Yakin Jago Mengatur Keuangan? Part 2

Hai Sobat LINE Bank~

Sekarang udah tau dong beberapa tanda dan kriteria jago mengatur keuangan? Pandai dalam mengatur keuangan akan lebih menguntungkan kamu dalam kegiatan sehari-hari. Dimana kesempatan kamu untuk hidup paycheck-to-paycheck lebih sedikit. Tidak hanya itu risiko untuk terbebas dari masalah keuangan juga akan lebih besar. 

Karena itu memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan dengan baik dari hari ke hari sangatlah berguna untuk kamu. Yuk kita lihat sedikit kriteria lagi yang menandakan bahwa kamu seseorang yang pandai dalam mengatur keuangan.

Pengeluaran dan pemasukan

Dalam mengatur keuangan sudah sewajarnya jika kita mengetahui seluruh pemasukan dan pengeluaran kita. Baik pengeluaran dalam jumlah besar maupun kecil, misalnya jajan di supermarket. Dengan mengetahui pengeluaran dan pemasukan ini kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan kamu.

Dimana hal ini akan mempermudah untuk mengetahui mana pengeluaran yang berlebihan dan mana yang bisa ditingkatkan. Misalnya, ternyata selama ini uang kamu sering habis karena terlalu banyak nongkrong atau makan diluar. Dengan ini kamu bisa memangkas atau membatasi diri kamu untuk nongkrong diluar. Alokasikan budget yang tadinya terpakai untuk pergi nongkrong ke hal lain. Bisa kamu alokasikan untuk dana darurat, investasi, ataupun untuk memenuhi kebutuhan kamu lainnya.

Pastikan kalau pengeluaran kamu tidak melebihi pemasukan kamu. Karena hal ini akan membuat kamu kerepotan kedepannya. Karena itu mengetahui seluruh pengeluaran dan pemasukan sangat penting bagi kamu. Untuk mempermudahnya kamu juga bisa membuat budgeting dalam sebulan.

Kamu bisa menggunakan metode 50/30/20, dimana:

50% dari penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan

30% dari penghasilan digunakan untuk keinginan kamu

20% dari penghasilan digunakan untuk tabungan dan kegiatan investasi lainnya

Anggaran belanja dan lainnya tidak kekurangan

Setelah mengetahui setiap pengeluaran dan pemasukan, kamu udah one step ahead lebih jago nih mengatur keuangan!

Mengetahui pemasukan dan pengeluaran akan lebih mudah dalam membuat anggaran atau budgeting kamu. Seperti yang dikatakan di atas tadi kamu bisa menggunakan metode 50/30/20 atau metode yang lebih sesuai dengan diri kamu. Teori memang perlu tapi lebih baik lagi jika kamu mempraktekannya. 

Catatan pengeluaran dan pemasukan yang sudah dimiliki, membuat kamu mengetahui gambaran besar tentang kondisi keuangan saat ini. Dengan ini kamu bisa lebih mudah dalam menyesuaikannya dengan kondisi keuangan. Misalnya, ternyata kamu tidak terlalu banyak menghabiskan uang untuk keinginan kamu. Maka budget ini bisa dialokasikan untuk budget investasi dan menabung. 

Baca juga: Belanja bulanan jadi boros?

Karena nyatanya masih banyak dari kita yang anggaran belanjanya tidak memenuhi kebutuhan selama sebulan. Ntah mungkin memang anggaran kecil atau kamu yang membeli barang tidak sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk mengantisipasinya, ada baiknya kamu membuat list barang yang ingin dibeli untuk kebutuhan. Kamu juga bisa memisahkannya dalam berbagai kelompok. Misalnya bahan makanan yang dapat dibeli di online maupun tidak, kebutuhan yang harus dibeli saat ini atau bisa nanti. Dengan mengetahui ini, kamu bisa menerapkan strategi lain, seperti belanja online dengan menggunakan promo kartu debit LINE Bank. Tidak hanya itu sekarang sudah banyak penawaran gratis ongkir yang bisa didapatkan bukan?

Cara ini akan lebih banyak membuat kamu menghemat. Be a smart spender dan buyer ya Sobat LINE Bank~

Memiliki asuransi atau proteksi diri

Walaupun sebagian orang mungkin masih beranggapan tabu tentang asuransi. Nyatanya, asuransi merupakan suatu hal yang penting loh dan sangat dianjurkan untuk memilikinya. Hal ini tentu dikarenakan pentingnya kita untuk memiliki perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya penyakit, kematian, kecelakaan, dan lainnya. Tidak hanya itu, ada juga asuransi untuk dana pendidikan bagi anak kita.

Tentunya memiliki asuransi juga menjadi salah satu antisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Namun, yang harus diperhatikan dan diketahui yaitu asuransi apa yang dibutuhkan oleh kita. Jangan hanya mengikuti orang lain untuk memiliki asuransi, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. 

Walaupun selalu dikatakan mahal, nyatanya kamu bisa menyesuaikan asuransi yang ingin dimiliki dengan kondisi keuangan kamu. Kamu bisa melakukan research kecil terlebih dahulu sebelum mengambil asuransi. Untuk premi juga bisa menyesuaikan dengan keuangan kamu saat ini. Setelah itu, jika kedepannya kondisi keuangan kamu meningkat tidak ada salahnya untuk upgrade asuransi ini. 

Memiliki dana darurat

Sebagai orang yang pandai mengatur keuangan, dana darurat adalah hal yang wajib dimiliki. Hal ini dikarenakan apapun bisa saja terjadi, karena itu memiliki dana darurat menjadi salah satu hal yang wajib. 

Dana darurat dapat digunakan untuk keadaan yang tiba-tiba terjadi dan bersifat darurat. Misalnya genteng bocor, wc rusak, dan sebagainya. Menggunakan dana darurat bisa sebagai salah satu cara agar cashflow kamu tidak terganggu. 

Baca juga: Kenali manfaat dan pentingnya dana darurat

Tidak hanya untuk hal tersebut, jika kamu belum memiliki asuransi maka dana darurat sangatlah penting. Dimana dana darurat bisa menjadi salah satu alat yang dapat menyelamatkan kamu dari pembengkakan biaya secara tiba-tiba.

Setelah digunakan jangan lupa untuk mengumpulkannya lagi ya Sobat LINE Bank~

Itu dia beberapa kriteria tambahan jago mengatur keuangan. Gimana , menurut kamu setelah membaca semuanya apakah kamu salah satu yang jago mengatur keuangan? Atau malah sebaliknya nih? 

Baca juga: Rekomendasi pekerjaan anak kuliah

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277