Jago Mengatur Keuangan? Yakin? Part 1

Halo Sobat LINE Bank semuanya~

Gimana nih persiapan menjelang Idul Adha nanti? Tahun ini Idul Adha akan jatuh pada tanggal 9 Juli nanti nih Sobat LINE Bank.

Ngomong-ngomong Hari Raya Idul Adha pasti nggak jauh-jauh nih sama yang namanya uang. Jadi gimana nih kondisi keuangan kamu? Apakah tetap aman dan sehat atau malah lagi ngos-ngosan?

Sobat LINE Bank tau nggak kalau mengatur keuangan itu sebenarnya hanya terlihat mudah saja. Karena mengatur keuangan bukan hanya sekedar menabung dan menabung saja loh. Apalagi hanya dikarenakan ia terlihat kaya atau memiliki banyak uang. Padahal nyatanya, tidak sedikit orang yang memiliki pendapatan besar tapi masih merasakan kekurangan atau tidak sanggup membayar hutangnya maupun hal lainnya. 

Tentunya hal ini mungkin bukan karena mereka tidak memiliki uang ataupun tabungan. Melainkan kurangnya kemampuan dalam mengatur dan mengelola uang yang diperoleh setiap bulannya. Tentunya masalah keuangan juga bukan hanya utang loh Sobat LINE Bank.

Nah, kalau menurut Sobat LINE Bank, kalian itu tergolong yang jago mengatur keuangan atau tidak nih? Atau masih bingung mengatur keuangan yang benar itu bagaimana? Yuk simak beberapa kriteria dibawah ini untuk tau kamu pandai mengatur keuangan atau tidak ya

Kebutuhan dan keinginan

Kalau kamu yakin jago mengatur keuangan maka hal ini bukan jadi masalah lagi untuk kamu bukan? Masih banyak loh yang tidak begitu bisa membedakan yang mana keinginan dan yang mana kebutuhan.

Tidak sedikit juga yang mengira bahwa keinginannya adalah suatu kebutuhan yang sangat penting dan harus diprioritaskan terlebih dahulu. Hal ini tentu dikarenakan masih banyak yang belum tau mana yang harus terlebih dahulu di prioritaskan. 

Tentunya kebutuhan adalah hal yang paling penting dan harus diprioritaskan terlebih dahulu. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan primer. Seperti sandang, pangan, dan papan. Mulai dari  makan, minum, baju, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya untuk kita dapat melanjutkan kehidupan sehari-hari. 

Sedangkan untuk keinginan merupakan suatu hal yang sifatnya tidak harus dipenuhi saat itu juga atau tidak urgent. Misalnya makan, walaupun memang benar kebutuhan yang harus dipenuhi tapi tidak berarti kita harus boros dalam hal ini. Boros dalam hal ini dimaksudkan dengan selalu makan di luar seperti restoran, cafe, pesan online, dan sebagainya. 

Baca juga: Tips mengatur keuangan

Jika sudah begini maka bisa diartikan kamu memenuhi keinginan bukan kebutuhanmu. Karena memenuhi kebutuhan bukan berarti harus membuang uang. Kamu bisa mulai masak sendiri dirumah dan membatasi untuk makan diluar. Misalnya dalam seminggu jatah untuk makan diluar itu 1 sampai 2x. Dengan ini kamu juga sudah menghemat banyak sekali ongkos hanya untuk makan bukan?

Tabungan

Kartu Kredit LINE Bank

Memiliki uang yang banyak tidak selalu berarti kamu jago mengatur keuangan. Memiliki tabungan yang cukup untuk mempersiapkan masa depan baru. Dengan memiliki tabungan menjadi salah satu tanda bahwa kamu sudah bisa merencanakan dan mengelola keuangan dengan benar dan baik. 

Menabung juga nggak harus selalu nominal yang besar kok Sobat LINE Bank. Hal terpenting dalam menabung itu konsisten, tidak ada salahnya jika memulai dengan nominal kecil. Misalnya kamu bisa menyisihkan 5% dari penghasilan bulanan kamu untuk menabung dengan konsisten. Jika sudah konsisten dan kamu ada bonus dan lainnya kamu juga bisa meningkatkan persentase untuk tabungan kamu.

Jangan lupa untuk pisahkan rekening tabungan kamu dengan rekening pribadi kamu ya. Ini agar rekening tabungan kamu tidak terpakai sama sekali untuk hal lain. Kamu juga bisa menggunakan multiple saving LINE Bank untuk membuat beberapa rekening sekaligus dalam 1 akun saja. Tidak hanya untuk tabungan, kamu bisa membuat rekening untuk meraih impian kamu. Misalnya jalan-jalan, belanja bulanan, dan lainnya. 

Sudah berinvestasi

Tidak hanya menabung di rekening biasa, mereka yang pandai mengatur keuangannya juga akan mulai untuk berinvestasi. Tentunya investasi memiliki keuntungan loh bagi kita. Selain dapat memutus rantai sandwich generation kamu juga bisa melawan inflasi. 

Selain mengalokasikan uang kamu untuk menabung, tak ada salahnya untuk mengalokasikannya ke investasi. Tidak perlu langsung terjun ke investasi berisiko tinggi, kamu bisa memulai dengan yang memiliki risiko rendah. Misalnya reksadana dan deposito. 

Dengan ini kamu sudah selangkah lebih maju dari yang lainnya. Dengan berinvestasi kamu juga bisa mempersiapkan dana darurat, DP rumah, dana pensiun, dan mimpi masa depan kamu lainnya. Misalnya untuk mempersiapkan dana darurat kamu bisa membuka deposito LINE Bank untuk mendapatkan bunga 4.5%* p.a.

Jangan lupa untuk sesuaikan dengan tujuan keuangan dan kondisi keuangan kamu ya Sobat LINE Bank~

Mampu membayar tagihan 

Tentu kita tahu bahwa tidak semua pinjaman itu bersifat negatif. Ada pinjaman yang bersifat produktif dan bersifat konsumtif. Usahakan pinjaman yang kita lakukan itu bersifat produktif ya Sobat LINE Bank. Misalnya, kamu meminjam untuk tambahan modal usaha kamu. Maka pinjaman bisa membuat kamu balik modal atau mendapatkan uang yang lebih banyak daripada nilai pinjaman yang dilakukan. Karena pinjaman atau loan bisa menjadi salah satu alat yang dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan keuangan kamu lebih cepat. 

Beda halnya dengan pinjaman konsumtif, misalnya kamu meminjam uang untuk membeli tas branded, handphone terbaru agar tidak tertinggal trend dan sebagainya. Jika kamu pernah melakukan ini, maka kamu harus bisa menghilangkan kebiasaan ini. Hal ini tentu akan berdampak buruk terhadap keuangan kamu. 

Baca juga: Jenis Passive Income

Ada baiknya kamu mengetahui alasan atau tujuan kamu melakukan pinjaman ini. Tidak hanya itu kamu juga harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan bayar dengan kondisi finansial kamu. Jika kamu memiliki kemampuan bayar dan tepat waktu, maka kamu seorang yang pandai mengatur keuangan. Bahkan pandai untuk mencari keuntungan dari pinjaman ini.

Itu dia Sobat LINE Bank beberapa kriteria kalau kamu pandai mengatur keuangan. Tentunya bukan hanya ini saja loh Sobat LINE Bank. 

Jadi apakah aku seorang yang pandai mengatur keuangan?

Setelah membaca beberapa kriteria ini, coba jawab pertanyaan ini ya Sobat LINE Bank

  1. Apakah aku sudah bisa membedakan mana yang kebutuhan dan keinginan?
  2. Apakah aku sudah memiliki tabungan? Jika iya, apakah sudah memenuhi target? 
  3. Jika belum memiliki tabungan, lalu kapan aku akan mulai menabung?
  4. Apakah aku sudah berinvestasi?
  5. Jika aku memiliki cicilan maupun tagihan, apakah aku selalu membayarnya dengan tepat waktu? Apakah tagihan atau cicilan ini bersifat produktif?

Nah dengan menjawab 5 pertanyaan ini, maka kamu akan mengetahui apakah kamu seorang yang pandai mengatur keuangan atau tidak. Namun jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Kamu bisa mulai belajar mengatur keuangan bersama LINE Bank kok. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya ya Sobat LINE Bank~

Sebenarnya masih ada banyak tanda dan kriteria apakah kamu pintar dalam mengatur keuangan kamu. Namun agar tidak terlalu panjang, tunggu part 2 ya Sobat LINE Bank~

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277