Smart Spending Kaum Milenial & Gen Z

Spending terus tanpa mikirin yang lainnya?

Tiba-tiba sudah menginjak pertengahan tahun 2022 aja nih Sobat LINE Bank

Annyeong Sobat LINE Bank~

Udah pertengahan tahun, gimana kondisi keuangan kalian? Kepo sedikit, di tahun 2022 ini kalian punya resolusi keuangan nggak? Nah biar resolusi keuangan kamu terjaga hingga akhir tahun ini, ada beberapa cara yang harus kalian terapkan loh. Misalnya, bagaimana mengatur pola pengeluaran, berapa pemasukan, hingga prioritas dari kebutuhan kalian. 

Bisa dibilang, sekarang peraturan pandemi sudah mulai sedikit “longgar” tidak ada salahnya buat lebih “melek” sama kondisi keuangan kamu. Dimana ga menutup kemungkinan kondisi ini buat kamu jadi lebih banyak nongkrong keluar, belanja, liburan, dan lainnya loh. 

Karena itu ada baiknya kamu tau akan 3 hal. 3 hal ini yaitu mengenai pengeluaran. Mulai dari pengeluaran sehari-hari atau living cost, pengeluaran untuk dana darurat, dan jangan lupa sisihkan untuk menabung dan investasi!

Makanya baik untuk kaum milenial, Gen Z, maupun generasi-generasi lainnya kamu harus bisa loh jadi smart spending mulai dari sekarang! Nggak cuman smart dalam pelajaran, tapi smart dalam mengelola keuangan juga! 

Bukan soal pintar matematika jadi otomatis pintar sama uang, tapi soal gimana caranya bisa menuhin kebutuhan sehari-hari tanpa kekurangan. Kalau pintar mengelola keuangan udah ditangan, next step nya itu jadi smart spender. Apalagi buat kamu yang suka belanja. Jangan sampai belanja jadi buat cash flow kamu kebocoran! Harus mulai pinter-pinter nih spending kedepannya 

Buatlah list belanjaan 

Biar belanja harian, mingguan, bulanan kamu nggak acak adul dan berlebihan. Selalu list belanjaan yang ingin dibeli sebelum pergi. Mulai dari bahan makanan, keperluan mencuci, alat kebersihan, dan lainnya. List ini akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam menemukan hal yang harus dibeli. Stick to the list dan jangan biarkan kamu belanja tanpa tau manfaat barang tersebut! Intinya jangan lapar mata semata. 

Baca Juga: Tips Menggunakan Kartu Debit

Perhatikan produk yang promo

Jika kamu berbelanja di supermarket besar, biasanya banyak sekali produk-produk yang diberikan label. Mulai dari buy 1 get 1, potongan harga, diskon reguler, dan lainnya. Tidak ada salahnya buat membandingkan harga dari produk 1 dan produk lainnya demi mendapatkan harga yang lebih murah.

Tidak hanya itu ada juga produk khusus yang akan mendapatkan harga khusus menggunakan pembayaran tertentu, mulai dari kartu debit maupun kartu kredit. Misalnya dengan bayar menggunakan QRIS LINE Bank kamu bisa mendapatkan cashback di merchant tertentu. 

Karena itu kamu harus lihai dalam melihat label-label yang ditempel pada produk. Karena sayang bukan kalau membeli barang yang sama dengan harga yang lebih tinggi?

Manfaatkan layanan digital

Karena teknologi sudah berkembang, layanan digital juga semakin berkembang. Tidak harus membeli di supermarket atau minimarket. Kamu bisa memanfaatkan belanja di e-commerce atau melalui online. Seperti si Shopee, JD.ID, Blibli, Tokopedia, dan lainnya. 

Baca Juga: Aplikasi Wajib Bagi Kaum Mageran!

Banyak promo, harga diskon, hingga gratis ongkir yang bisa kamu nikmati loh. Dengan pembayaran menggunakan Kartu Debit LINE Bank kamu juga bisa dapatkan potongan harga hingga Rp 100 ribu!

Pisahkan setiap pos pengeluaran 

Biar spending kamu tidak berlebihan dan tetap stay on track, lebih baik dari awal kamu pisahkan setiap pos pengeluaran. Misalnya mulai dari pengeluaran living cost, investasi dan tabungan, maupun dana untuk mempersiapkan masa depan lainnya. 

Gimana Sobat LINE Bank, udah ready belum jadi smart spending? 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295