Idul Fitri Tiba, Yuk Persiapkan Beberapa Hal Ini!

Idul Fitri telah tiba!!!

Eits, belum kok Sobat LINE Bank, sabar yaa, sebentar lagi kok. Memang hari terkadang berjalan sangat cepat ya. Tidak terasa sudah mendekati lebaran aja. Sudah hampir setengah bulan kita melakukan puasa, melakukan kegiatan pada umumnya, bekerja, bahkan sudah ada yang sekolah offline lagi nih. Walaupun masih dalam keadaan pandemi, tidak menghalangi kita untuk menjalankan aktivitas dan lainnya. 

Tentu kita semua tahu, setelah berpuasa penuh selama 30 hari, umat Muslim akan menyambut hari raya Idul Fitri. Banyak sekali yang menyambut hari raya ini dengan sukacita dan antusias. Walaupun dalam kondisi pandemi, tidak sedikit pusat perbelanjaan yang ramai. Bahkan terkadang restoran, tempat makan, ataupun mall-mall terlihat lebih ramai menjelang lebaran ini. Banyak orang yang berbuka bersama atau mulai belanja kebutuhan-kebutuhan untuk menyambut hari raya nanti.

Layaknya budaya yang memang sudah melekat, hal ini tentu sudah menjadi kebiasaan yang terjadi setiap satu tahun sekali. Namun karena sedang dalam kondisi pandemi, kita tetap harus menjaga protokol kesehatan ya Sobat LINE Bank! 

Dalam menjelang idul fitri biasanya setiap orang pasti mempersiapkan banyak hal. Tentunya hal ini dilakukan dikarenakan budaya yang sudah ada sejak dulu.

Persiapan apa saja yang biasa dilakukan sebelum menjelang hari raya?

1. Bersihkan rumah

Biasanya setiap menjelang hari raya semua orang akan membersihkan rumahnya terlebih dahulu. Setiap anggota keluarga pasti akan bergotong-royong untuk membersihkan rumah bersama. Hal ini dikarenakan biasanya menjelang lebaran, rumah akan ramai dengan tamu baik keluarga besar maupun tetangga. Karena itu sebelum hari raya datang, kegiatan membersihkan rumah agar para tamu yang datang nyaman saat bertamu. Karena kalau rumah bersih mengobrol bersama pastinya makin betah bukan?

2. Membeli baju baru

Nggak cuman membersihkan rumah, membeli baju baru juga salah satu budaya saat menjelang hari raya ini. Memang tidak berlaku untuk semua orang atau tidak wajib dilakukan ya. Tapi biasanya kebanyakan orang mengenakan baju baru saat Hari Raya Idul Fitri ini. 

Karena itu biasanya tempat perbelanjaan penuh dengan lautan manusia yang ingin membeli baju baru. Seperti Tanah Abang, Mall, Department Store, Pasar, dan tempat lainnya. Tidak hanya itu biasanya menjelang hari raya, banyak sekali pusat perbelanjaan yang mengadakan Midnight Sale hingga pukul 12 malam. 

Namun dikarenakan pandemi Covid-19 yang sudah berjalan 2 tahun, kegiatan Midnight Sale ini sudah ditiadakan. Hal ini tentu sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia

3. Tukar uang menjadi uang baru

Tukar uang baru menjadi budaya yang tidak lepas juga saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat berbondong-bondong untuk menukarkan uang baru. Bahkan tidak sedikit yang menjadi calo atau muncul orang-orang yang menawarkan penukaran uang baru di jalan. Biasanya saat menjelang hari raya, bank-bank juga telah mempersiapkan dana untuk proses penukaran uang baru ini. 

4. Memberi angpao atau “THR”

Tentunya menukar uang baru bukan hal yang semata-mata dilakukan tanpa maksud tertentu. Karena menjelang hari raya hal yang ditunggu-tunggu pasti adalah angpao atau “THR” bukan? 

Pemberian angpao atau THR ini juga dilakukan tidak hanya untuk sanak keluarga tapi juga kepada karyawan loh. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan karyawan dan keluarganya dalam merayakan Hari Raya ini. 

5. Makanan khas lebaran

Selain itu, budaya saat menjelang hari raya yaitu masakan khas lebaran. Tentu kita semua tahu saat menjelang hari raya, mama kita akan membeli atau memasak banyak sekali makanan. Banyak sekali makanan yang menjadi ciri khas dari Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari rendang, opor ayam, ketupat, dan lainnya. Bahkan tidak sedikit yang menyiapkan ketiga makanan ini sekaligus loh. 

Tidak hanya makanan berat pasti ada saja kue kering dan snack-snack di meja makan. Salah satu kue kering yang biasa disajikan adalah kue nastar. Bisa dibilang nastar menjadi primadona di seluruh rumah saat menjelang Hari Raya Idul Fitri ini.  Tidak perlu repot lagi untuk membuatnya, sekarang kita sudah bisa membelinya dengan mudah di toko offline maupun online. Jangan lupa untuk membeli minumannya juga ya Sobat LINE Bank.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu persiapkan menjelang Hari Raya Idul Fitri ini. Selain menjalankan tradisi ini dan mempersiapkan hal tersebut, alangkah baiknya kamu memperhatikan kondisi keuanganmu juga.

Beberapa hal ini bisa membuat kondisi keuangan kamu tetap aman!

1. Sisihkan terlebih dahulu budget untuk lebaran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu menyisihkan terlebih dahulu untuk kepentingan maupun keperluan lebaran. Karena jika kamu tidak membuat budget untuk kebutuhan ini bisa-bisa keuangan kamu mengalami ‘kebocoran’ loh.

Jika memang kamu belum mendapatkan THR maupun hari gajian belum tiba, maka kamu bisa menggunakan beberapa dari tabungan kamu. Kamu juga bisa membeli kebutuhan prioritas terlebih dahulu, hal ini agar pengeluaran kamu tidak membengkak dalam 1 waktu. 

Baca juga: Ramadhan Berkah, Dompet Aman~

Misalnya, membeli baju baru bisa kamu tunda terlebih dahulu hingga THR keluar. Tentunya cara ini akan lebih membuat dompet kamu ‘bernafas’. Intinya, jangan sampai kamu mengalami ‘kebocoran’ keuangan bahkan harus sampai meminjam untuk mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri ini ya!

2. Evaluasi keuangan kamu selama menjelang hari raya

Selain menyisihkan dan membuat budget untuk puasa, kamu juga tetap harus mengevaluasi keuangan kamu loh. Coba deh ingat-ingat kembali puasa tahun lalu, bagaimana kondisi keuangan kamu? Apakah aman atau malah jadi makin kering? 

Nah kalau misalnya tahun lalu keuangan kamu bermasalah, maka jangan sampai kejadian tersebut terulang lagi. Evaluasi keuangan kamu mulai sekarang, ketahuilah pengeluaran dan dana yang dimiliki sekarang. 

Dengan ini, kamu akan mengetahui pengeluaran apa saja yang dilakukan dan akan dilakukan. Seperti membeli bahan makanan, kue kering, snack, perlengkapan ibadah, hingga dana untuk mudik jika kamu akan pulang kampung. Hal ini dilakukan agar kondisi keuangan kamu tetap baik selama lebaran dan setelah lebaran.

Itu dia Sobat LINE Bank beberapa hal yang bisa dilakukan agar keuangan saat lebaran tidak membengkak. Kamu juga bisa loh menggunakan catatan di buku untuk membuat budgeting atau evaluasi keuangan kamu. Atau gunakan aplikasi LINE Bank untuk mempermudah mengatur keuangan kamu. 

Kamu bisa membuat 8 rekening sekaligus dalam 1 akun. Fitur ini membuat kamu lebih mudah dalam memisahkan pengeluaran-pengeluaran kamu. Kamu juga tidak akan mengeluarkan uang lebih dari yang telah kamu sisihkan di dalam rekening ini. 

Selain itu kamu juga bisa menikmati penawaran menarik yang diberikan LINE Bank loh. Dengan menggunakan kartu debit LINE Bank, dapatkan diskon up to Rp100.000!

Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir batin ya Sobat LINE Bank!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277