Memahami Apa Itu Mutasi Rekening, Fitur Penting untuk Melihat Arus Kas

Apa itu mutasi rekening? Apakah keberadaannya sangat penting? Sobat LINE BANK yang sudah memiliki rekening tabungan seharusnya sudah tidak asing lagi dengan fitur satu ini.

Mutasi rekening menjadi fitur yang memampukan Sobat LINE BANK untuk melihat seluruh aktivitas transaksi dari rekening. Fitur ini memang sangat sederhana tetapi juga sangat penting. Ingin tahu lebih jauh mengapa fitur mutasi rekening penting? Yuk pahami informasinya di bawah ini. 

Apa Itu Mutasi Rekening?

Mutasi rekening adalah catatan keseluruhan aktivitas transaksi dalam suatu rekening. Aktivitas yang dimaksudkan berupa pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam rekening. 

Jadi ketika kamu membayar dengan kartu debit atau QRIS, transaksi tersebut akan tercatat dalam mutasi rekening. Aktivitas tarik tunai dari minimarket atau mesin ATM juga akan langsung tercatat. 

Lebih jauh, pencatatan transaksi ini berguna untuk mencegah pencurian uang. Contohnya ketika tiba-tiba saldo di rekening berkurang padahal kamu tidak melakukan transaksi apa pun. Sangat mencurigakan, bukan? 

Saat hal ini terjadi, kamu jadi bisa langsung melakukan pengecekan dengan membuka mutasi rekening. Jika menemukan transaksi yang aneh maka kamu bisa langsung melaporkan ke pihak bank. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa mutasi rekening sangat penting untuk mengetahui seluruh informasi transaksi masuk dan keluar. 

Baca Juga: Tips Aman Membuat Tabungan Online!

Apa Kegunaan Mutasi Rekening?

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya bahwa mutasi rekening berisi seluruh catatan transaksi dari suatu rekening. Hal ini berarti kamu dapat menggunakan catatan transaksi tersebut untuk berbagai keperluan seperti: 

1. Memastikan Tujuan Keuangan Tercapai

Mutasi rekening yang berisi seluruh transaksi berguna untuk memastikan tujuan keuangan kamu tercapai. Anggaran yang sudah dibuat sebelumnya bisa kamu ikuti dengan mencatat seluruh transaksi pengeluaran dan pemasukan. Dari sini kamu akan mengetahui sisa dana yang bisa digunakan. 

Selain itu kamu juga bisa menjadikan catatan transaksi dalam mutasi rekening sebagai bahan evaluasi dari anggaran yang telah dibuat. Jika ditemukan adanya pembengkakan di bulan ini maka berikutnya kamu bisa merencanakan anggaran dengan lebih baik.

2. Syarat Pengajuan Pinjaman

Seluruh informasi yang tercantum dalam mutasi rekening bisa kamu gunakan sebagai syarat pengajuan pinjaman. Mayoritas bank atau fintech yang menyediakan layanan pinjaman akan meminta lampiran mutasi rekening untuk menilai kelayakan orang tersebut. 

Jika pihak penyedia layanan pinjaman menemukan adanya arus kas yang stabil maka pengajuan kamu bisa diterima. Sebaliknya, jika arus kas tidak seimbang seperti terlalu banyak pengeluaran maka pengajuan kamu berpotensi ditolak. 

3. Syarat Pengajuan Visa

Selain pinjaman, mutasi rekening juga berguna sebagai syarat dalam pengajuan visa. Visa merupakan dokumen penting yang harus dimiliki seseorang ketika ingin berkunjung ke luar negeri. 

Salah satu syarat yang paling menentukan diterima atau tidaknya sebuah pengajuan visa ialah lampiran mutasi rekening. Informasi yang ada dalam mutasi rekening membantu pihak berwenang untuk melihat kemampuan keuangan seseorang. 

Jika didapati bahwa orang tersebut memiliki keuangan yang cukup maka pengajuan visa sangat mungkin untuk disetujui. Namun jika tidak maka pengajuan akan ditolak. 

Baca Juga: Apa Itu Passive Income? Bagaimana Cara Mengumpulkannya?

4. Bukti Transaksi

Mutasi rekening berguna sebagai bukti transaksi. Mutasi rekening khususnya diperlukan bagi kamu yang membuka bisnis atau membeli produk secara online. Transaksi yang dilakukan secara online tentu tidak memiliki bukti pembayaran fisik seperti kertas setruk belanja. 

Oleh karena itu mutasi rekening bisa dijadikan sebagai setruk belanja digital yang akan kamu atau orang lain terima. Mutasi rekening menjadi bukti pembayaran yang sah meskipun tidak memiliki wujud yang bisa dipegang oleh tangan.

Bagaimana Cara Menggunakan Mutasi Rekening?

Mutasi rekening didapatkan dengan sangat mudah dan sederhana. Kamu bisa mengaksesnya melalui kunjungan ke kantor cabang bank terdekat, browser, dan aplikasi mobile banking. Berikut penjelasannya.

1. Pergi ke Kantor Cabang

Cara yang umumnya dilakukan oleh nasabah ialah pergi ke kantor cabang bank terdekat. Pihak bank menyediakan layanan untuk mengecek dan mencetak mutasi rekening kamu selama periode waktu tertentu. 

2. Membuka Situs Web Bank

Sekarang kamu bisa mengakses mutasi rekening secara online dari mana saja. Kamu hanya perlu membuka browser lalu mengetik alamat web bank terkait. Dari sana akan ada pilihan yang membawa kamu ke mutasi rekening. 

Tinggal klik pilihan mutasi rekening, lalu pilih periode waktu yang kamu inginkan. Kemudian tab mutasi rekening akan terbuka dengan seluruh informasi yang tertera di dalamnya. 

Baca Juga: Tips Jitu Menabung Dengan Gaji Pas-Pasan

3. Download Aplikasi Mobile Banking

Ada satu lagi cara mudah untuk mengakses mutasi rekening yaitu dengan men-download aplikasi mobile banking di ponsel kamu. Ketika proses download sudah selesai maka kamu bisa langsung masuk ke aplikasi dan memilih pilihan mutasi rekening. 

Pilih periode waktu yang kamu mau lalu masukan pin mobile banking. Voila! Layar ponsel kamu akan menampilkan hasil catatan transaksi sesuai waktu yang telah ditetapkan. 

Itu dia informasi apa itu mutasi rekening sekaligus kegunaan dan cara menggunakannya. Fitur mutasi rekening seharusnya bisa diakses oleh semua nasabah yang memiliki rekening tabungan. Tidak hanya bank fisik tetapi juga bank digital seperti LINE BANK

Kamu bisa dengan mudah mengakses mutasi rekening di dalam aplikasi LINE BANK tanpa harus men-download banyak aplikasi. Nikmati juga semua kemudahan pembayaran, menabung, transfer, dan kredit melalui beberapa sentuhan jari tangan.  Sobat LINE BANK juga bisa menggunakan fitur multi rekeninguntuk membagi pos budgeting sesuai kebutuhan. Request beberapa kartu debitsekaligus untuk memudahkan Sobat LINE BANK dalam melakukan transaksi sesuai rekening yang tepat. Feel the different experience of digital banking in your hand now!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328