Cuan Dari Content di Tiktok!

Annyeong Tiktokers~ 

Annyeong Sobat LINE Bank~

Siapa nih yang setiap hari nggak pernah absen buka TikTok? Entah itu hanya melihat tren, mencari hiburan, atau bahkan kamu salah satu content creatornya? 

Bisa dibilang semenjak pandemi, banyak sekali orang yang mulai mencari cuan melalui sosial media loh. Salah satu platform yang sering digunakan untuk mencari cuan ini yaitu TikTok. Aplikasi TikTok ini digunakan untuk mempublish video singkat dengan berbagai konten. Mulai dari konten lucu, tips masak, rekomendasi film, dan masih banyak lagi.

Lalu sebenarnya bagaimana caranya menghasilkan uang dari aplikasi ini? Karena sudah banyak sekali bukan content creator TikTok yang sukses. Tidak hanya sebagai pekerjaan sampingan, tidak sedikit yang menjadikan ini sebagai full time content creator. 

Intip cara cuan melalui aplikasi TikTok

Kalau misalnya content creator Youtube mendapatkan uang dari AdSense. Berbeda dengan TikTok, karena disini siapapun bisa menghasilkan cuan dengan beberapa cara yang ada. Karena keuntungan mencari cuan di TikTok bisa dibilang tidak terlalu sulit seperti platform lainnya. Siapapun kamu bisa saja masuk dalam FYP TikTok. Tidak peduli kamu artis atau bukan, kamu memiliki followers yang banyak atau tidak. Asalkan kamu membangun akun kamu dengar benar dan konten kamu disukai, algoritma TikTok akan membaca itu!

Belajar jadi influencer versi TikTok

Walaupun kamu tidak memiliki followers yang banyak dan bukan seorang artis di dunia nyata. Konten kamu tetap bisa go viral di platform ini. Bagi yang belum tahu, kebanyakan masyarakat kita ini menyukai konten yang sedikit mengandung bawang dan drama. 

Eits, bawang di sini bukan berarti wibu ya. Tapi emosional, dimana konten kamu bisa membuat audience merasakan emosi kamu itu. Atau yang lebih mudah itu mengandung drama atau clickbait. 

Kamu bisa mulai research video-video yang masuk FYP seperti apa, konten video mana yang lebih banyak mendapatkan respon dari pengguna lainnya. Jika konten kamu sudah terbaca oleh algoritma TikTok, maka kemungkinan besar jumlah views dan engagement juga akan turut meningkat.

Jika sudah lumayan ramai, kamu tinggal tunggu saja waktunya brand-brand ingin bekerjasama dengan kamu~

Konten yang disponsori

Berbeda dengan yang diatas, yang satu ini diperuntukkan bagi kamu content creator sejati TikTok. Jika kamu sudah memiliki banyak followers, maka brand atau agensi akan lebih banyak ingin bekerjasama dengan kamu. 

Dari sini para agensi atau brand akan mempertimbangkannya. Mulai dari engagement setiap content kamu, cocok atau tidaknya dengan pasar brand, dan lainnya. Jika kamu beruntung maka mereka akan mulai menawarkan bekerja sama untuk postingan konten yang disponsori atau sponsored content.

Baca juga: Cara Wendy Walters mengatur keuangan

TikTok manager dan marketing

Kalau kamu lebih suka bekerja dibalik layar, maka profesi ini mungkin lebih cocok sama kamu. Tentunya tidak mudah, tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya ya~

Profesi ini lebih mengelola sebuah akun TikTok orang lain dan membantu untuk mengembangkannya. Karena tidak hanya akun seorang content creator atau influencer, tapi kamu juga bisa menyasar brand sehingga perusahaan besar loh. Apalagi TikTok menjadi salah satu platform yang mulai digencar untuk melakukan promosi.

Untuk marketing pastinya kamu harus bisa menarik lebih banyak lagi konsumen untuk akun yang kamu kelola. Bisa dibilang kamu harus paham dalam membaca algoritma TikTok. Karena TikTok juga rutin melakukan kegiatan targeting marketing pada audiens.

Jadi untuk ini akan cocok sama kalian yang suka dan paham akan dunia marketing nih~

Oh ya jika kamu sudah mulai mendapatkan cuan dari platform ini jangan langsung dihabiskan ya! Self-reward boleh, tapi jangan lupa untuk ditabung. Putarkan uang kamu, biar kamu bisa membuat konten yang lebih bagus lagi.

Kamu juga bisa kok menggunakan multiple savings LINE Bank untuk memisahkan hasil kerja kamu dari sini ya. Nggak cuman itu, kamu juga bisa misahin modal untuk support kegiatan content creator kamu nih. Misalnya untuk membeli phone holder, ring-light, mic, dan alat-alat content creator lainnya. 

Itu dia 3 cara cuan dari TikTok ya Sobat LINE Bank~

Siapa lagi nih yang mau di spill cara lainnya? Coba komen di bawah ya!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328