Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Supaya Dompet Gak Jebol

Gaji yang Sobat LINE BANK dapatkan selalu habis? Strategi penghematan yang dilakukan juga tidak berhasil? Well, kemungkinan besar Sobat LINE BANK salah melakukannya. “Lalu bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik?” Kami senang kamu bertanya! 

Mengatur keuangan setiap bulannya memang bukan hal yang mudah. Apalagi kalau Sobat LINE BANK sudah terbiasa berbelanja. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya kok! 

Pada kesempatan kali ini Sobat LINE BANK akan diajak untuk memahami cara mengatur keuangan yang benar dan tepat supaya dompet gak jebol. Simak informasi di bawah ini baik-baik ya. 

Cara Mengatur Keuangan yang Baik

Dalam mengatur keuangan diperlukan komitmen dan tekad yang bulat. Pasalnya ada banyak orang yang ingin mengatur keuangan mereka namun gagal karena tidak memiliki tekad yang kuat. 

Mereka kalah dengan banyaknya promo dan diskon yang besar. Padahal mengatur keuangan sangatlah penting. 

Bukan hanya untuk saat ini tetapi justru untuk masa depan. Kalau begitu tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan cara mengatur keuangan yang baik berikut ini. 

Baca Juga: Apa Itu Investasi? Bagaimana Cara Memilih Investasi untuk Pemula?

1. Membuat Anggaran Jelas Setiap Awal Bulan

Membuat anggaran yang jelas setiap awal bulan menjadi “benteng pertahanan” paling kuat yang perlu kamu lakukan. Melalui perencanaan maka semua pengeluaran menjadi jelas. 

Contohnya kamu bisa langsung membuat budgeting untuk belanja sebesar 20% dari gaji yang diterima. Jadi ketika ingin check-out barang dari e-commerce, kamu bisa menghitung biaya yang harus dikeluarkan. 

Jika ternyata biaya yang harus dibayar lebih besar dari budgeting, maka kamu bisa mengurangi barang-barang yang ingin dibeli. Ada satu tips penting yang bisa kamu praktikkan saat membuat anggaran, yaitu: 

1. Mengalokasikan Dana Sesuai Prioritas

Mengalokasikan pengeluaran sesuai prioritas dimaksudkan supaya kamu bisa membagi pendapatan dengan benar. Asumsikan bahwa gaji yang kamu dapatkan per bulan sebesar Rp5.000.000. 

Dari sini kamu bisa membaginya berdasarkan pengeluaran pokok hingga rencana simpanan untuk masa depan. Coba perhatikan contoh alokasi dana sesuai prioritas berikut ini:

  • Dana darurat: Rp2.500.000
  • Asuransi: Rp500.000
  • Belanja: Rp500.000
  • Dana Tidak Terduga: Rp500.000
  • Pengeluaran Lain (pokok): Rp1.000.000

Alokasi di atas hanyalah perkiraan saja. Kamu bisa menyesuaikan rencana anggaran sesuai kebutuhan. Jika kamu berencana untuk pergi liburan ke luar negeri atau nonton konser maka masukkan hal tersebut ke dalam anggaran. Jadi tidak akan bercampur dengan alokasi dana lainnya. 

2. Selalu Catat Pengeluaran

Catat semua pengeluaran yang kamu lakukan. Tidak peduli dari mana keluarnya uang tersebut. Baik dari dompet alias uang cash atau debit dan kredit. 

Pencatatan pengeluaran akan membantu kamu menjaga keuangan. Kamu jadi bisa menahan diri ketika uang yang dikeluarkan sangat besar. 

Tindakan mencatat pengeluaran juga bisa sekaligus dijadikan bahan evaluasi untuk bulan berikutnya. Jika kamu disiplin mencatat maka cara mengatur keuangan yang dilakukan setiap bulannya akan semakin baik. 

Baca Juga: Menabung Efektif di Tengah Pandemi. Begini Caranya!

3. Ingat Rencana Masa Depan

Adakalanya rencana yang dibuat tidak kamu ikuti 100%. Ada waktunya kamu akan merasa ingin melakukan pembelian barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Tetapi coba ingat lagi rencana yang kamu punya untuk masa depan. Ingat bahwa uang yang disimpan akan berguna ketika kamu sudah tidak bekerja. Mengingat rencana masa depan akan mencegah kamu untuk memuaskan keinginan sesaat. 

4. Gunakan Kartu Kredit Hanya Saat Mendesak

Ini dia poin penting yang banyak membuat orang-orang gagal dalam mengatur keuangan yaitu terlalu sering menggunakan kartu kredit. Kartu kredit sebenarnya tidak negatif dan salah untuk dimiliki seseorang. Namun kamu perlu menggunakannya dengan bijak. 

Kamu disarankan untuk menggunakan kartu kredit hanya dalam keadaan yang mendesak. Jangan pernah gunakan kartu kredit sebagai alat untuk mendapatkan keinginan. 

Jika kamu merasa kesulitan menguasai diri maka ada baiknya untuk tidak membuka kartu kredit sama sekali. Namun kamu bisa mendapatkan satu ketika sudah merasa siap dan lebih bertanggung jawab. 

Baca Juga: Begini 4 Cara Bisnis Online di Tengah Ketatnya Persaingan Bagi Kamu Si Pemula

5. Langsung Melunasi Utang Jika Ada

Jika sudah telanjur menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang keinginan maka segeralah melunasi utang tersebut. Masukkan utang ke dalam anggaran agar kamu bisa terbebas dari beban finansial. 

Percuma jika kamu menabung cukup banyak tetapi di saat yang sama memiliki utang yang besar. Hal ini sama seperti menuang air ke dalam botol yang berlubang. 

Artinya kamu tidak pernah bisa mengumpulkan uang yang banyak karena akan selalu habis untuk melunasi utang. Oleh karena itu pastikan kamu segera melunasi utang dan cicilan yang ada supaya keuangan menjadi stabil. 

6. Investasi Sejak Dini

Langkah terakhir ialah mencoba berinvestasi sejak dini. Investasi penting dilakukan supaya uang bisa bekerja tanpa harus kamu usahakan. Namun bukan berarti kamu bisa langsung kaya ketika berinvestasi dengan sembarangan ya. 

Kamu tetap harus mempelajari bagaimana cara berinvestasi yang baik. Kamu juga perlu mencari platform atau perusahaan yang memiliki potensi besar dalam memberikan keuntungan. 

Ketika kamu melakukan investasi dengan benar maka uang yang ditanamkan dapat bertambah banyak. Perlu diingat bahwa kamu hanya boleh memakai uang dingin supaya dana kebutuhan lain tidak terganggu ketika terjadi kerugian. 

Itu dia beberapa cara mengatur keuangan yang bisa Sobat LINE BANK lakukan. Ini saatnya untuk mempraktikkan informasi yang baru saja dipelajari. 

Jika kamu kesulitan mengatur keuangan karena hanya punya satu rekening untuk semua pengeluaran maka fitur multi rekeningdari LINE BANK bisa menjadi jawabannya. Sobat LINE BANK bisa langsung membuka rekening tabungan LINE BANK lalu memisahkan semua pengeluaran dengan menaruhnya ke rekening yang berbeda. 

LINE BANK memampukan kamu untuk membuka 8 rekening yang berbeda dalam satu akun. Semua rekening bisa langsung diatur dari ponsel. Sangat mudah, bukan? Kalau begitu langsung saja download aplikasi LINE BANK di ponsel kamu sekarang juga! 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 311