Belanja Bulanan Bikin Pengeluaran Membengkak?

Halo Sobat LINE Bank!

Belanja bulanan maupun belanja mingguan pasti salah satu hal yang bisa dibilang menyenangkan. Memasuki ke usia dewasa, anak rantau, karyawan, tinggal sendiri, maupun lajang, pastinya belanja bulanan menjadi aktivitas rutin bagi kamu. 

Biasanya aktivitas rutin belanja bulanan ini dilakukan setelah gaji bulanan telah masuk ke rekening kamu. Walaupun terlihat rutin dan sudah terbiasa, tahukan kamu bahwa belanja bulanan juga harus dilakukan dengan perhitungan yang baik dan terencana? Tentunya dengan merencanakan dan memperhitungkannya, kamu bisa lebih berhemat dan tentunya skill untuk mengatur keuangan kamu menjadi lebih baik loh. 

Aktivitas belanja bulanan ini tidak hanya sekedar hanya mencatat apa saja yang kamu perlukan untuk dibeli. Kamu bisa melakukan cara ini agar dapat memanfaatkan momen belanja bulanan kamu lebih menyenangkan dan tentunya berhemat lebih banyak lagi. Tidak hanya saat berbelanja, ternyata ada cara yang bisa kamu lakukan juga sebelum berbelanja. Yuk simak caranya dibawah ini:

Buat rencana bekal mingguan

Biar kamu lebih gampang dalam belanja bulanan nanti, ada baiknya kamu membuat perencanaan makanan terlebih dahulu. Apalagi selama pandemi kebiasaan memasak sendiri telah menjamur di beberapa kalangan masyarakat. Agar bahan makanan kamu tidak sia-sia karena tidak terpakai atau bahkan menjadi busuk, masa kamu perlu membuat meal plan kamu. Kamu bisa membuat setiap minggu maupun tiap bulan. 

Cara ini tentunya bisa dikreasikan sesuai kreatifitas kamu. Hal ini bisa diterapkan apabila bahan makanan yang kamu beli nanti sudah tidak terlalu bagus untuk dimasak, seperti sayur layu. 

Beli secara online dan offline

Nah jika kamu sudah biasa untuk membuat list maupun daftar belanja bulanan maka hal ini sudah benar kamu lakukan. Selanjutnya, kamu bisa membagi daftar belanjaan tersebut ke dalam kategori yang mudah rusak dan tidak mudah rusak. 

Maksudnya yaitu kamu bisa membagi bahan makanan seperti sayuran, buah, dan makanan basah lainnya kedalam kategori yang mudah rusak. Untuk makanan instan maupun barang lainnya bisa kamu masukan ke kategori tidak mudah rusak. 

Untuk barang-barang yang tidak mudah rusak kamu bisa membelinya melalui e-commerce maupun website online. Selain berhemat kamu juga tidak perlu membawa barang banyak saat belanja bulanan nanti bukan.

Memilih bahan dan belanja sekaligus

Di supermarket banyak sekali karyawan maupun SPG disana yang menawarkan bahan makanan yang sudah dipak ke dalam kemasan satuan. Biasanya makanan yang sudah di pak ini harganya akan lebih mahal. Jika kamu tidak ingin membeli terlalu banyak, kamu bisa memasak langsung dalam 1 waktu dan sisanya masukkan kedalam freezer. Setelah itu kamu tinggal menghangatkan makanannya lagi. 

Itu dia beberapa cara yang bisa Sobat LINE Bank terapkan agar pengeluaran tidak membengkak. Komen yuk udah menghemat berapa banyak budget setelah menerapkan cara ni? 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295