Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah. Banyak faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan wajib yang harus dipenuhi hingga keinginan atau konsumsi yang bersifat tambahan atau hiburan.

Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar? Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga secara efektif.

1.Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Pertama, memahami apa itu kebutuhan dan keinginan. Saat sudah berumah tangga, sudah pasti ada kebutuhan-kebutuhan yang wajib dipenuhi. Contohnya kebutuhan untuk keperluan sehari-hari seperti makan hingga alokasi pendidikan.

Namun, pada praktiknya, keuangan rumah tangga tidak hanya digunakan untuk kebutuhan yang bersifat wajib melainkan juga digunakan untuk belanja yang berdasar dari keinginan semata. Celakanya, terkadang kita malah mengalokasikan dana rumah tangga lebih banyak bukan pada kebutuhan tapi keinginan.

Baiknya kamu mengalokasikan dana untuk hal-hal tersebut setelah kebutuhan primer rumah tangga terpenuhi. Apa saja kebutuhan primer rumah tangga? Yang pertama jelas kebutuhan untuk hidup sehari-hari seperti makan, transportasi, pendidikan anak ataupun cicilan rumah.

2. Hitung seluruh pendapatan

Untuk mengatur keuangan rumah tangga yang efektif, yang perlu dilakukan adalah menghitung seluruh pendapatan yang masuk selama satu bulan. Pendapatan yang dimaksud di sini bukan hanya dari penghasilan gaji bulanan, tapi juga termasuk insentif yang di dapat bila menerima upah lembur hingga keuntungan berinvestasi.

Ini penting dilakukan agar bisa membagi alokasi penghasilan yang dimiliki ke kebutuhan yang harus dipenuhi. Ingat, yang pertama harus dipenuhi adalah kebutuhan yang bersifat primer. Dengan menghitung seluruh pendapatan, mengatur keuangan rumah tangga menjadi lebih mudah.

3. Buat daftar pengeluaran prioritas bulanan

Berikutnya adalah membuat daftar pengeluaran prioritas selama sebulan. Daftar ini membantu dalam mengatur keuangan rumah tangga secara efektif. Dengan membuat daftar prioritas, alokasi dan pengeluaran dana rumah tangga menjadi lebih tertata.Pengeluaran rumah tangga yang masuk daftar prioritas antara lain biaya makan sehari-hari, belanja dapur, tagihan listrik, tagihan air, biaya transport kerja, pendidikan hingga cicilan kendaraan.

Selain membantu mengatur keuangan rumah tangga, Daftar ini akan menjadi pengingat bahwa kebutuhan prioritas harus terpenuhi terlebih dahulu baru kemudian bisa dialokasikan untuk kebutuhan sekunder dan tersier.

4.Siapkan dana darurat

Mempersiapkan dana darurat. Dalam menjalani kehidupan berumah tangga, tidak semuanya bisa berjalan mulus sesuai yang direncanakan. Banyak hal yang tiba-tiba saja terjadi di luar rencana. Caranya, selain untuk kebutuhan pokok, sisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan untuk dana darurat. Besarannya relatif bisa 10-30 persen dari penghasilan yang di dapat tiap bulannya.

5. Jaga rasio hutang

Untuk mengatur keuangan yang baik adalah menjaga rasio utang. Sebisa mungkin, pastikan kewajiban mu membayar tagihan hutang tidak melebihi 30 persen dari penghasilan yang di miliki. Jika tidak keuangan mu bisa terganggu.

6. Alokasikan untuk tabungan, asuransi, dan investasi

Selain mengalokasikan penghasilan untuk dana cadangan atau darurat, kamu juga perlu mengalokasikan penghasilan untuk keperluan di luar kebutuhan rutin. Antara lain pengeluaran untuk tabungan, asuransi, dan investasi. Ketiganya termasuk dalam cara mengatur keuangan yang baik.

Tabungan, seperti kita ketahui, jelas berguna untuk keperluan saat ini dan masa depan. Penghasilan yang kamu simpan di tabungan bisa digunakan untuk pengeluaran sehari-hari ataupun keperluan mendadak.

Sedangkan asuransi, bermanfaat untuk melindungi diri dari biaya kesehatan. Sementara investasi bisa digunakan sebagai tabungan jangka panjang sehingga uang yang kamu miliki tidak habis begitu saja.

Dalam mengatur keuangan rumah tangga, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung, memiliki asuransi, dan berinvestasi. Saat memutuskan untuk menabung, kamu harus tau mana tempat terbaik untuk menyimpan uang yang di miliki, salah satunya di bank.

Menabung di Bank selain memiliki beberapa keuntungan juga menjamin keamanan uang yang dimiliki. Selain itu, dengan menabung di bank, pengeluaran keuangan mu bisa lebih mudah terpantau dan terkontrol.

Saat ini, banyak bank yang menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan dalam membuat tabungan maupun berinvestasi. Salah satunya di LINE Bank.

Di LINE Bank, ada salah satu fiturnya yaitu adalah LINE Bank Saving. Kamu dapat menikmati fasilitas bebas biaya hingga 25x tiap bulan. Lalu, ada Fitur Multiple Saving yang memudahkan mu memiliki 8 rekening dalam 1 akun.

Mudah bukan? Download ya aplikasi LINE Bank melalui AppStore dan PlayStore di sini ya

Baca juga : Tips menabung deposito yang wajib kamu ketahui!

Bagikan ke Temanmu