Pahami Perbedaan Debit Dan Kredit Supaya Kamu Gak Salah Lagi!

Penggunaan kartu debit dan kredit masih sering dianggap sama. Padahal keduanya sangat berbeda. Bukan berbeda soal besar kecilnya ukuran kartu karena keduanya secara umum memiliki ukuran yang sama. Perbedaan debit dan kredit terlihat dari tujuan pemakaiannya. 

Kartu debit menyimpan dana pribadi, sedangkan kartu kredit menyimpan uang milik bank yang bisa digunakan sesuai limit. Lalu apalagi perbedaan yang ada di antara kedua kartu tersebut? Cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini, ya! 

Perbedaan Debit dan Kredit

Berikut beberapa perbedaan debit dan kredit yang perlu Sobat LINE BANK ketahui. 

1. Fisik

Soal ukuran kedua kartu pasti akan terlihat sama. Perbedaan kartu debit dan kredit dapat terlihat dari tekstur cetakan dan tulisan yang tertera di dalamnya. Penulisan informasi seperti nomor kartu, nama pemilik, dan tanggal berlaku biasanya dicetak dengan teknik biasa. 

Maksudnya ialah tidak ada tulisan yang timbul ketika kamu meraba permukaan kartu. Di sisi lain kartu kredit terlihat lebih mewah karena dicetak dengan teknik timbul atau emboss

Baca Juga: Tips Menggunakan Kartu Debit Buat Generasi Milenial

2. Persyaratan Kepemilikan

Kepemilikan kartu debit memiliki syarat utama yaitu menjadi nasabah suatu bank. Maksudnya orang tersebut harus membuka rekening tabungan di bank terkait. Sangat mungkin untuk memiliki kartu debit dari bank yang berbeda-beda. 

Hanya saja uang yang kamu punya harus terbagi sebanyak kartu debit yang dibuat. Pembukaan rekening tanpa saldo tentu tidak bisa dilakukan. Sebaliknya kepemilikan kartu kredit tidak didasarkan pada identitas orang tersebut sebagai nasabah. 

Pengajuan kartu kredit bisa langsung diproses ketika orang yang mengajukan memenuhi kriteria layak dari bank. Contohnya seperti memiliki pekerjaan tetap, penghasilan dengan jumlah minimal yang telah ditentukan, dan lain sebagainya. 

Proses pengajuannya juga memakan waktu yang lama karena ada banyak penilaian dan verifikasi oleh pihak bank sebelum akhirnya disetujui. 

3. Limit Pemakaian

Limit pemakaian kartu debit bisa dikatakan tidak ada. Kamu bebas menggunakan uang yang ada dalam rekening kartu debit sampai habis. Namun tentunya kamu tidak akan melakukan tindakan demikian. 

Alasannya karena kamu tahu bahwa uang di dalam rekening merupakan dana pribadi yang harus digunakan dengan bijak. Jika langsung dihabiskan begitu saja maka kamu akan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok. Limit kartu kredit ditentukan dari jenis yang kamu punya. 

Setiap bank umumnya membedakan jenis kartu kredit yang dimiliki oleh setiap orang. Beberapa di antaranya seperti:

  • Silver = Limit penggunaan dari Rp4.000.000 – Rp7.000.000. Pemilik kartu perlu memiliki penghasilan minimal Rp3.000.000 per bulan.
  • Gold = Limit penggunaan dari Rp10.000.000 – Rp40.000.000. Pemilik kartu perlu memiliki penghasilan minimal Rp5.000.000 – 10.000.000 per bulan.
  • Platinum = Limit penggunaan dari Rp40.000.000 – Rp1.000.000.000. Pemilik kartu perlu memiliki penghasilan minimal Rp180.000.000 per bulan. 
  • Titanium = Limit penggunaan di atas Rp.1.000.000.000. Kepemilikan jenis kartu kredit ini bukan berdasarkan pengajuan seseorang melainkan atas undangan pihak bank.
  • Spesial = Penggunaan kartu ditujukan khusus bagi seseorang yang memiliki aset miliaran. 

Baca Juga: Apa Itu Deposito dan Manfaat Investasi Deposito?

4. Biaya Administrasi

Kartu debit dan kredit memiliki biaya administrasinya masing-masing. Kamu bisa melihatnya di dalam tabel berikut ini. 

No. Kartu DebitKartu Kredit
1.Administrasi rata-rata bulananAdministrasi tahunan
2.Penggantian kartu yang rusak atau hilangKeterlambatan pembayaran
3.Transfer ke rekening bank yang berbedaBunga
4.Penutupan rekening tabunganMeterai
5.Penarikan pada mesin ATM yang berbedaKonversi mata uang asing
6.Pembatalan cicilan
7.Pengembalian cek atau giro
8.Penutupan kartu kredit
9.Tagihan auto-payment
10.Salinan dan cetak tagihan bulanan
11.Kelebihan pemakaian limit
12.Tarik tunai
13.Penggantian kartu yang hilang atau rusak
14.Tukar reward points

5. Saldo yang Digunakan

Saldo yang digunakan dalam kartu debit sudah pasti milik kamu sebagai pemilik rekening. Sedangkan saldo yang digunakan di dalam kartu kredit merupakan milik pihak bank terkait yang harus kamu ganti pada bulan berikutnya. 

6. Tujuan Penggunaan Kartu

Penggunaan kartu debit bisa digunakan untuk mengganti sistem pembayaran yang tadinya cash menjadi cashless. Kamu jadi tidak perlu repot-repot mengambil uang dari ATM karena bisa langsung menggunakan kartu debit. 

Saldo yang diambil pun sama saja yakni dari rekening tabunganmu. Di sisi lain kartu kredit bertujuan untuk membantu seseorang mendapatkan barang kebutuhan terlebih dahulu dan membayarnya pada bulan berikutnya. Kehadiran kartu kredit sangat berguna ketika kamu berada dalam keadaan mendesak serta belum menerima gaji. 

Baca Juga: Apa Itu Investasi? Bagaimana Cara Memilih Investasi untuk Pemula?

Itu dia informasi perbedaan debit dan kredit yang perlu Sobat LINE BANK ketahui. Keberadaan kedua kartu tersebut memang sangat memudahkan pembayaran. Gak perlu lagi repot-repot bawa dompet tebal yang berat. Cukup bawa dua kartu tersebut dan Sobat LINE BANK bisa melakukan pembayaran. 

Namun apakah Sobat LINE BANK tahu jenis pembayaran lain yang mudah dan simpel? Benar! Pembayaran digital melalui ponsel seperti yang disediakan LINE BANK. Digital banking LINE BANK memampukan kamu untuk bertransaksi melalui ponsel tanpa memerlukan kartu fisik. 

Selain itu LINE BANK menyediakan berbagai produk mulai dari tabungandepositoKTA, dan Quick Credityang bisa kamu gunakan dengan mudah melalui ponsel. Tertarik menggunakannya? Langsung saja buka rekening tabungan LINE BANK. 

Memerlukan kredit untuk membayar kebutuhan di e-commerce? Langsung saja ajukan Quick Credit dan uangnya akan langsung dicairkan ke rekening tabungan. Sangat mudah, bukan? Sudah saatnya merasakan pengalaman digital banking yang berbeda bersama LINE BANKDownload aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285