KTA Singkatan Dari Apa? Cek Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Syaratnya 

Hi Sobat LINE Bank,

Kredit tanpa agunan atau biasa disebut dengan KTA adalah produk pinjaman bank yang dapat dilakukan tanpa membutuhkan jaminan atau agunan apa pun. Aturan ini berbeda dengan proses kredit pada umumnya. Proses pencairannya pun relatif lebih cepat. Sehingga KTA bank dapat menjadi solusi bagi kamu yang perlu dana darurat, terutama dalam keadaan mendesak. 

Meski demikian, bank tetap akan melakukan pengecekan kepada calon nasabah, apakah pihak terkait sesuai dengan kriteria bank untuk mendapatkan persetujuan KTA bank. Satu hal yang dapat memengaruhi KTA yaitu riwayat kredit yang pernah dilakukan sebelumnya. Jika pengajuan KTA bank disetujui, maka kamu akan langsung dihubungi oleh bank untuk bisa lanjut ke proses selanjutnya.

Apa Saja Jenis KTA?

KTA Singkatan Dari Apa? Cek Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Syaratnya 

Kamu kini telah mengetahui arti dari KTA bank. Namun, sebelum mulai mengajukan KTA bank, penting banget untuk tahu terlebih dahulu berbagai jenis KTA. Jenis ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jenis-jenis KTA tersebut antara lain:

1. KTA Reguler

KTA reguler adalah pinjaman tanpa agunan yang dibuka untuk umum oleh bank atau sebuah lembaga keuangan. Semua masyarakat dapat mengajukan KTA reguler melalui institusi atau bank mana pun karena kelebihan dari jenis KTA reguler adalah kamu tidak harus menjadi nasabah bank atau lembaga keuangan yang bersangkutan. Hal itu membuat KTA reguler menjadi pilihan banyak orang.

2. KTA Payroll

Jenis KTA yang berikutnya adalah payroll. KTA payroll merupakan jenis pinjaman tanpa agunan yang hanya dapat diajukan oleh karyawan  perusahaan dengan menggunakan sistem payroll. 

Keuntungan dari jenis KTA payroll ini adalah pemberian dana pinjaman yang lebih besar dan lebih cepat karena pihak bank menganggap bahwa karyawan yang mengajukan pinjaman dapat melunasi utangnya selama dipekerjakan oleh perusahaan. Jenis ini juga sering digunakan oleh perusahaan untuk memberikan gaji karyawan. 

Baca Juga: Loan Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Serta Manfaatnya

Apa Saja Fungsi KTA?

Setelah mengetahui artinya dan juga beragam jenis dari KTA, sekarang kamu juga harus tahu pula fungsi dari KTA. Fungsi dari kredit tanpa agunan atau KTA adalah:

1. Dana Darurat

Sebuah keadaan mendesak terkadang tidak bisa kita hindari, seperti terjadi kerusakan pada bagian rumah dan membutuhkan renovasi yang cukup besar. Sehingga akan lebih baik jika mempersiapkan dana darurat yang mungkin dibutuhkan sewaktu-waktu. 

Namun, jika belum ada persiapan dan membutuhkan dana cepat, KTA dapat menjadi solusi penyediaan dana darurat kamu. Masa pencairan dana KTA juga relatif cepat, bisa mempermudah seseorang untuk mendapatkan dana saat kondisi darurat.

2. Penyediaan Dana Kebutuhan 

Selain dana darurat, KTA juga berfungsi sebagai penyedia dana kebutuhan masyarakat baik kebutuhan operasional maupun pribadi seperti renovasi kantor, biaya pernikahan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Apa sih yang Dimaksud dengan Deposit on Call?

Apa Saja Manfaat Mengajukan KTA?

Selain 2 tujuan di atas, mengajukan KTA juga bermanfaat di beberapa hal mulai dari kebutuhan modal usaha hingga pemenuhan kebutuhan rumah. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dari kredit tanpa agunan: 

1. Modal Usaha

KTA dapat menjadi salah satu sumber modal yang tepat bagi usaha kamu atau sumber dana pengembangan usaha. Hal ini dikarenakan dalam mengajukan kredit KTA, tidak diperlukan jaminan aset apa pun.

2. Biaya Pendidikan

Pengajuan KTA dapat berfungsi untuk membantu kebutuhan dana akan biaya pendidikan. Terutama pada tingkat atas seperti perkuliahan, mengingat biaya awal masuk dan biaya UKT yang tidak sedikit.

3. Memenuhi Kebutuhan Rumah

Bagi kamu yang berencana merenovasi rumah atau mengganti dan mengisi rumah dengan furniture baru, pinjaman KTA adalah solusi tepat. Dana yang dipinjam untuk memperbaiki atau memenuhi kebutuhan rumah tidak akan menjadi hal yang sia-sia karena rumah dan segala kebutuhan di dalamnya akan dirasa manfaatnya untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Untung dan Ruginya Mengambil Rumah Secara Cash!

Apa Syarat Mengajukan KTA?

Apabila kamu berniat untuk mengajukan KTA, terdapat beberapa syarat yang harus kamu lengkapi. Sebelumnya, konsultasikan terlebih dahulu tujuan pinjaman ke pihak profesional, tak terkecuali pihak Bank yang menangani KTA, agar dana ini dapat digunakan sesuai dengan rencana dan kebutuhan Sobat Line Bank. Syarat umum pengajuan KTA sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia

Syarat pertama yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman KTA pastinya kamu harus berkewarganegaraan Indonesia.

2. Usia

Batas usia minimal untuk mengajukan KTA adalah 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat pembayaran pinjaman lunas.

3. Kepemilikan KTP

Untuk melakukan pinjaman KTA, kamu diwajibkan memiliki kartu tanda penduduk sebagai kartu identitas.

4. NPWP Jika Diperlukan

Apabila dana pinjaman yang diajukan nilainya lebih dari Rp. 50 juta, kamu harus menyertakan NPWP saat pengajuan.

5. Penghasilan 

Peminjam diwajibkan untuk memiliki penghasilan tetap dengan nilai minimal Rp. 2 juta hingga Rp. 3 juta setiap bulannya..

Jadi, KTA adalah produk kredit yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya untuk memenuhi kebutuhan dana masyarakat umum maupun pegawai di dalamnya. Apabila kamu membutuhkan KTA segera dengan proses yang mudah dan tanpa biaya admin sedikit pun, Sobat LINE Bank bisa menggunakan KTA dari LINE Bank

LINE Bank menyediakan KTA dengan limit tinggi dan berbagai pilihan jangka waktu mulai dari harian hingga bulanan. Tunggu apa lagi? Download LINE Bank sekarang untuk rasakan kemudahaan transaksi keuangan dalam satu genggaman.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285