dapat membuka jenis deposito ini dapat terbilang cukup besar, biasanya berkisar di antara 100 juta hingga 500 juta rupiah. Selain itu, ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi ketika ingin membuka deposit on call ini.

Sebagai pilihan instrumen investasi, bunga yang bisa Sobat LINE Bank dapatkan dari deposit on call dapat dibilang cukup kompetitif, bahkan lebih tinggi dari bunga tabungan biasa. Apalagi jika nasabah berencana untuk menyimpan dana dengan nominal yang lebih besar dari persyaratan saldo minimum dari bank.

Jika dilihat secara kasar, instrumen investasi jangka pendek ini mirip seperti gabungan antara giro dan deposito biasa dengan kelebihan lain. Kelebihan tersebut berupa bunga yang diberikan relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan giro dan deposito biasa.

Baca Juga: Apa Itu Investasi? Bagaimana Cara Memilih Investasi untuk Pemula?

Bagaimana Cara Menghitung Bunga Deposito on Call?

Jika Sobat LINE Bank tertarik untuk melakukan pembukaan rekening deposito dan menyimpan dana di deposit on call dan ingin mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan, berikut ini rumus untuk menghitungnya:

Keuntungan Deposit on Call = (Tenor yang Dipilih / 30 Hari) x Suku Bunga x Saldo Pokok

Sebagai contoh, Sobat LINE Bank memutuskan menyimpan dana sebesar 500 juta rupiah dengan deposit on call. Suka bunga yang kamu dapatkan dari keuntungan deposito sebesar 5%, dan tenor yang kamu pilih 15 hari. Dengan data tersebut, perhitungannya seperti berikut ini:

  • Saldo Pokok: 500 juta
  • Suku Bunga: 5%
  • Tenor: 15 hari
  • Keuntungan Deposit on Call = (Tenor yang Dipilih / 30 Hari) x Suku Bunga x Saldo Pokok
  • = (15 / 30) x 5% x 500.000.000
  • = 12.500.000

Dengan data dan perhitungan tersebut, keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebanyak 12,5 juta rupiah. Namun, keuntungan tersebut masih harus dikurangi oleh beban pajak. Dengan kata lain, nominal tersebut bukan keuntungan bersih yang bisa kamu dapatkan, melainkan hanya keuntungan kotor saja.

Walaupun begitu, keuntungan tersebut jelas lebih besar dari jenis deposito lainnya dan tabungan biasa. Maka dari itu, jika memang Sobat LINE Bank membutuhkan instrumen untuk investasi jangka pendek, membuka deposito on call ini merupakan salah satu pilihan terbaik.

Baca Juga: Apa Itu Passive Income? Bagaimana Cara Mengumpulkannya?

Apa Saja Contoh Deposit on Call?

Berikut ini beberapa contoh deposit on call yang dapat Sobat LINE Bank gunakan:

1. Deposit on Call Untuk Korporasi dan Bisnis

Ada beberapa bank yang menyediakan layanan deposit on call untuk korporasi dan bisnis. Keuntungan atau investment gain yang diberikan dari deposit on call ini terbilang tinggi dengan tenor mulai dari satu hari hingga tidak lebih dari satu bulan.

Keuntungan yang bisa Sobat LINE Bank dapatkan dari deposit on call ini juga relatif banyak. Selain suku bunga yang didapatkan fleksibel dan kompetitif, deposit on call ini juga otomatis di mana kamu hanya perlu menelepon pihak bank untuk menariknya.

2. Deposit on Call Untuk Pribadi

Selain untuk korporasi dan bisnis, ada juga beberapa bank yang menyediakan deposit on call pribadi. Pastikan saja Sobat LINE Bank memenuhi persyaratan minimal saldo yang disetorkan ketika hendak menggunakan deposit on call ini.

Baca Juga: Ketahui Jenis Deposito Biar Makin Untung!

Apa Saja Manfaat Deposit on Call?

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Sobat LINE Bank dapatkan dari deposit on call:

1. Keuntungan yang Menjanjikan

Dalam menabung, keuntungan bunga biasanya baru bisa didapat setelah menabung selama lebih dari satu bulan. Hal ini berbeda dengan deposit on call, di mana bunga dapat diperoleh mulai dari tiga hari saja. Jadi, meski bersifat jangka pendek, menabung di produk ini tetap bisa memberikan keuntungan yang relatif besar.

2. Cocok untuk Menyimpan Uang Jangka Pendek

Deposito jenis ini cocok untuk orang yang memiliki tanggungan pembayaran dalam waktu jatuh tempo yang dekat seperti untuk berbisnis, tetapi ingin berinvestasi terlebih dahulu. Sambil menunggu, tentunya akan lebih menguntungkan jika menginvestasikan dana di jenis deposito ini agar Sobat LINE Bank bisa menikmati keuntungan dari bunganya.

3. Keamanan Terjamin

Serupa dengan tabungan, keamanan dari deposit on call juga lebih terjamin daripada menyimpannya sendiri di rumah. Pastikan saja Sobat LINE Bank memilih bank yang menjadi bagian dari Lembaga Penjamin Simpanan agar keamanannya terjamin, dan dana tetap bisa dikembalikan meski dalam kondisi ekonomi yang ekstrim.

4. Suku Bunga Dapat Dinegosiasikan

Jika Sobat LINE Bank ingin menggunakan deposit on call, suku bunga yang didapat bisa dinegosiasikan lho agar bisa mendapatkan pengembalian yang maksimal. Hal ini tentunya bisa sangat menguntungkan jika Anda menyimpan dana dalam jumlah yang jauh melebihi ketentuan minimal setoran yang ditetapkan oleh pihak bank. Pasalnya, sejumlah bank menawarkan suku bunga deposito yang lebih tinggi dari suku bunga regulernya ketika nasabah menyetor dana dalam jumlah besar dan memenuhi persyaratan tertentu.

Baca Juga: Gaji 5 Juta, Kata Siapa Tidak Bisa Investasi? Ini Tipsnya!

5. Investasi dengan Risiko Rendah

Deposito jenis ini tergolong sebagai instrumen investasi yang berisiko rendah karena keuntungan dan pengembalian saldo pokok dijamin dan pasti akan sesuai dengan kesepakatan. Risiko dari deposit on call sangat kecil karena pengaruh fluktuasi suku bunga dan faktor ekonomi lainnya juga sangat kecil.

6. Deposit Bisa Diambil dengan Kurs Mata Uang Lain

Selain Sobat LINE Bank dapat mengambil dana deposit on call sewaktu-waktu dengan bunga yang tinggi, dana dari produk deposito berskema on call ini juga bisa diambil dalam kurs mata uang lain. Misalnya seperti, kamu menyimpan deposit skema on call memakai kurs Rupiah.

Ketika dananya ingin dicairkan, kamu dapat mengambil deposit tersebut dalam kurs lain seperti USD, Euro, Yen, Won, serta berbagai valas lainnya yang sesuai kebutuhan dan juga persediaan bank. Walau demikian, ketika mendaftar tabungan deposito on call, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan bank terkait jenis kurs yang nantinya disediakan oleh bank.

7. Salah Satu Bentuk Strategi Investasi Paling Baik

Dengan menawarkan beragam kemudahan, deposito on call merupakan salah satu bentuk strategi investasi paling baik yang bisa kamu lakukan. Selain dilihat dari segi suku bunga, produk deposito satu ini juga dapat kamu manfaatkan untuk melakukan investasi valas. Artinya ketika nilai mata uang Rupiah menguat, Sobat LINE Bank dapat menyimpan uang di bank lalu menukarkannya ke dalam USD. Kebalikannya jika nilai kurs Rupiah menurun, kamu bisa menarik deposit USD tersebut lalu menukarnya menjadi Rupiah.

Kekurangan Deposito on Call

Selain beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menyimpan uang melalui deposito on call, berikut ini merupakan sejumlah kekurangan yang mungkin dialami ketika melakukan investasi deposito on call, antara lain:

  • Risiko terjadinya fluktuasi pada suku bunga pasar akan terjadi
  • Penarikan atau pencairan bunga hanya dapat dilakukan pada saat mencairkan dana deposito on call.
  • Jika ternyata bank mengalami likuidasi, kemungkinan muncul potensi dana deposito yang kamu miliki tidak dapat ditarik sepenuhnya.
  • Imbal hasil keuntungan deposito jenis ini relatif lebih rendah dibandingkan instrumen investasi lainnya.
  • Perhitungan bunga deposito bisa tidak memiliki nilai ketika inflasi sedang meningkat, atau dengan kata lain deposito on call ini cenderung lemah jika terjadi inflasi.

Demikian penjelasan mengenai deposit on call yang dapat kami sampaikan. Jika kamu tertarik untuk menabung tetapi bingung harus di mana, kamu dapat melakukannya di LINE Bank. Buka rekening di LINE Bank sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaat yang menanti kamu!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 308