Dapat THR, Lakuin Hal Ini Yuk!

Lebaran semakin dekat nih Sobat LINE Bank

Mungkin beberapa dari Sobat LINE Bank sudah ada yang menerima THR alias Tunjangan Hari Raya nih. Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hak pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh pengusaha (perusahaan) kepada para karyawannya menjelang Hari Raya.

Biasanya saat menerima THR tentu kita akan langsung sangat merasa senang. Kenapa tidak, jumlah yang diterima sama besarnya dengan sekali gaji bulanan. Jadi bisa dibilang dalam bulan yang sama kita menerima 2 kali gaji. Sangat menyenangkan bukan?

Biasanya THR wajib dibayar kepada para karyawan paling lambat 7 hari sebelum hari raya. Dikarenakan tahun ini Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 2 Mei, maka THR wajib dibayar paling lambat 25 April 2022. 

Seperti uang kaget, tapi bukan berarti kita bisa menggunakannya tanpa rencana apapun ya. Sesuai dengan namanya yaitu Tunjangan Hari Raya, berarti kita juga harus menggunakannya untuk keperluan dan kebutuhan hari raya.

Karena tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan kita untuk melakukan mudik. Hari raya tahun ini akan lebih berkesan lagi tentunya daripada tahun sebelumnya. Pemerintah juga menetapkan peraturan ganjil genap hingga satu arah. Karena itu sebelum pergi mudik kamu bisa melihat peraturan dan jadwal yang berlaku. Jangan lupa juga untuk tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan ya Sobat LINE Bank.

Karena bisa dibilang hari raya tahun ini hampir sudah bisa beraktivitas seperti biasanya. Maka kamu juga harus bijak dalam menggunakan THR kamu. Jangan gunakan THR kamu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan menimbulkan utang konsumtif ya.

Maksud hati mempertebal rekening sendiri eh malah rekening orang lain yang tebal alias bayar utang. Karena itu kamu harus memiliki perencanaan mengelola THR yang baik dan sesuai. 

Bagaimana caranya membuat perencanaan keuangan 

Pisahin pengeluaran kamu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mulai pisahin setiap pengeluaran kamu. Misalnya untuk makan, transport, nabung, investasi, dan lainnya. Breakdown setiap pengeluaran yang ada, cara ini bisa buat kamu lebih gampang mengatur keuangan kamu.

Baca Juga: Puasa kok Boros?

Setelah mengetahui pengeluaran apa saja, jangan lupa untuk membuat prioritas. Dari setiap pengeluaran yang dilakukan pasti ada pengeluaran yang lebih penting dari yang lainnya. Karena itu kamu harus mengetahuinya dan memprioritaskan hal tersebut terlebih dahulu. Kamu juga bisa menggunakan multi rekening LINE Bank untuk mempermudah ini.

Segera membayar tagihan yang ada

Jika kamu memiliki hutang atau cicilan dalam bentuk kartu kredit maka kamu bisa mencari yang tanpa bunga. Hal ini agar kamu tidak menambah beban yang sudah ada. Selain itu pastikan kamu membayar tepat waktu. Kamu juga harus mengetahui utang produktif dan utang konsumtif. Usahakan bahwa hutang yang kamu miliki itu produktif bukan konsumtif.

Lalu THR bisa dibuat untuk apa saja?

Setelah mengetahui secara singkat bagaimana cara mengatur atau membuat rencana keuangan. Sekarang kamu bisa menggunakan THR kamu dengan lebih bijak lagi. Kamu juga bisa menggunakan THR kamu untuk beberapa kegiatan dibawah ini loh

Zakat

Karena kita mendapatkan rezeki lebih di bulan suci ini, tidak ada salahnya untuk berbagi. Hal ini tentu agar orang lain juga bisa merasakan rezeki dan kesenangan di bulan suci ini bukan?

Tidak perlu banyak, kamu bisa memberikan seikhlasnya loh. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyisihkan beberapa % untuk kegiatan ini. Memberikan makan, sembako, donasi, ataupun hal lainnya yang ingin kalian lakukan. Hal ini juga akan membuat kalian merasa lebih senang saat dapat menyenangkan orang lain juga bukan?

Dana darurat

Kapanpun itu, dana darurat adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Jika kamu sudah memiliki dana darurat maka itu sudah sangat bagus. THR kali ini bisa kamu sisihkan beberapa untuk masuk ke rekening dana darurat kamu. Karena semakin banyak dana darurat yang dimiliki, maka kamu juga akan merasa lebih aman dan tenang.

Jika kamu belum memiliki dana darurat, maka ini saatnya untuk menyiapkannya. Sisihkanlah 5-10% THR kamu untuk dana darurat kamu. Jangan lupa untuk rajin dan konsisten dalam mengumpulkan dana darurat kamu ya Sobat LINE Bank.

THR keluarga

Kamu juga bisa memberikan THR kepada para ponakan atau mama papa kamu loh. Mereka yang belum bekerja maupun sudah tidak bekerja lagi, pasti akan senang menerimanya. Apalagi bisa dibilang ini juga hasil kerja keras kamu selama ini bukan? Tidak ada salahnya untuk memberikan kepada orangtua sebagai ucapan rasa terimakasih selama ini.

Keperluan lebaran

Jangan lupa untuk tujuan awal ya Sobat LINE Bank. THR juga bisa digunakan untuk membeli kebutuhan maupun keperluan lebaran nanti. Hal ini agar cashflow kalian tidak terganggu karena kenaikan harga yang terjadi dan lainnya. 

Membeli baju baru, ongkos mudik, membeli bahan makanan, snack, kue kering, membersihkan rumah, dan lainnya. Semua hal ini bisa kamu bayarkan menggunakan THR yang kamu terima. 

Investasi dan menabung

Karena kamu dapet dapet uang lebih di bulan suci ini, maka kamu juga harus menabung dan investasi lebih dong bulan ini! Karena kalau pendapatan kamu meningkat, maka investasi dan menabung kamu juga harus meningkat. Jangan terbalik ya Sobat LINE Bank. Jangan sampai yang meningkat itu gaya hidup kamu. Gawat nanti deh dompet kamu. 

Jika biasanya dalam 1 bulan kamu bisa menabung dan investasi sebesar 10% dari pendapatan kamu. Maka khusus bulan suci ini, sisihkan 15-20%. Misalnya 10% untuk ditabung dan 10% lagi untuk ditaruh di beberapa instrumen keuangan yang kamu gunakan.

Jangan sampai lupa ya Sobat LINE Bank untuk pergunakan THR sebaik dan sebijak mungkin. Bisa memanfaatkan fitur multi rekening LINE Bank atau buka rekening deposito LINE Bank. Dapatkan bunga deposito sebesar 4.5%* p.a. Multi rekening LINE Bank juga bisa kamu gunakan buat misahin setiap pengeluaran kamu. Nabung no worries, THR spending wise, Hari Raya Idul Fitri makin happy deh~

Kalau kamu, THR tahun ini dipake buat apa aja nih?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 311