Beli Barang Cash Atau Kredit, Untung Mana Ya?

Hai Sobat LINE Bank

Kalian semua pernah galau nggak sih kadang kalau mau beli barang mendingan pake kredit atau cash aja langsung? Lebih untung bayar sesuatu langsung cash atau malah bayar kredit lebih nguntungin kita ya? Apalagi karena dunia sudah semakin modern terkadang secara tidak langsung ikut naik. 

Gaya hidup yang sering berubah-ubah karena mengikuti trend terkadang membuat kita menjadi ingin untuk membelinya. Pembayaran yang dapat dilakukan sekarang juga sangat amat beragam sekarang bisa secara tunai maupun kredit. 

Bagi sebagian orang pasti memiliki alasan tersendiri kenapa ingin membeli sesuatu secara kredit maupun cash. Alasan tersebut mungkin dikarenakan dengan membeli sesuatu secara kredit maka walaupun uang yang dimiliki belum mencukupi tapi barang yang diimpikan bisa didapatkan secara langsung dalam jangka waktu yang cepat. 

Namun sebenarnya tunai maupun kredit, terlebih dahulu kamu harus tau barang apa yang ingin dibeli. Jika harga barang yang ingin kamu beli memiliki penyusutan yang rendah dan cenderung naik maka mungkin pembayaran dengan menggunakan kredit. Tapi semua lagi balik lagi ya ke kondisi keuangan kamu.

Baca juga: Drama korea yang bikin kamu pintar keuangan

Cash dan kredit

Perkembangan zaman membuat dunia perdagangan menjadi sangat lebih mudah. Salah satunya yaitu dalam pembelian barang maupun penjualan barang. Sekarang kita bisa membeli suatu barang tanpa perlu terlalu memikirkan apakah sudah memiliki uangnya atau belum karena kita dapat membelinya secara kredit. 

Sedangkan untuk pembayaran cash mungkin sekarang sudah tidak terlalu digunakan lagi. 

Karena itu kali ini LINE Bank bakalan ngasih penjelasan singkat dan beberapa pertimbangan untuk kamu yang mau melakukan pembayaran secara cash atau kredit

Baca juga: Kenali frugal living sekarang

Tujuan pembelian

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli suatu barang secara cash atau kredit. Sebaiknya kamu mengetahui tujuan pembayaran barang kamu untuk apa dan seperti apa.

Misalnya kamu ingin membeli laptop atau handphone untuk keperluan pekerjaan ataupun hanya untuk keinginan saja. Jika kamu membeli laptop yang range harganya sekitar 10 juta keatas dan membayar dengan tunai maka uang kamu akan lebih cepat terkuras habis dalam 1 waktu. 

Sedangkan jika kamu membeli secara kredit kamu hanya akan membayar uang muka atau DP terlebih dahulu dan selebihnya kamu bisa mencicil perbulan. 

Bisa disimpulkan apabila kamu melakukan transaksi pembayaran secara kredit maka kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan secara langsung tanpa harus membayar full di awal. Tetapi pembayaran dengan kredit membuat kamu memiliki tanggungan atau beban berupa cicilan tiap bulan yang harus kamu bayar. Sedangkan untuk pembayaran tunai memang akhirnya kamu tidak memiliki cicilan yang harus dibayarkan. Tetapi memungkinkan kamu tidak dapat memiliki barang yang kamu inginkan dalam waktu yang cepat apabila uang yang kamu miliki belum mencukupi. 

Baca juga: Merasa perlu financial planner?

Cashflow atau keuangan kamu

Jika kamu ingin membeli suatu barang secara kredit kamu juga harus bisa memikirkan secara jangka panjang. Karena dengan membayar secara kredit berarti kamu memiliki utang yang harus dibayarkan perbulannya. Cicilan perbulan yang harus dibayarkan apakah kamu sanggup dan apakah dengan menambah tanggungan tiap bulan tidak akan memberatkan kamu?

Namun, pembayaran secara kredit juga dapat membantu atau menguntungkan kamu. Salah satunya yaitu karena uang kamu tidak hanya digunakan untuk 1 kebutuhan saja. Dengan pembayaran secara kredit sangat memungkinkan kamu untuk memenuhi atau melakukan kegiatan lain. Misalnya, kamu jadi bisa berinvestasi atau menabung. Karena pembayaran kredit kamu hanya membayar per bulan maka otomatis kamu akan lebih bisa leluasa untuk mengatur keuangan kamu untuk pos-pos kebutuhan lainnya. 

Baca juga: Belanja bulanan bikin pengeluaran membengkak?

Penyusutan harga

Setiap produk ataupun barang baru yang bermunculan pasti akan ada produk dan barang yang lebih bagus lagi karena selalu berkembang dan berinovasi untuk membuat produknya lebih baik lagi. 

Pada umumnya barang baru yang diluncurkan akan memiliki harga jual yang tinggi pula. Kita ambil contoh seperti Apple. Biasanya produk Apple baik smartphone maupun laptopnya setiap Apple mengeluarkan seri terbaru maka harganya akan tinggi sekali dan membuat harga iphone seri dibawahnya mengalami penurunan harga. 

Karena itu pembayaran secara kredit maupun tunai dapat disesuaikan dengan hal ini. Karena sangat memungkinkan saat kamu belum melunasi cicilan ternyata sudah ada seri baru yang keluar. Hal ini sangat memungkinkan kalau ternyata harga yang kamu bayarkan menjadi lebih mahal karena produk yang kamu beli sudah turun harga. 

Baca juga: Waktu yang tepat untuk nabung

Itu dia Sobat LINE Bank beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum menentukan untuk melakukan pembayaran secara kredit maupun tunai. Tapi kamu tetap harus bijak ya untuk menentukan pilihanmu. Kamu juga bisa memanfaatkan kartu debit LINE Bank untuk berbelanja dan dapatkan promonya!

Sesuaikan dengan kondisi keuanganmu dan jangan sampai kamu jadi memiliki banyak utang karena kondisi keuangan kamu jadi berantakan atau terganggu.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285