Loan Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Serta Manfaatnya

Loan adalah salah satu layanan yang banyak disediakan oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang keuangan seperti bank. Loan, atau pinjaman, biasanya banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan yang mendesak seperti biaya pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali jenis pinjaman yang dapat dimanfaatkan tergantung dari kebutuhannya. Untuk melakukan pinjaman, biasanya pihak yang menyediakan pinjaman akan meminta pihak peminjam untuk meninggalkan jaminan atau agunan. Walaupun begitu, sekarang ini sudah ada banyak layanan pinjaman yang tidak memerlukan jaminan atau agunan.

Pada artikel ini, LINE Bank akan membahas mengenai pengertian loan, fungsinya, jenis-jenisnya, dan keuntungannya yang bisa Sobat LINE Bank manfaatkan. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Loan?

Loan, atau pinjaman, merupakan jenis utang yang dapat melibatkan semua jenis benda berwujud, meskipun biasanya diidentifikasi dengan pinjaman moneter atau keuangan. Seperti instrumen utang lainnya, pinjaman memerlukan redistribusi aset keuangan dari waktu ke waktu antara pihak peminjam (debitur) dan pihak pemberi pinjaman (kreditur).

Peminjam pada awalnya menerima sejumlah uang dari pemberi pinjaman yang akan dilunasi dalam jangka waktu sesuai dengan kesepakatan awal, seringkali dalam angsuran berkala, kepada pemberi pinjaman. Layanan ini biasanya diberikan dengan biaya tertentu yang dikenal sebagai bunga utang. Peminjam juga dapat memperoleh batasan yang diberikan dalam bentuk persyaratan pinjaman.

Dalam dunia perbankan, pinjaman sering juga disebut sebagai kredit. Secara umum, hal ini bisa diartikan sebagai sejumlah dana dengan nominal tertentu yang diberikan dengan atau tanpa jaminan dan berstatus sebagai utang, di mana orang tersebut wajib mengembalikannya dengan atau tanpa bunga dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, UU No. 10 Tahun 1998 juga menyebutkan pengertian dari pinjaman. Di dalamnya tertulis, pinjaman atau kredit adalah penyediaan uang atau yang dapat disamakan dengan tagihan, berdasarkan perjanjian pinjaman atau kesepakatan antara bank dan pihak peminjam, di mana peminjam berkewajiban untuk membayar hutangnya secara penuh selama jangka waktu tertentu dengan bunga.

Baca Juga: Terbiasa Hedon? Yuk Belajar dari 5 Fungsi Manajemen Keuangan Perusahaan

Apa Fungsi Dari Loan?

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan dari debitur saja, loan juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Jika Sobat LINE Bank mengajukan loan kepada pihak seperti bank, biasanya akan terdapat skor kredit di mana nantinya jika kamu dapat melunasi pinjaman tersebut dengan tepat waktu, maka skor kredit tersebut akan bagus.

Skor kredit merupakan sistem penilaian yang diterapkan oleh bank untuk melihat kelayakan atau kemampuan Sobat LINE Bank sebagai calon debitur atas pinjaman yang diajukan. Selain itu, skor kredit juga bisa digunakan untuk mengakses berbagai fasilitas pinjaman lainnya. Jika skor kredit milik kamu bagus atau aman, maka pengajuan pinjaman kamu berpotensi untuk disetujui. Dengan memiliki skor kredit yang bagus, artinya kamu merupakan nasabah yang dapat dipercaya oleh bank.

Baca Juga: Begini 4 Cara Bisnis Online di Tengah Ketatnya Persaingan Bagi Kamu Si Pemula

Tujuan dari Loan

Loan atau pinjaman dilakukan untuk memenuhi berbagai jenis keperluan seseorang. Biasanya seseorang melakukan loan bertujuan untuk membayar Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tak hanya itu, terdapat juga pinjaman yang dilakukan guna kebutuhan pribadi namun bukan untuk membeli sebuah aset.

Pemakaian loan juga seringkali dilakukan dalam kredit investasi, seperti pembiayaan untuk mendirikan proyek ataupun melanjutkan proyek tertentu. Hampir mirip dengan hal itu, pinjaman juga digunakan untuk keperluan kredit modal kerja.

Selain ada beragam macam tujuan dilakukannya loan atau pinjaman tersebut, terdapat beberapa tujuan yang lebih sering dijumpai oleh kita. Beberapa tujuan loan tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Loan bertujuan untuk memperbesar atau menambahkan modal suatu organisasi atau badan usaha.
  • Loan bisa mempercepat pergerakan arus pembayaran dan meningkatkan reputasi laporan pembayaran.
  • Seperti yang kita ketahui bahwa loan adalah salah satu sumber pendapatan bank, yaitu berasal dari bunga yang dibayarkan peminjam bersamaan dengan pokok pinjaman.
  • Membantu mendorong kesejahteraan dengan memberikan bantuan dana untuk mendirikan bisnis.

Apa Saja Jenis-jenis Dari Loan atau Pinjaman?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, loan atau pinjaman biasanya ada yang membutuhkan agunan atau tidak. Nah, jenis-jenis dari pinjaman biasanya dibagi berdasarkan hal tersebut. Berikut ini jenis-jenis pinjaman dengan agunan dan tanpa agunan:

Pinjaman dengan Agunan

Pinjaman dengan agunan berarti Sobat LINE Bank diwajibkan untuk meninggalkan sebuah aset yang sama berharganya dengan nilai pinjaman yang diajukan sebagai jaminan atau agunan. Nantinya, setelah kamu melunasi pinjamannya, aset tersebut akan dikembalikan kepada kamu.

Inilah beberapa jenis pinjaman dengan agunan:

  • Kredit Multiguna – Kredit multiguna merupakan produk dari kredit perbankan yang dapat memberikan fasilitas pinjaman tunai kepada debitur dengan jaminan. Biasanya, besaran pinjaman akan disesuaikan dengan aset yang dijadikan sebagai jaminan.
  • Pegadaian – Pegadaian dapat memberikan pembiayaan atau dana pinjaman dengan cepat kepada masyarakat. Pegadaian milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sudah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan memiliki tiga jenis pinjaman, yaitu Kredit Cepat Terjamin (KCA), Kredit Gadai Sistem Cicilan (Krasida), dan Kreasi.
  • Pegadaian Swasta – Pegadaian swasta cukup mirip dengan Pegadaian milik Kementerian BUMN, yang berbeda hanya status kepemilikannya saja. Untuk mengajukan pinjaman dari pegadaian swasta, Sobat LINE Bank harus memerhatikan apakah Pegadaian Swasta tersebut sudah memiliki izin dan terdaftar di OJK atau tidak. Pastikan untuk mengajukan di tempat yang sudah memiliki izin dan terdaftar di OJK, ya!

Baca Juga: Pentingnya Bergaya sesuai dengan Budget!

Pinjaman Tanpa Agunan

Seperti namanya, untuk melakukan jenis pinjaman ini Sobat LINE Bank tidak diharuskan untuk meninggalkan aset sebagai jaminan atau agunan. Hanya saja, biasanya jenis pinjaman ini memiliki bunga yang relatif lebih besar.

Berikut ini beberapa jenis pinjaman tanpa agunan:

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA) – KTA tidak memerlukan Sobat LINE Bank untuk meninggalkan aset sebagai jaminan. Biasanya produk KTA ditujukan untuk biaya pendidikan, biaya darurat, dan lain sebagainya.
  • Pinjaman Online – Pinjaman jenis ini merupakan fasilitas pinjaman yang disediakan oleh berbagai lembaga keuangan dengan basis online. Sobat LINE Bank cukup mengajukan pinjaman melalui aplikasi atau situs web, selanjutnya pengajuan akan diproses tanpa harus mengantri ke lembaga keuangan.
  • Cash Advance Kartu Kredit – Dengan menggunakan jenis pinjaman ini, nasabah dapat menggunakan uang dari rekening kartu kredit yang ada. Dana tersebut nantinya dapat ditarik melalui mesin ATM. Produk ini biasanya disediakan oleh bank-bank, baik yang dari BUMN maupun swasta.

Apa Saja Manfaat Mengajukan Loan atau Pinjaman?

Ada banyak keuntungan dari mengajukan loan atau pinjaman yang dapat Sobat LINE Bank manfaatkan, antara lain:

  • Dana pendidikan
  • Dana darurat
  • Untuk memulai bisnis
  • Untuk mengembangkan bisnis
  • Untuk membeli rumah
  • Untuk membeli kendaraan
  • Untuk membeli alat elektronik

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak manfaat dari mengajukan loan. Hanya saja terkadang pihak peminjam hanya akan menerima aplikasi pinjaman untuk beberapa tujuan tertentu saja.

Kelebihan dan Kekurangan Loan

Meminjam sejumlah dana dari dari lembaga keuangan atau yang disebut loan, yang terkadang digolongkan sebagai aktivitas pinjaman peer to peer lending (P2P), memang dikenal mudah. Perbedaan loan dengan P2P adalah loan bersifat satu arah yaitu hanya memberikan pinjaman tanpa memberitahu sumber modal pinjaman tersebut. Sedangkan P2P bersifat dua arah yang terdiri dari lender dan investor.

Untuk melakukan loan pun terbilang mudah, hanya cukup bermodal KTP serta melakukan pendaftaran yang bisa secara online (menggunakan website atau aplikasi), lalu jadilah pinjaman kamu yang jumlahnya sudah ditentukan dapat cair.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan bahwa seiring dengan kemudahan proses pengajuan loan tersebut, dampak yang pasti terjadi adalah bunganya yang tinggi, yaitu kurang lebih 1% per harinya. Meski terdengar kecil bagi sebagian orang, tetapi bila dihitung secara per bulan, maka bunga bisa mencapai 30%.

Dapat disimpulkan bahwa loan adalah salah satu layanan yang sangat berguna dan memiliki berbagai manfaat. Jika kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman, kamu dapat melakukannya di LINE Bank. Buka rekening di LINE Bank sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaat yang menanti!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285