Pasca Hari Raya, Jangan Sampe Lewatin Ini!

Idul Adha telah selesai..!

Annyeong Sobat LINE Bank~

Gimana nih rayain Idul Adha kemarin? Sudah puas atau masih mau makan daging lagi? Bagi yang habis makan banyak, gimana perasaan kamu makan banyak bersama keluarga? Nah pasca hari raya telah tiba, sekarang harus kembali ke rutinitas awal, mulai bekerja, sekolah, dan mengurus rumah tangga seperti biasanya. Walaupun memang agak sedih karena hari Idul Adha kemarin jatuh di hari Sabtu ya.

Walaupun begitu tetap senang bukan? Setelah memulihkan letih dan penat dengan makan banyak, ada 1 hal lagi loh yang perlu diperhatikan untuk dipulihkan. Ada yang tahu apa?

Betul sekali Sobat LINE Bank! Keuangan. 

Bisa jadi hari raya kali ini, tidak sedikit yang melakukan pengeluaran ekstra. Mulai dari membeli baju baru, makanan, kue, hampers parsel, maupun untuk membeli sapi, kambing, kerbau untuk qurban. Walaupun mungkin sebagian ada yang sudah memprediksi pengeluarannya, tidak ada salahnya tetap memulihkan keuangan kita setelah lebaran. 

Karenanya kondisi keuangan juga harus dibenahi seperti sedia kala. Karena itu ada baiknya kamu melakukan evaluasi keuangan pasca lebaran

Evaluasi keuangan kamu yuk

Jangan hanya bisa untuk menghabiskannya, yuk belajar juga cara mengevaluasinya. Untuk mengevaluasi keuangan hal yang perlu kamu ketahui yaitu mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan.

Dengan mencatat pengeluaran yang telah dilakukan selama libur lebaran kemarin, kamu akan lebih mudah dalam mengevaluasi keuangan kamu. Hal ini akan membuat kamu mengetahui berapa banyak pengeluaran yang dilakukan, baik kartu kredit, tabungan, maupun cash. Setelah mengetahuinya kamu juga akan tahu berapa banyak dana yang harus kamu siapkan untuk melunasi utang kartu kredit atau hal lainnya setelah lebaran ini. 

Lunasi utang

Agar tidak terjadi kebocoran keuangan yang lebih parah, ada baiknya kamu memfokuskan diri untuk melunasi utang. Karena dengan terbebasnya kamu dengan utang, maka semakin lega juga perasaan kamu. Sobat LINE Bank juga bisa lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan lainnya yang ada. 

Jika nyatanya utang yang ada memiliki nominal besar, kamu bisa memulai alokasikan budget lain untuk utang ini. Misalnya dari penghasilan bulanan kamu untuk memenuhi keinginan sebesar 15%. Maka kamu bisa memangkasnya menjadi 10% atau 5% untuk melunasi utang yang ada. Kamu juga bisa menggunakan multiple saving LINE Bank untuk memisahkan setiap pengeluaran. Dengan ini kamu akan lebih mudah dalam melunasi utang dan tidak mengganggu keuangan lainnya. 

Istirahat

Walaupun liburan sangat menyenangkan, jangan sampai lupa untuk istirahat sejenak. Istirahat tentu hal yang penting untuk dilakukan agar kamu dapat kembali ke rutinitas biasa. Tidak hanya istirahat mental dan fisik, kamu juga harus istirahat dari gaya hidup konsumtif ya!

Karena sedang proses pemulihan keuangan setelah lebaran, sebaiknya jangan membeli barang yang tidak diperlukan. Hindari juga menggunakan fasilitas PayLater ya Sobat LINE Bank. Selagi masih ada utang yang belum terlunasi, hindari mengambil utang lainnya ya~

Mulai menabung lagi!

Setelah semua utang terlunasi dan sudah beristirahat, ini waktunya untuk mulai menabung lagi! Demi membalaskan uang yang sudah hilang, mari kita mulai mengisi rekening tabungan dan investasi lagi. Untuk kegiatan ini kamu bisa melakukannya seperti biasa. 

Selain itu kamu juga bisa melakukan hal lain loh untuk mendapatkan penghasilan lebih. Misalnya melakukan part-time atau berjualan. Sekarang sudah banyak sekali pekerjaan part-time yang bisa dilakukan di hari libur. Misalnya menjadi barista, freelancer, dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan hobi kamu atau keunggulan kamu untuk mendapatkan tambahan uang. Kamu juga bisa menjadi reseller atau menjual barang yang sudah kamu tidak pakai tapi masih layak (preloved).

Walaupun hanya part-time, freelancer, maupun reseller tidak sedikit yang mendapatkan keuntungan besar dari pekerjaan ini. Jangan lupa juga untuk mengatur waktu kamu dengan baik. Apalagi jika kamu memiliki pekerjaan tetap, jangan sampai pekerjaan tetap kamu terganggu. Ada baiknya kamu menyesuaikan pekerjaan sampingan ini dengan pekerjaan tetap kamu ya~

Baca juga: Dapat THR, Lakukan Hal ini Yuk!

Pro tip habis lebaran!

Biar Sobat LINE Bank bisa tetap fokus bayar utang dan memenuhi kebutuhan lainnya, cobain pro tip ini yuk!

  1. Promo~

Mau belanja untuk kebutuhan rumah atau groceries shopping bisa makin hemat kalau kamu pake Kartu Debit LINE Bank. Mulai dari Shopee, Tokopedia, Alfamidi, Family Mart, Blibli, dan e-commerce kesayangan kalian lainnya. 

Tidak hanya itu, biar nggak lelah dan lesu saat kerja, jangan lupa buat istirahat. Istirahat sambil nonton dan dengerin lagu makin happy karena dapat cashback 50 ribu dari LINE Bank~

  1. Deposito~

Kamu bisa mulai investasi dengan risiko rendah salah satunya dengan deposito LINE Bank. Dapatkan bunga hingga 4.5%* p.a hanya dengan menabung mulai dari Rp 1 juta aja.  Nggak perlu khawatir kalau butuh uangnya, kamu bisa langsung cairkan tanpa terkena denda. 

Itu dia Sobat LINE Bank beberapa hal yang ga boleh kamu lewatkan setelah usai lebaran! Coba komen di bawah dari hal diatas, kamu udah ngelakuin yang mana aja nih??

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295