Ngaku Melek Finansial Tapi Belum Punya Hal Ini?

Sobat LINE Bank, kamu sudah yakin belum? Yakin kalau kamu udah melek finansial sepenuhnya? Atau ternyata kamu cuman ngaku-ngaku aja nih? Seperti yang kita ketahui edukasi finansial sangatlah penting untuk kita semua sekarang. Literasi keuangan yang kurang dapat membuat dan mempengaruhi kehidupanmu di masa yang akan datang. 

Bagi yang belum tau melek finansial itu bisa dikatakan pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola keuangan diri sendiri maupun keuangan  keluarga. Mungkin sebagian orang yang kamu kenal sudah melek finansial hingga mencapai financial freedom yang menjadi goal dari banyak orang. 

Di tahun 2020 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa indeks literasi keuangan di Indonesia mencapai  40% dengan target inklusi keuangan hingga 90% di tahun 2024. 

Karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa khususnya Gen Z, dimana generasi yang lahir di era digital ini. Sehingga diharapkan agar semua orang di Indonesia dapat melek financial sejak dini. Jadi mengapa kita harus melek financial dan apa saja ciri-cirinya?

Melek Finansial

Sesuai dengan namanya melek finansial memiliki arti dimana kita memiliki pengetahuan minimal hal basic tentang pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai tujuan finansial kita di masa depan.

Dengan melek finansial secara tidak langsung kita sedang menyiapkan masa depan agar lebih baik lagi.  Karena dengan melek finansial kita juga akan lebih memiliki kualitas hidup yang lebih baik pula.

Ciri-Ciri Orang Yang Sudah Melek Finansial

1. Punya dana darurat

Kalau kamu udah mengerti banget tentang keuangan, pasti kamu tau betapa pentingnya punya dana darurat untuk menyiapkan kamu di waktu- waktu yang gak tertebak.

Dana darurat merupakan hal yang sangat umum di dunia keuangan. Sesuai namanya dana darurat dipersiapkan untuk membantu dan mengantisipasi apabila kita terkena kondisi maupun situasi yang tidak terduga. 

Diduga dana darurat yang dibentuk sejak jauh-jauh hari secara konsisten. Telah menjadi penyelamat keuangan banyak keluarga selama pandemi. Dana darurat dapat dibentuk dengan menyisihkan secara konsisten 5-10% dari income kalian. Ada juga yang mengatakan besaran ideal dana darurat yaitu 12 kali gaji bulanan kamu. 

Terlihat susah untuk mengumpulkannya namun bagi orang-orang yang sudah melek finansial pasti tau dan akan mengusahakan untuk menyisihkan uang bulanannya untuk mengumpulkan dana darurat  

Baca juga: Jago Mengantur Keuangan?

2. Punya tabungan dan investasi buat masa depan

Nah [punya tabungan dan investasi ini merupakan salah satu ciri-ciri orang yang udah melek finansial loh!

Jika kamu sudah bisa mulai menyisihkan penghasilan kamu tiap bulannya untuk ditabung maka selamat. Kamu sudah satu step lebih dekat dengan kebebasan finansial nih! Jangan sampai menyepelekan tabungan ya, karena dengan menabung secara konsisten kamu juga belajar cara menggunakan uangmu sesuai dengan apa yang kamu porsikan. 

Bagi yang sudah mulai investasi juga berarti sudah sadar pentingnya mengelola keuangan sejak dini. Karena dengan berbagai macam investasi yang ada kamu juga secara tidak langsung melawan karena bisa dibilang investasi merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan uang dengan cepat karena memberikan return yang bervariasi sesuai dengan instrumen investasi yang kamu pilih. 

Baca juga: Yakin Jago Mengatur Keuangan? Part 2

3. Bahagia

Tentunya karena gak ada beban dan keuangan sudah lancar, kamu jadi bahagia. Gak perlu stress atau membebani diri memikirkan bagaimana mengatur keuangan yang masih berantakan!

Mengelola keuangan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun kamu bisa belajar secara pelan-pelan kok. Mulai dari selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan kamu 

Nah itu dia Sobat LINE Bank 3 ciri orang yang udah melek finansial. Menurut kamu apakah kamu masuk kedalam salah satunya? Kamu juga bisa loh belajar mengelola keuangan dengan fitur multiple savings yang ada di aplikasi LINE Bank

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 284