Financial 101: Waktu yang Tepat Untuk Nabung

Hai Sobat LINE Bank!

Bisa dikatakan seluruh orang di dunia ini menginginkan memiliki uang yang banyak. Namun memenuhi keinginan ini bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Selain harus memiliki manajemen keuangan yang baik tentunya kita harus disiplin dan tekun untuk menabung setiap saat atau setiap bulannya.

Tapi mungkin sebagian dari kalian ada yang masih bingung dan bertanya-tanya tentang “kapan waktu yang tepat untuk mulai menabung?”

Haruskah dimulai dari sekarang, disaat sudah memiliki pekerjaan, atau bahkan nanti saja jika sudah memiliki tanggungan? Sebenarnya mungkin tidak ada waktu yang pasti maupun waktu ideal untuk menabung. Namun alangkah baiknya kamu mulai belajar menabung sejak dini dan secepat mungkin. Tidak perlu menunggu jika kamu sudah memiliki income atau belum ataupun memiliki tanggungan. Atau kamu bisa sesuaikan dengan kondisi dibawah ini

Kebutuhan makin banyak

Jika kamu merasa kebutuhan kamu semakin banyak dan agak sulit untuk mengatur keuangan. Maka ini bisa jadi saat yang tepat untuk kamu menabung. Apalagi jika kebutuhan yang kamu inginkan itu agak memakan banyak uang. Dengan menabung kebutuhan yang ingin kamu penuhi tidak akan mengganggu cash flow. 

Karena dengan menabung, hitung-hitung kamu juga menyiapkan dana darurat untuk keadaan terdesak. Kamu bisa mulai menabung secara rutin. Karena menabung secara rutin dan konsisten dapat melatih mental dan membuat manajemen keuangan kamu menjadi lebih baik lagi. Setidaknya kamu sudah selangkah lebih cepat dibandingkan yang lainnya. 

Sudah memiliki pendapatan, income, atau uang jajan

Jika kamu belum memiliki income maka kamu bisa menabung dengan uang jajan yang kamu dapatkan. Kamu bisa menabung secara perhari, perminggu, maupun perbulan. Hal yang terpenting dalam menabung itu kamu harus belajar untuk menyisihkan. Inget ya menyisihkan. Bukan disisakan. 

Namun jika kamu sudah memiliki penghasilan kamu bisa menyisihkan 5 – 10% dari income kamu. Tapi tetap sesuaikan dengan kondisi keuanganmu ya. Jangan lupa juga untuk membuat rekening berbeda agar dapat memudahkan kamu. Sesuaikan rekening dengan kebutuhanmu, misalnya untuk sehari-hari seperti transport dan makan, lalu untuk fixed expense seperti bayar sewa, listrik, air, dan lainnya. 

Nah, kalau kamu sudah memenuhi point di atas, ini waktunya simak keuntungan dan tips menabung berikut ini:

Manfaat menabung 

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari komitmen, disiplin, dan tekun menabung. Salah satunya yaitu kamu bisa mulai menabung sesuai dengan tujuan dan kebutuhan kamu. Misalnya kamu menabung untuk menyiapkan dana pensiun jika kamu memiliki impian untuk pensiun dini. Atau jaman sekarang banyak gen Z maupun milenial yang ingin merdeka secara finansial.

Cara seru menabung

Jika kamu merasa menabung hal yang membosankanuntuk dilakukan maka kamu bisa membuat variasi menabung versi kamu sendiri. Misalnya kamu men-challenge diri kamu sendiri untuk giat menabung selama 30 hari. Kamu bisa menandai kalendermu untuk menabung setiap harinya dalam sebulan dan menyesuaikan nominal dan tanggalnya. Misalnya di tanggal 15 maka kamu akan menabung sebesar Rp 15 ribu. Kamu juga bisa membuat target di awal. Misalnya target kamu dalam sebulan adalah Rp 100 ribu. Maka kamu bisa menabung secara bebas perharinya atau per minggunya dengan nominal berapapun.

Dengan membiasakan diri untuk menabung dan memisahkan pengeluaran, secara tidak langsung kamu meminimalisir kebocoran keuangan kamu. Jangan lupa juga untuk mencatat setiap pengeluaran maupun pendapatan kamu ya. 

Dalam hal menabung, dapat dikatakan semakin cepat kita mengerti dan dapat membiasakan diri maka semakin baik. Sobat LINE Bank sudah pada menabung? Kamu juga bisa menabung menggunakan aplikasi LINE Bank dan memanfaatkan fitur multiple savings. Kamu bisa membuka hingga 8 rekening hanya dalam 1 akun saja. 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285