Waduh! Gaji Bulanan Kamu Belum Cukup?

Bagi kamu yang sudah mulai bekerja, gaji merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu setiap bulannya. Misalnya untuk membayar gaya hidup, hutang, cicilan, atau ditabung di masa depan. Namun, ada sebagian orang yang merasa gajinya belum bisa mencukupi seluruh kebutuhannya. Ada juga yang merasa sudah bisa mencukupi kebutuhan, namun tidak bisa ditabung atau dibuat memenuhi keinginan. Sebenarnya, semua kembali lagi ke bagaimana cara kita mengatur keuangan dari dana income dengan baik. 

Bagi sebagian orang yang belum bisa memenuhi keinginan, kuncinya ada di mengatur keuangan. Lalu bagaimana ciri-ciri gaji yang belum bisa memenuhi semua kebutuhan? Yuk, simak bahasan dibawah ini biar tahu apakah kamu salah satunya atau tidak 

Tidak punya tabungan atau investasi 

Apakah kamu salah satu orang yang setiap bulannya gak bisa mewujudkan punya tabungan atau investasi karena tidak punya uang sisa buat ditabung? Mungkin ini salah satu tanda gaji kamu ternyata belum cukup! Tabungan dan investasi itu salah satu hal yang penting ya guys, jadi kamu harus punya dalam mengatur keuanganmu dan berjaga-jaga biar ada dana darurat. Nah, kamu bisa coba mencari penghasilan tambahan biar bisa mewujudkan dana tabungan yang memadai! 

Baca juga: Tujuan manajemen keuangan

Tidak punya persiapan kondisi darurat 

Karena gaji dan income harus habis terus karena membayar hutang atau tagihan dan gak punya dana sisa uang untuk menabung, kamu jadi tidak punya tabungan atau dana darurat. Bayangkan jika suatu hari kamu tiba-tiba sakit, atau kamu memerlukan uang yang cukup besar karena sementara waktu tidak bisa bekerja, kamu pasti akan kebingungan dan panik gak punya tabungan atau dana darurat. Yuk, lebih baik kamu lebih berhemat lagi atau mencari income dari penghasilan tambahan supaya bisa punya dana darurat.

Sering menggunakan kartu kredit 

Kamu menganggap kartu kredit adalah uang dana tambahan kamu, sehingga kamu sangat sering menggunakannya untuk menukupi kebutuhan atau keinginan. Jangan terjebak ya guys! Kartu kredit bukanlah uang tambahan atau tabungan, melainkan cara pembayaran secara kredit atau cicil yang harus dibayar kembali. Jangan sampai terjebak dengan kartu kredit sampai kamu tidak bisa membayar ya, selain income habis terus nanti juga bisa jadi hutang! 

Tujuan finansial susah untuk diraih 

Kamu tentunya punya tujuan finansial, misalnya ingin punya rumah 2 lantai, punya mobil sendiri diumur 23 tahun atau bisa travelling keliling dunia. Namun, jika keuangan masih buruk dan income atau gaji tidak cukup, bagaimana cara mencapai tujuan finansial? Kebutuhan sehari- hari kadang dana masih kurang dan susah untuk dicukupi. Nah, kamu perlu melihat tujuan finansial lagi dan bertanya kepada dirimu sendiri, masa kamu tidak ingin mencapai tujuan yang diinginkan? Yuk, perbaiki finansialmu biar income cukup dan bisa mencapai tujuan! 

Pusing mengelola hutang

Disaat orang lain sibuk mengelola dana aset dan investasi, kamu masih stress dan pusing mengelola hutang, tagihan, cicilan menumpuk sehingga membuat kamu jadi mengambil hutang karena tidak bisa melunasi semuanya. Mulai sekarang, selesaikan hutangmu dan jangan mengambil hutang lagi ! Mungkin saat ini kamu merasa bahwa hutang tidak masalah, namun disaat tua nanti akan semakin bahaya guys, karena bisa semakin besar, apalagi income tidak bertambah banyak. Perlu diingat bahwa satu keluarga atau individu idealnya tidak boleh memiliki hutang lebih besar dari 30% total gaji atau penghasilanmu. 

Diatas adalah beberapa ciri gaji kamu tidak cukup. Supaya cukup, kamu bisa akali dengan memperketat keuangan saat ini dan membayar hutang dan ciiclan sampai lunas, atau mencari penghasilan tambahan baru. Buat kamu yang merasakan hal diatas, jangan menyerah dan segera perbaiki keuanganmu ya! 

Mulai nabung #CaraLain bareng LINE Bank! Manfaatin seluruh fitur yang ada di LINE Bank. Mulai dari multiple saving yang bisa kamu gunakan untuk membuat pos-pos pengeluaran kamu. Time deposit yang bisa bantu kamu belajar investasi mulai sekarang!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277