Untung dan Ruginya Mengambil Rumah Secara Cash!

Hai Sobat LINE Bank!

“Kalau memang bisa membeli tunai, lebih baik secara tunai saja.” 

Mungkin bagi sebagian orang, kata-kata diatas sudah tidak asing lagi. Banyak orang yang berkata membeli rumah secara cash akan jauh lebih menguntungkan dan tidak ribet. Karena itu tidak sedikit yang merekomendasikan untuk membelinya secara tunai saja. 

Walaupun menjadi impian, namun tak banyak orang yang membeli menggunakan cara ini. Bisa dibilang lebih banyak orang yang mengambil KPR. Jika kemarin kita membahas secara KPR, kali ini kita akan membahas membeli secara tunai, keuntungan, kerugian, dan hal-hal lain yang berhubungan. 

Jadi apakah benar membeli rumah secara tunai akan jauh lebih menguntungkan kita? Jika ditanya bisa dibilang membeli secara cash akan lebih menguntungkan. Hal ini tentu dikarenakan dapat menghemat lebih banyak biaya. Disaat kita membeli rumah secara tunai kita tidak akan dibebankan oleh bunga kredit. 

Namun, walaupun begitu membeli secara cash tidak 100% menguntungkan loh. Karena apapun pilihan yang diambil, secara cash maupun kredit pasti akan ada resikonya. Simak penjelasan dibawah ini mengenai keuntungan dan kerugian membeli rumah secara cash

Baca juga: Strategi marketing Apple yang bisa kalian terapin

Keuntungan

  • Tidak dikenakan bunga

Tentunya dengan membeli secara cash akan membebaskan kamu dari kewajiban membayarkan bunga tiap bulannya. Tidak hanya itu kamu juga tidak perlu membayar cicilan tiap bulannya. Kamu juga tidak perlu khawatir rumah kamu disita jika tidak membayar cicilan tepat waktu.

Baca juga: Pasca hari raya jangan sampe lewatin ini

  • Lebih murah

Sesuai dengan penjelasan kemarin, apabila membeli rumah secara kredit berakibat rumah menjadi jauh lebih mahal dikarenakan bunganya. Maka membeli secara cash yang tidak akan dikenakan bunga tentunya harga murah akan menjadi lebih murah. Selain itu, kamu juga tidak dibebani dengan biaya-biaya lain yang biasanya dikenakan jika membeli secara kredit atau KPR.

Baca juga: Cuan dari content di TikTok

  • Dapat melakukan negosiasi

Tidak dapat dipungkiri, membeli rumah secara cash atau tunai akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penjual rumah maupun agen real estate. Karena itu kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bernegosiasi dan mendapatkan harga terbaik. Tentunya jika beruntung, bisa saja kamu mendapatkan harga di bawah harga pasaran. 

Baca juga: Berhutang boleh, tapi harus tau porsinya!

Kekurangan

  • Berisiko

Membeli secara cash atau tunai dapat dinilai berisiko. Hal ini dikarenakan secara tidak langsung kamu menginvestasikan sebagian besar uang kamu ke dalam 1 tempat yaitu rumah. Membayar rumah dengan jumlah penuh di muka memang dapat menghilangkan biaya overhead yang mungkin di kedepannya akan berguna untuk kamu apabila kondisi keuangan kamu mengalami kesulitan. Karena tidak seperti aset lainnya, rumah tidak tergolong aset yang likuid, karena tidak mudah untuk menjualnya.

Baca juga: Mengenal utang baik atau utang produktif

  • Kehilangan leverage keuangan 

Kamu tentu tahu kalau pasar real estat terus berfluktuasi. Ini bisa menjadi salah satu masalah jika kamu mempertimbangkan untuk menjual rumahnya nanti. Karena bisa jadi nantinya, akan dinilai dengan harga yang lebih murah daripada harga awal pada saat kamu membelinya. Karena itu tidak sedikit orang yang menjual rumah dengan istilah BU atau butuh uang. 

Jadi sebenarnya mana yang lebih menguntungkan? Tidak ada jawaban 100% benar tentang mana yang lebih menguntungkan antara cash maupun kredit. Hal ini tentunya karena pada saat kondisi apa kamu membeli rumah.

Jika memang kamu memiliki dana yang cukup untuk membeli secara cash, membeli secara cash akan menguntungkan karena tidak dibebani dengan biaya lain-lain. Namun, jika memang kamu tidak memiliki dana lebih maka kamu bisa mengambil dengan KPR dan sisa uangnya bisa kamu alokasikan ke tempat lain, bisa ditabung, di investasikan, maupun digunakan untuk kepentingan lainnya.

Biar semakin semangat menabung membeli rumah, kamu juga bisa menggunakan LINE Bank loh. Dengan menggunakan multiple saving maka uang yang sudah dipisahkan tidak lagi terpakai untuk kebutuhan lain. Sedangkan dengan deposito, kamu bisa mendapatkan bunga 4.5%*p.a! Yuk download LINE Bank sekarang.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 308